Ketahui 4 Strategi Jitu Pertahankan Bisnis di Masa Pandemi  - Pawoon

Mempertahankan laju bisnis di masa pandemi butuh strategi yang nggak sembarangan. Naik turunnya angka kasus dan pembatasan kegiatan dalam skala besar tentunya mengharuskan pemilik bisnis mencari cara agar bisa tetap jualan meski dengan segala keterbatasan. 

Kita bukan cuma bicara soal penghasilan hari ini, strategi bisnis yang tepat sangat dibutuhkan karena bisa menentukan nasib perkembangan bisnis di esok hari. Sebagai pemilik bisnis, apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk menghadapi skenario terburuk? Dan yang terpenting, apa langkah jitu yang harus ditempuh agar bisnis tidak terpuruk? Simak jawabannya di ulasan berikut, ya! 

 

Proteksi Karyawan

 

protokol kesehatan karyawan

Sebagai pihak yang harus berhubungan langsung dengan pelanggan, karyawan adalah aset pertama yang harus kamu lindungi. Selain memberlakukan prosedur standar operasional (SOP) sesuai dengan protokol kesehatan, kamu juga bisa memberikan perhatian dan support lain seperti memberikan supply  vitamin, Alat Pelindung Diri (APD) pada karyawan, dan memberikan santunan kepada karyawan atau keluarganya yang terinfeksi. 

 

Evaluasi Keuangan

 

tentukan model bisnis

Pembatasan kegiatan yang dilakukan tentunya berpengaruh pada pemasukan bisnis. Inilah mengapa, evaluasi keuangan harus segera dilakukan. Perhitungan finansial bukanlah hal yang sembarangan, kamu butuh tenaga dan tool  ahli agar hasil evaluasi yang didapat optimal. Penggunaan aplikasi kasir dengan fitur laporan lengkap bisa jadi salah satu solusinya. Kamu juga bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate dan Jurnal untuk melakukan analisa keuangan dengan data yang lebih lengkap dan terperinci. 

 

Efisiensi Karyawan

 

Dalam skenario terburuk, pemilik bisnis harus siap mengambil keputusan yang krusial, seperti melakukan efisiensi karyawan. Hal ini sedikit banyak bisa membantu menyeimbangkan kembali angka pemasukan dan pengeluaran bisnis. Sebelum melakukan efisiensi, kamu bisa melihat pertimbangan dengan melakukan performance review untuk melihat kontribusi karyawan pada bisnis yang kamu punya. Selain melakukan efisiensi, kamu juga bisa merombak struktur organisasi dalam bisnis untuk memastikan setiap karyawan memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis. 

 

Jaga Kualitas & Inovasi 

 

Masa pandemi memang membuat alur kerja menjadi lebih lambat dan pelan. Tapi jangan sampai lengah, karena inovasi yang baik akan membuat bisnis tetap bertahan. Dari semua strategi bisnis di masa pandemi, melakukan inovasi dan menjaga kualitas bisnis harus selalu jadi yang utama. Cobalah mencari celah dan kesempatan untuk mengembangkan usaha di tengah keterbatasan. Nggak hanya itu, pemilik bisnis juga harus cepat tanggap dan mudah beradaptasi dengan perubahan yang ada. Mulai dari menu, kemasan, hingga pelayanan yang diberikan, kamu harus selalu siap dengan segala kemungkinan yang ada di depan mata. 

 

Selain poin-poin di atas, kamu bisa mengetahui strategi bisnis apa saja yang bisa dilakukan selama pandemi dari sesi  #KelasPawoon Webinar Vol. 15 bersama Bapak Maulana Hakim, CEO Teguk Indonesia, pengguna setia Pawoon yang konsisten menjalankan puluhan gerai minuman di masa pandemi seperti sekarang. Selamat menyimak info lengkapnya! 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat