Catat! Dipertimbangkan Hal Ini Sebelum Menentukan Gaji Karyawan - Pawoon

Sebagai salah satu aset penting dalam bisnis yang kamu punya, pengelolaan karyawan harus dilakukan dengan baik. Bukan hanya menentukan kriteria yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lain, seperti seberapa besar dana yang harus dialokasikan untuk menggaji karyawan. 

Jangan sembarangan! Faktanya, menentukan nominal gaji karyawan juga memerlukan beberapa pertimbangan dari pemilik usaha. Agar lebih mudah dan tepat menentukan gaji karyawan, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. Simak ulasan lengkapnya, yuk! 

gaji

 

Lakukan Riset 

 

Untuk mendapatkan perhitungan yang tepat dan objektif, kamu perlu melakukan riset pasar tentang standar gaji dari posisi karyawan secara umum. Kamu juga bisa menganalisa jumlah gaji yang dibayarkan oleh perusahaan serupa, untuk mendapatkan data yang lebih proporsional. 

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa merujuk pada hasil survey atau bertanya langsung pada rekan pemilik usaha lainnya. Dengan begitu, kamu akan semakin mendapat data yang objektif dan nominal yang sesuai dengan nilai dari posisi atau pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. 

 

Sesuaikan dengan Budget Perusahaan

 

Selain melakukan riset untuk mengetahui nominal yang tepat dan objektif, kamu tetap harus menyesuaikan gaji perusahaan dengan alokasi dana yang direncanakan. Dengan budget tersebut, kamu bisa menentukan level pengalaman yang cocok untuk pekerjaan yang dibutuhkan. 

Apabila budget terbatas, tidak ada salahnya merekrut karyawan dengan pengalaman yang lebih sedikit. Namun, pastikan bahwa kandidat memiliki potensi yang bisa dikembangkan dalam pekerjaan yang diberikan. Kamu juga bisa memberikan benefit dan support lain selain dalam wujud materil, seperti memberikan mentor dan training yang dapat membantu karyawan berkembang secara profesional dan individual.

 

Sesuaikan dengan Deskripsi Pekerjaan

 

Setelah menemukan nominal yang sesuai dengan market dan budget yang dialokasikan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan tanggung jawab yang akan dijalankan oleh karyawan. Dalam hal ini, menjelaskan job description dengan jelas pada saat proses rekrutmen adalah hal yang penting. Dengan begitu, kamu sudah memberikan batasan tanggung jawab dan beban pekerjaan, dengan jumlah dan nominal yang ditentukan. 

Selain memastikan cakupan dan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang dialokasikan, kamu juga bisa menyiapkan langkah lain seperti alokasi dana tambahan untuk pemberian bonus pada karyawan yang memberikan kontribusi lebih pada bisnis dan perusahaan yang kamu punya. 

 

 

Selain proses rekrutmen dan alokasi dana gaji yang proporsional, ada banyak langkah manajemen atau pengelolaan karyawan yang bisa dilakukan. Selain menyimpan data lengkap karyawan, kamu juga bisa mendata performance setiap karyawan untuk memberikan privilese dan reward pada karyawan yang berprestasi. Dengan begitu, karyawan akan semakin nyaman dan semangat bekerja dengan sepenuh hati. 

Untuk pengelolaan karyawan yang lebih lengkap dan mudah, percayakan pada Pawoon POS saja! Dengan sistem pendataan dan otorisasi yang lengkap dan aman, kamu bisa melakukan pengelolaan karyawan yang lebih praktis. Nggak cuma itu! Kamu juga bisa menikmati fitur absensi dengan teknologi face recognition, yang membuat proses pendataan karyawan lebih aman, dan akurat. 

 

Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan bisnismu sekarang dan nikmati kemudahan berbisnis yang anti ribet. 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat