Memanfaatkan Laporan Point of Sale Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Memanfaatkan Laporan Pada Point Of Sales Untuk Meningkatkan Penjualan

Bagi Anda para pengusaha hasil penjualan sangat menentukan proses berjalannya bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa laporan yang ada di dalam POS (Point of Sales) berperan sangat penting dalam meningkatkan penjualan.

Apa itu Laporan pada POS (Point of Sales)?

Pertama sebelum mengetahui cara memanfaatkan laporan yang ada pada POS, kita akan membahas tentang apa itu laporan pada POS. Laporan pada POS (Point of Sales) adalah laporan yang dibuat berdasarkan data yang dikumpulkan melalui sistem. Laporan tersebut berhasil di dapatkan dari semua aktifitas yang dilakukan oleh sistem pada kasir penjualan kemudian data tersimpan untuk di analisa melalui laporan Point of Sale.

Laporan tersebut memberikan laporan yang sangat rinci  dalam berbagai format seperti mengetahui hasil pendapatan, menganalisa proses penjualan, mengetahui inventori, hingga memantau jalannya bisnis Anda apakah berjalan baik atau tidak.

Sebagai pengusaha mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis Anda adalah kunci dalam memastikan apakah bisnis Anda dapat bertahan untuk tahun – tahun yang akan datang. Kekuatan atau kelemahan bisa datang dalam bentuk apapun seperti barang – barang yang Anda jual, hasil penjualan, barang – barang yang rusak atau hilang, bahkan pelanggan setia yang selalu datang.

Anda tidak perlu khawatir karena laporan pada POS memberikan informasi – informasi tersebut secara rinci. Setelah menggunakan laporan sebagai sumber pengetahuan Anda apa yang sedang berjalan di dalam bisnis, Anda dapat membuat keputusan apa saja yang sedang berjalan dan tidak berjalan di dalam bisnis Anda setelah keputusan tersebut dibuat evaluasi ulang keputusan tersebut untuk melihat apakah perubahan yang dibuat itu bermanfaat.

Ada 2 kategori utama yang penting dalam pelaporan untuk membuat bisnis Anda tetap pada jalur yang benar yaitu laporan penjualan, dan laporan inventori. Menggunakan data – data tersebut untuk mengetahui pengetahuan tentang tren penjualan apa saja yang paling besar, pengetahuan tentang bagaimana dana yang masuk dan dana yang keluar dalam bisnis Anda, mengetahui stok ketersediaan barang, dan mengetahu analisis pelanggan yang datang ke dalam bisnis Anda.

 

Kali ini akan Pawoon akan membahas  2 kategori utama dalam laporan bisnis Anda serta bagaimana cara penggunaannya untuk meningkatkan penjualan.

Menyederhanakan Laporan Penjualan pada POS

Dimulai dengan bagaimana mengetahui cara kerja pelaporan penjualan pada teknologi aplikasi kasir online  seperti Pawoon.

Dalam proses penjualan tidak semata – mata hanya melakukan pertukaran antara uang yang diberikan oleh pelanggan dengan barang/jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda, proses penjualan menggunakan sistem POS bisa dilakukan lebih dari itu contohnya memberikan penawaran – penawaran khusus atau diskon.

Dalam titik – titik kasir Anda dapat mengetahui berapa saja barang/jasa yang terjual dari masing – masing, bagaimana diskon yang diterapkan, bagaimana pendapatan dari masing – masing titik. Setelah Anda dengan mudah mengetahui data dari laporan penjualan diatas, lakukan lah perubahan perubahan untuk data yang menurut Anda tidak baik akan jalannya bisnis Anda. Selalu lakukan perubahan dan pantau perubahan tersebut apakah sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

 

 

Memaksimalkan Manajemen Inventori pada Laporan POS

Sistem POS (Point of Sales) memberikan keuntungan untuk Anda yaitu adanya manajemen inventori yang berguna untuk mengelompokan persediaan barang pada bisnis Anda. Data yang diberikan biasanya mencakup jumlah ketersediaan barang, bahkan hingga margin keuntungan untuk bisnis Anda.

Dari data yang diberikan Anda dapat melakukan evaluasi pada sesuatu yang menghambat jalannya bisnis Anda misalnya mengatur harga barang yang dijual berdasarkan hasil penjualan yang terbaik dan yang tidak laku, menambahkan biaya untuk menjaga barang – barang yang harus disimpan lebih lama,  mengidentifikasi bahan – bahan baku yang buruk sehingga dapat memberikan Anda insight untuk mengganti dengan item yang lainnya.

Dari laporan manajemen inventori yang diberikan banyak sekali insight yang dapat Anda dapat. Bijaksana lah dalam memanfaatkan laporan tersebut. Dan jangan takut untuk melakukan perubahan perubahan.

Pawoon menawarkan database laporan yang lengkap dan besar guna memberikan Anda wawasan tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tentang bagaimana penjualan di dalam bisnis Anda, hingga kinerja dari inventori barang – barang yang Anda miliki. Data pelaporan yang diberikan oleh Pawoon sangat aman dan tersimpan dengan baik, semua data di simpan di dalam satu tempat yaitu Cloud. Dan dapat Anda akses kapanpun dimanapun Anda berada hanya dengan membuka Back Office. Ingin mengetahui bagaimana sistem pelaporan pada Back Office Pawoon? Coba Sekarang!