Mengelola Bisnis Ala Pengusaha Sukses Sewaktu Berlibur

Inilah 3 Cara Berlibur Sambil Mengelola Bisnis ala Pengusaha Sukses

Berkeliling dunia dan menjalankan bisnis pada saat bersamaan tampak seperti gaya hidup yang menarik bagi kebanyakan orang.

Anda bisa bekerja dari mana pun yang Anda inginkan, membuat jadwal sendiri dan menikmati waktu Anda pada saat yang sama bisnis Anda tetap berjalan dengan baik.

Sayangnya, beberapa kasus yang terjadi ketika pemilik bisnis seringkali tidak berada di gerai adalah pengelolaan bisnis yang berantakan, profit bisnis menurun hingga menyebabkan bisnis tidak berkembang. Tentu saja, Anda berpikir gaya hidup ini tidak bisa Anda miliki.

Ternyata, berkeliling dunia sambil menjalankan bisnis sangatlah mungkin. Menurut beberapa pemilik bisnis yang dapat menghabiskan hari-hari mereka berkeliling dunia dan mengelola perusahaan-perusahaan sukses dari mana saja, inilah cara yang telah mereka lakukan:

1. Keseimbangan antara bisnis dan kesenangan

Bagi sebagian pemilik bisnis, mungkin Anda salah satunya, menghabiskan waktu bersama keluarga adalah hal yang Anda inginkan. Tidak hanya saat akhir pekan saja melainkan berlibur selama 1 bulan tanpa khawatir akan bisnis Anda, menyenangkan bukan?

Lalu bagaimana Anda bisa melakukannya? Cobalah melatih keseimbangan antara menjalankan bisnis dan menikmati liburan Anda. Selama beberapa minggu fokuskan seluruh perhatian Anda pada bisnis Anda dan merencanakan bisnis Anda sebelum berlibur. Lalu, nikmati waktu libur Anda lebih lama dan jangan lupa untuk tetap memantau bisnis Anda saat Anda memiliki waktu luang.

2. Gunakan beberapa teknologi yang memudahkan Anda

Ketika Anda tidak berada di gerai atau toko Anda, tentu ada keterbatasan bagi Anda untuk mengetahui perkembangan bisnis dan hal lain yang memerlukan kehadiran Anda. Mengatasi masalah ini, beberapa pemilik bisnis menyarankan untuk mencoba berbagai teknologi baru yang dapat membantu Anda.

Beberapa teknologi yang disarankan seperti Google Drive yang membantu Anda memberikan data yang mungkin diperlukan karyawan Anda, atau aplikasi yang membantu Anda memantau dan mengelola bisnis dari mana saja seperti aplikasi kasir online.

Mungkin Anda memiliki pertemuan dengan karyawan secara berkala atau bertemu dengan pemasok, Anda bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan video call. Cobalah mencari alat atau teknologi yang bisa memudahkan Anda, gunakan masa coba gratis untuk mengetahui apakah teknologi tersebut cocok untuk Anda dan bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan biarkan zona waktu menghambat Anda

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pemilik bisnis saat berkeliling dunia adalah berkoordinasi dengan karyawan di zona waktu yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu perencanaan yang tepat serta membuat jadwal sebelum memulai perjalanan dan sediakan waktu untuk melihat notifikasi atau pesan.

Terutama jika ada hal-hal yang memerlukan wewenang Anda sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menunjuk satu orang dan mendelegasikan beberapa wewenang yang dapat diberikan kepada orang tersebut. Cara ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis selama berlibur.

Satu benang merah yang menghubungkan ketiga cara di atas adalah ketika Anda berpergian mungkin Anda akan menemukan beberapa kesulitan dalam mengelola bisnis. Maka itu cobalah mencari cara yang tepat untuk mengatasi masalah Anda dan menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan.

Apakah hal ini berlaku hanya untuk mereka yang suka berkeliling dunia? Tentu tidak. Saat Anda tidak bisa setiap saat berada di gerai, cara tersebut patut Anda pertimbangkan.

WhatsApp chat