Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Melakukan Efisiensi Karyawan - Pawoon

Pasang surut dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa. Tapi, bukan berarti kamu diam saja dan tidak bersiap dengan risiko terburuknya. Salah satu skenario terburuk yang terjadi adalah krisis keuangan yang mengharuskan kamu melakukan penghematan. Dalam keadaan tertentu, pemilik bisnis harus mengambil keputusan ekstrim seperti melakukan efisiensi karyawan. Coba dipikirkan, apakah keputusan itu tepat untuk dilakukan? 

Melakukan efisiensi karyawan bisa jadi keputusan yang tepat agar bisnis tetap bertahan. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya! 

 

Evaluasi Keuangan

 

evaluasi keuangan

 

Saat keadaan bisnis sedang kritis, memiliki data laporan penjualan yang lengkap bisa sangat membantu kamu mengambil keputusan. Sebelum melakukan efisiensi karyawan, kamu bisa melakukan evaluasi keuangan untuk mengukur biaya operasional yang dibutuhkan. Penggunaan aplikasi kasir online bisa jadi kunci utama kelengkapan data laporan keuangan yang didapat. Kamu bisa juga menggunakan software akuntansi untuk mendapatkan laporan yang lebih lengkap dan terperinci. Pastikan kamu melakukan perhitungan yang tepat, agar bisnis tetap bisa bertahan dan proses operasional tidak terganggu. 

 

Struktur Perusahaan 

 

efisiensi karyawan

Mengevaluasi struktur organisasi perusahaan juga diperlukan sebelum mengurangi karyawan. Dengan mengubah struktur organisasi perusahaan, kamu bisa memaksimalkan kinerja masing-masing karyawan yang ada. Untuk bisnis restoran atau cafe, kamu bisa menyiasatinya dengan mengevaluasi jadwal shifting yang berlaku di toko. Pastikan pembagian tugas dilakukan dengan benar dan sesuai dengan porsi yang seharusnya. Jangan memaksakan efisiensi jika hanya akan membuat karyawan yang tersisa overwork dan tidak senang dengan pekerjaannya. Ingat, karyawan yang happy akan mendatangkan pelanggan yang happy juga.              

 

Kontribusi Karyawan

 

kontribusi karyawan

 

Karena sangat erat hubungannya dengan operasional, kualitas karyawan adalah hal yang harus dijadikan pertimbang. Saat keadaan bisnis kurang baik, kamu perlu memastikan setiap karyawan memiliki semangat dan kontribusi yang sama. Oleh sebab itu, sebelum melakukan efisiensi, kamu perlu melakukan review karyawan, untuk tahu siapa saja orang terpilih yang bisa memaksimalkan upaya kamu menyelamatkan bisnis. 

 

Apapun skenarionya, melakukan efisiensi karyawan bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Dengan pertimbangan yang matang, langkah ini bisa membantu mempertahankan bisnis yang sedang tidak stabil. 

Nggak cuma itu saja! Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengefisiensi biaya operasional, seperti menggunakan aplikasi kasir online seperti Pawoon POS yang bisa membuat transaksi jadi lebih mudah. Dengan fitur lengkap, pengelolaan operasional toko bisa dilakukan dengan mudah, di mana pun dan kapan pun. Yuk, bergabung di Pawoon POS sekarang dan nikmati kemudahan bisnis modern yang sesungguhnya!  

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat