Merchandise, Trik Jitu Tingkatkan Penjualan di Toko - Pawoon

Seperti yang kamu tahu, ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan di toko. Mulai dari beriklan di sosial media, memberikan potongan harga, sampai melakukan promosi bisnis dengan berbagai cara. Selain cara ini, kamu juga bisa menuangkan ide kreatif dalam melakukan promosi dengan membuat merchandise brand kamu sendiri, lho! 

Selain bisa jadi strategi promosi, merchandise dengan kualitas dan desain yang menarik juga bisa kamu pasarkan ke pelanggan setia, lho! Dengan begitu, kamu bisa menambah penghasilan dan meningkatkan angka penjualan di toko.  Mau tahu lebih lanjut? Scroll terus, ya! 

 

Mulai Membuat dan Mengembangkan Merchandise Brand Sendiri

 

produk merchandise

 

Sebelum mulai membuat dan memasarkan merchandise brand yang kamu punya, kamu butuh perencanaan yang baik dan tepat. Bukan hanya soal strategi pemasaran, tapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan proses perjalanan merchandise tersebut hingga sampai di tangan pembeli. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan?  

 

1. Hitung Biaya Produksi 

 

Sebelum memilih jenis merchandise yang ingin dijual, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung biaya produksi yang akan dikeluarkan. Tentukan medium apa saja yang kamu pilih untuk dijadikan merchandise, dan pesan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pelanggan yang ditargetkan. Kamu bisa memilih beberapa jenis produk seperti T-Shirt, mug, tumblr, tote bag, dan beberapa item lain untuk dipasarkan. 

Setelah menemukan item merchandise yang ingin dipasarkan, kamu bisa mulai mencari vendor supplier yang tepat. Pertimbangan yang bisa digunakan dalam mencari supplier yang tepat adalah harga dan kualitas. Memilih vendor murah boleh saja, tapi karena ini berkaitan dengan identitas brand, produk yang dihasilkan juga harus berkualitas, ya! 

 

2. Desain dan Kemasan

 

Setelah memilih jenis dan memperhitungkan biaya produksi, langkah selanjutnya adalah memikirkan desain dan cara ‘pengemasan’ merchandise. Bukan sekadar membuat desain, kamu juga harus mencari cara agar merchandise yang kamu bagikan atau pasarkan mau dipakai oleh pelanggan yang mendapat/membelinya. 

Memilih style serta desain unik, kreatif, versatile dan sederhana bisa jadi solusinya. Pilihlah warna warna dasar seperti hitam, putih, biru, atau merah, yang lebih mudah diterima dan disukai oleh orang banyak. Jangan cepat puas dalam berkreasi, terus kembangkan desain dan opsi varian merchandise agar lebih banyak lagi pilihan yang bisa diberikan pada pelanggan. 

 

3. Distribusi

 

Perjalananmu belum berhenti! Selain memikirkan konsep dan teknis produksi, kamu juga harus merencanakan proses distribusi merchandise yang sudah dibuat. Dalam hal ini, ada baiknya kamu mulai proses distribusi dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Karena, menentukan target dan melakukan pengiriman dalam skala kecil bisa menekan risiko kendala yang bisa mempengaruhi kualitas brand kamu. 

Kesulitan menentukan target? Nggak perlu cemas! Kamu bisa memanfaatkan data pelanggan yang kamu punya. Pencatatan data pelanggan masih manual? cobalah langkah yang lebih modern dan mudah dengan bantuan aplikasi kasir. Dengan sistem berbasis online, data yang kamu input akan tersimpan dan mudah diakses kapan saja dan di mana saja. 

 

 

4 Cara Memasarkan Merchandise 

 

merchandise cafe

 

Barang berkualitas tetap harus didukung dengan strategi pemasaran yang nggak sembarangan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai memasarkan produk merchandise kepala pelanggan. Apa saja? 

 

  • Promo Bundling dengan Menu

Cara ini bisa dilakukan di tahap awal pemasaran. Kamu bisa tingkatkan awareness  tentang produk merchandise dengan menjadikannya hadiah dan paket bundle bersama produk lain yang dijual di toko. Kamu juga bisa memberlakukan promo potongan harga merchandise untuk minimal pembelanjaan tertentu di toko. Selain melakukan promo, kamu juga memberikan kemudahan dan keuntungan pada pelanggan setia.

 

  • Official Website

Strategi yang bisa dilakukan juga adalah dengan meng-highlight  produk di website resmi bisnismu. Upayakan untuk memberikan informasi yang lengkap, beserta link Call to Action agar pelanggan tahu langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Pemilik usaha kecil-kecilan yang belum punya website nggak perlu sedih. Selain website, kamu juga bisa melakukan promosi produk merchandise melalui akun media sosial lain yang kamu punya.

 

  • Display Toko

Kamu juga bisa memajang aneka produk merchandise yang kamu punya di area toko. Selain kualitas baik dan varian yang beragam, lokasi penempatan juga bisa menentukan angka penjualannya. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih area terbuka dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, untuk memastikan kualitas produk yang ingin dipasarkan. Selain itu, kamu bisa meletakkan produk di area kasir yang bisa langsung terlihat dan menarik perhatian pelanggan.

 

 

Setelah seluruh proses dilakukan, kamu tetap perlu memantau seluruh laporan penjualan yang dihasilkan. Dengan aplikasi kasir Pawoon POS, kamu bisa dengan mudah memantau penjualan produk di toko offline maupun toko online yang kamu punya. Selain lengkap, kamu juga bisa lebih mudah mengelola data berdasarkan kategori laporan seperti Laporan Penjualan, Laporan Operasional, dan Laporan Laba & Rugi. 

 

Tunggu apa lagi? Daftar Pawoon sekarang dan nikmati proses pengelolaan bisnis yang lebih mudah, aman, dan terpercaya!

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat