Kiat Buat Usaha Rumahan Jadi Lebih Besar - Pawoon

Kiat Buat Usaha Rumahan Jadi Lebih Besar

Keleluasaan menjadi salah satu kelebihan dari pebisnis yang dicari-cari. Selain leluasa mencari waktu sendiri untuk bekerja, Anda pun dapat lebih mudah untuk menentukan lokasi tempat bekerja. Walau leluasa menentukan sendiri, tapi pasti sudah ditentukan dengan strategi bisnis yang dijalankan, bukan?

Salah satu jenis bisnis yang mulai menjadi highlight karena kemudahannya adalah usaha rumahan. Usaha rumahan adalah jenis usaha yang skalanya kecil dan dapat dimulai dengan modal yang juga minim. Jenis usaha ini biasanya belum melibatkan peralatan yang canggih untuk memproduksi dengan cepat dan banyak. Tapi, bukan berarti dimulai dari usaha kecil lalu usaha rumahan Anda akan tetap begitu saja. Berikut kiat-kiat untuk membuat usaha ini menjadi lebih besar.

1. Mulai buat cabang

Beberapa pertimbangan usaha rumahan untuk menjadi lebih besar, salah satunya adalah faktor lokasi. Saat permintaan sudah semakin banyak dan peluang terbuka lebar, banyak usaha yang kemudian tidak berani berevolusi karena keengganan memperluas toko, pabrik rumahan, atau tempat produksi itu sendiri.

Untuk itu, tidak ada salahnya berpikir untuk membuat cabang. Jadi, tidak perlu pindah lokasi, Anda hanya perlu mempertahankan usaha di tempat yang berjalan saat ini sambil mencoba peruntungan di tempat lain. Ada beberapa persiapan yang penting untuk menyiapkan cabang, yakni strategi bisnis yang jelas dan sistem yang memudahkan Anda untuk mengontrol usaha walau dari jarak jauh.

2. Perbanyak produksi

Salah satu hal yang menyebabkan sebuah usaha dapat dikatakan stagnan adalah saat usaha tersebut tidak mengalami kemajuan, baik dari segi penghasilan maupun perkembangan usaha. Demi menyiasati hal tersebut, banyak cara yang dapat dilakukan dan mampu membuat usaha Anda menjadi lebih dari usaha rumahan. Perbanyak produksi, misalnya, menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasinya.

Dalam memperbanyak produksi ini, Anda dapat memperluas jangkauan pemasaran. Produk yang dihasilkan juga terserah Anda, misalnya hanya dengan menambah jumlah produk yang sudah ada. Meningkatnya jumlah produksi ini dapat membuka kesempatan Anda menjangkau pasar yang belum dijangkau sebelumnya.

3. Inovasi buat produk baru

Selain dengan memperbanyak produksi, membuat usaha Anda lebih besar juga dapat dilakukan dengan menambah keragaman produk yang dihasilkan. Bandingkan membuat satu jenis barang dengan jenis yang lebih banyak. Dengan memiliki banyak jenis barang, Anda dapat menjual kepada pembeli yang juga lebih variatif.

Selain itu, dapat juga dengan inovasi membuat produk baru yang nantinya menambah keragaman produk yang dihasilkan oleh usaha Anda. Makin banyak variasinya, maka pilihan pasar pun semakin luas. Inovasi ini tidak harus dikembangkan dari membuat sesuatu yang benar-benar baru. Misalnya Anda adalah seorang pebisnis makanan, bisa membuat menu baru dengan bahan makanan yang tidak digunakan. Lalu, jika Anda menghasilkan produk kecantikan kulit, tidak ada salahnya membuat lotion atau aromaterapi sebagai pelengkap rutinitas pelanggan dalam menggunakan produk Anda.

4. Kerja sama dengan perusahaan lainnya

Pintu peluang selalu terbuka lebar bagi Anda yang berusaha membukanya. Terkadang, tidak harus dilakukan sendiri, tapi bisa dilakukan dengan orang lain yang juga memiliki usaha. Dengan bekerja sama dengan pengusaha lain, Anda dapat membuka peluang untuk memperbesar usaha.

Untuk itu, perlu jejaring yang kuat dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan terlibat dalam komunitas, acara-acara yang diselenggarakan oleh para pebisnis, dan sebagainya. Dari kolaborasi ini, buatlah skema bisnis yang baru atau meningkat dari yang Anda lakukan saat ini.

WhatsApp chat