Optimalkan Display Toko Offline, Belanja Lebih Aman saat Pandemi - Pawoon

PPKM level 4 masih membayangi aktivitas harian masyarakat di area Jawa-Bali, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan. Tentunya berita ini kurang baik untuk pemilik usaha yang menggantungkan hidupnya pada bisnis seperti restoran, cafe, atau bisnis lain yang berlokasi di toko offline. Inilah yang membuat pemilik usaha mulai beralih ke toko online

Selain mulai menjajaki bisnis online, tentunya pemilik usaha harus pintar memaksimalkan strategi jualan di toko offline, agar tetap ada pemasukkan. Selain menerapkan protokol kesehatan di toko, kamu juga bisa mengoptimalkan pengaturan dan tampilan toko untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat berbelanja, lho. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ulasannya

 

belanja

 

Atur Posisi dan Penempatan Produk

 

Display toko adalah hal yang perlu diperhatikan saat kamu berjualan di toko offline. Apapun jenis bisnis dan jenis produk yang kamu pasarkan, tampilan yang baik dan rapi tentunya akan lebih menarik perhatian pengunjung untuk masuk dan berbelanja. Selain menggunakan desain interior yang menarik dan rapi, kamu juga bisa memaksimalkan display toko dengan mengatur posisi produk. 

Posisi dan penempatan produk di toko memegang peran penting terhadap penjualan kamu, lho! Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, kebanyakan orang enggan berlama-lama di toko karena takut memperbesar risiko terkena virus. Inilah kenapa kamu harus pintar-pintar mengatur posisi produk di toko offline

Strategi yang paling utama adalah, menempatkan produk terbaikmu di area yang mudah dijangkau dan sering dilihat oleh pengunjung, dengan begitu pengunjung yang datang bisa langsung melihat dan membeli produk yang kamu jual. 

Selain dapat meningkatkan penjualan, penempatan produk yang tepat juga bisa melindungi kamu dari risiko pencurian. Ini berlaku untuk pemilik toko offline yang menjual barang dengan ukuran kecil seperti perhiasan atau stationary. Menempatkan produk dengan tepat akan membuat produk jadi lebih aman dan belanja jadi lebih nyaman. 

 

Manfaatkan Ruang Terbuka

 

Memanfaatkan ruang terbuka juga bisa jadi cara yang ampuh memaksimalkan ruang di toko offline, agar belanja lebih aman. Untuk toko yang tidak memiliki area outdoor, kamu bisa menyiasatinya dengan memastikan sirkulasi udara di dalam toko terjaga dengan baik. Dengan begitu, karyawan yang bertugas dan pelanggan akan sama-sama terlindungi dari virus dan penyakit yang membahayakan. 

Selain mencegah risiko penyebaran virus dan penyakit, bagian luar toko juga bisa digunakan untuk melakukan strategi pemasaran produk atau jasa yang kamu jual, lho! Cara ini sangat ampuh untuk kamu yang memiliki toko di area pejalan kaki, atau pinggir jalan yang ramai pengunjung. Kamu bisa melakukan berbagai cara pemasaran seperti menawarkan sampel makanan/minuman pada pejalan kaki, melakukan demo masak di depan toko, atau memajang iklan besar yang mudah dilihat dan menarik perhatian siapapun yang melintas. 

 

 

Ubah Alur Belanja

 

Selain mengatur produk dan memanfaatkan area outdoor, kamu juga perlu menyiasati alur belanja di toko offline, agar proses belanja tetap efisien dan aman. Beberapa opsi yang bisa dilakukan adalah menambah perangkat kasir untuk menghindari antrean panjang, dan menyiapkan skenario alur belanja dari saat masuk hingga saat keluar toko.

Kamu juga bisa menganalisa bagian toko mana yang lebih banyak dihampiri oleh pengunjung, dan memberikan perlindungan ekstra di bagian tersebut. Mulai dari penempatan hand sanitizer, detektor suhu, dan garis batas jarak aman yang bisa melindungi semua pihak yang bekerja maupun berbelanja di toko offline

 

 

PPKM masih berlanjut, gerak bisnis di toko offline kamu juga harus tetap lanjut. Yuk, jaga terus denyut nadi bisnis offline maupun online kamu bersama Pawoon. Selain menyediakan aplikasi kasir yang siap memaksimalkan transaksi di toko, Pawoon juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti manajemen produk dan inventori, karyawan, hingga manajemen promosi yang cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur lengkap Pawoon? Coba gratis sekarang!

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat