Pengusaha Baru? Berikut Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Berbisnis!

Apr 20, 2022Strategi Bisnis

Kesalahan dalam berbisnis adalah hal umum yang sering terjadi. Namun, kegagalan tersebut bukanlah hal yang patut ditakuti. Hal itu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kesuksesan sebuah bisnis.

Hanya saja, hal yang perlu dilakukan dalam menyikapi kegagalan dalam menjalankan bisnis yaitu dengan melakukan persiapan yang matang. Disamping itu, terdapat beberapa faktor yang tidak mendukung kesuksesan dalam berbisnis. 

Nah untuk itu, simak artikel berikut ini untuk memahami lebih lanjut mengenai kesalahan dalam berbisnis yang harus dihindari!

Baca Juga: 4 Tips Efektif Move On dari Kegagalan Berbisnis

 

Kesalahan – Kesalahan Dalam Berbisnis

Berikut faktor – faktor yang harus kalian hindari dalam menjalankan sebuah bisnis:

 

1. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Faktor pertama yang tidak dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis yaitu usaha yang dijalankan memiliki visi misi yang kurang jelas. Beberapa orang menganggap bahwa visi misi hanyalah jargon semata. Namun, dalam menjalankan sebuah bisnis, visi misi adalah tujuan yang ingin dicapai dan itu merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. 

Kesalahan Bisnis

Penentuan visi misi dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis yang sesuai dengan rencana awal dan juga strategi yang tepat. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan kesuksesan bisnis sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

 

2. Pengalaman Yang Masih Minim

Sebagai seorang pelaku usaha, hal wajib yang harus kamu miliki adalah pengalaman yang cukup dalam mengelola bisnis. Hal tersebut bertujuan agar bisnis yang kamu kelola dapat berjalan sesuai dengan prosedur.

Namun, apabila kamu tidak memiliki pengalaman yang cukup, hal tersebut bisa kamu tingkatkan dengan mengikuti beberapa webinar, workshop, atau pelatihan terkait business management. Jika seorang pelaku usaha tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk mengelola sebuah bisnis, hal itu menjadi faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan dari sebuah usaha atau bisnis.

 

3. Tidak Memiliki Rencana yang Tepat dan Matang

Selain visi dan misi, hal lain yang harus diperhatikan sebelum menjalankan sebuah bisnis adalah perencanaan yang matang. Perencanaan merupakan hal yang sangat krusial dan dapat menjadi faktor penentu kesuksesan.

Apabila seorang pelaku usaha tidak memiliki rencana yang tepat, maka usaha yang dikelola hanya mampu bertahan dalam jangka pendek atau bahkan gagal sebelum memulai. Hal tersebut menjadi faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis.

 

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Bisnis Restoran

 

4. Kurang Inovasi

Hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha adalah kreativitas. Dengan adanya kreativitas, para pengusaha dapat menciptakan inovasi baru yang dapat menjadi faktor pendukung kesuksesan bisnis yang dikelolanya.

Perlu diingat bahwa tren pasar yang ada akan selalu berubah dan inovasi produk dan layanan adalah salah satu cara untuk tetap mengikuti tren pasar. Maka dari itu, jika tidak beradaptasi dengan tren melalui inovasi, hal tersebut akan membuat usaha Anda kehilangan pasar dan menjadi faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan bisnis yang Anda kelola.

 

5. Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Buruknya sistem pengelolaan keuangan dapat menjadi faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis. Pasalnya, keuangan adalah kunci utama sebuah bisnis.

Kesalahan Bisnis

Pengelolaan keuangan yang baik bertujuan untuk mengetahui anggaran dana yang masuk dan yang dikeluarkan oleh perusahaan, pencatatan arus kas, hingga penghitungan untung rugi. Maka dari itu, usahamu akan menuju ke arah kebangkrutan jika keuangan perusahaan tidak dikelola dengan baik.

 

6. Tidak Memenuhi Permintaan Pasar

Menjalankan sebuah bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ada. Namun, apa jadinya jika Anda menjalankan bisnis yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar? Tentu saja bisnis anda akan sepi dan tidak banyak pembeli. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis.

Sebuah bisnis atau usaha tidak akan jalan tanpa kehadiran konsumen. Maka dari itu, pelayanan prima adalah kunci untuk membuat pelanggan datang kembali membeli produk yang Anda tawarkan karena Anda mampu menyediakan apa yang mereka butuhkan.

 

7. Takut Mengambil Risiko

Selain memberikan sebuah solusi, bisnis juga erat kaitannya dengan keuntungan dan risiko. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan keuntungan yang didapat dan meminimalisirkan risiko yang kemungkinan akan dialami.

Mengambil risiko adalah bagian penting dari perjalanan bisnis. Untuk mendapatkan kesuksesan bisnis, tentu saja ada risiko-risiko yang harus dilalui. Jika Anda terlalu lama berdiam diri di zona nyaman dan takut untuk mencoba, hal tersebut menandakan bahwa Anda belum siap menjadi pebisnis handal. Takut dalam mengambil risiko merupakan faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis.

 

8. Tidak Memanfaatkan Teknologi

Semakin berkembangnya zaman, penggunaan teknologi semakin banyak. Penggunaan teknologi berdampak pada hampir di semua aspek kehidupan. Dengan adanya teknologi semua aktivitas yang dilakukan menjadi lebih cepat dan efisien, khususnya dalam dunia bisnis.

Kesalahan Bisnis

Tidak menggunakan teknologi yang ada tentu saja dapat menghambat pertumbuhan sebuah bisnis. Hal tersebut tentu saja menjadi faktor penghambat yang tidak dapat mendukung suksesnya sebuah usaha atau bisnis.

 

Baca Juga: 5 Motivasi yang Mendukung Kesuksesan Bisnis

 

Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Dengan Pawoon Dalam Satu Aplikasi

Kesalahan Bisnis

Berdasarkan penjelasan diatas, dalam menjalankan bisnis, terdapat beberapa faktor yang tidak dapat mendukung kesuksesan dari sebuah usaha atau bisnis. Hal tersebut tentu saja haru dihindari oleh para pelaku bisnis yang ingin atau sedang membangun usahanya.

Untuk menghindari hal itu tentu saja dibutuhkan beberapa keterampilan dan dan juga alat penunjang dalam meningkatkan kesuksesan sebuah bisnis atau usaha. Dalam hal ini, Pawoon hadir sebagai solusi dalam mengelola bisnis Anda. Adapun fitur – fitur yang ditawarkan meliputi fitur laporan keuangan yang lengkap dan akurat, manajemen stok, manajemen pelanggan dan fitur-fitur lainnya yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengembangkan bisnis Anda.

Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami atau klik tombol dibawah ini untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

ROI: Pengertian, Manfaat Hingga Cara Hitungnya

ROI: Pengertian, Manfaat Hingga Cara Hitungnya

Return on Investment (ROI) adalah sebuah alat untuk mengukur keuntungan sebuah bisnis. Maka dari itu, setiap pebisnis wajib memahami ROI atau tingkat pengembalian investasi secara keseluruhan dari sebuah bisnis. Dengan memahami ROI, segala aktivitas operasional dapat...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat