Hindari 5 Kesalahan Bisnis Pemula Ini sebelum Memulai Usaha - Pawoon

Menghasilkan uang dapat dicapai dengan beberapa cara. Salah satu yang paling populer adalah dengan berbisnis. Namun, dalam memulai bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat banyak sekali aspek yang harus diperhatikan. Nah, bagi kamu yang berencana ingin mulai berbisnis, sebaiknya simak terlebih dahulu informasi tentang pentingnya berbisnis serta 5 kesalahan bisnis pemula berikut ini.

 

Peluang Bisnis Sangat Menjanjikan

 

Bisnis atau usaha adalah jenis kegiatan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Banyaknya potensi usaha saat ini membuat kegiatan tersebut bisa sangat menjanjikan. Bahkan tidak jarang para karyawan kantoran yang banting stir ke bidang bisnis. Kemudahan mendapatkan informasi di era digital ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang melirik untuk membuka usaha sendiri.

Selain itu, kemunculan jenis usaha saat ini juga sangat menjanjikan. Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat bagi kamu untuk memulai usaha sendiri. Jangan terlalu khawatir soal pendapatan! karena dengan strategi bisnis yang tepat, penghasilan dari bisnis akan sangat cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

 

strategi bisnis

 

Alasan Mengapa Memulai Usaha/Bisnis itu Penting

 

  1. Mudah Dalam Mencari Ide

Di era digital ini, informasi dapat diperoleh dengan cukup mudah. Hal itu tentu membuat siapa saja yang ingin memulai usaha bisa mencari ide dengan mudah. Banyak sekali referensi ide yang bisa ditemukan di internet. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi orang tidak mau membuka bisnis karena terkendala ide.

  1. Ruang Berkreasi Luas

Alasan berikutnya adalah di dalam berbisnis, kamu bisa bebas untuk melakukan berbagai macam kreasi. Lain halnya jika kamu ingin menjadi seorang karyawan kantoran. Setiap hari harus mengikuti berbagai macam aturan ketat yang dibuat oleh perusahaan.

Bebasnya ruang kreasi saat berbisnis juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dibandingkan dengan bekerja kantoran dengan berbagai aturan dan tekanan. Selain itu, memulai bisnis juga bisa memberikan tambahan kepercayaan diri.

  1. Peluang Sangat Besar

Dalam berbisnis, memiliki visi dan kejelian melihat peluang merupakan hal yang sangat penting. Namun, untuk memulainya, kamu tidak harus menunggu serta menguasai hal tersebut. Hal itu karena kejelian dalam berbisnis akan muncul dengan sendirinya saat kamu sudah terjun di dalamnya. Pengalaman demi pengalaman akan menempa kamu hingga pada akhirnya mulai menemukan pola bisnis terbaik.

 

5 Kesalahan Pemula Dalam Memulai Bisnis

 

pebisnis pemula

 

Memulai bisnis memang mudah dilakukan, namun untuk bertahan dalam bisnis tersebut merupakan hal berbeda. Dibutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar usaha yang dijalankan bisa bertahan. Untuk itu, bagi para pemula lebih baik menghindari beberapa kesalahan berikut ini saat memulai berbisnis.

 

1. Perencanaan Bisnis Tidak Berorientasi Jangka Panjang

Menjalankan usaha tanpa memiliki perencanaan matang sangat berisiko mengalami kegagalan. Tidak adanya perencanaan matang tentang produk, strategi pemasaran, dan berbagai jenis rencana cadangan akan memuat bisnis berjalan dengan lambat atau bahkan jalan ditempat. Orientasi berbisnis adalah investasi untung periode waktu yang lama. Oleh karena itu, siapkan hal-hal terkait perencanaan dengan matang sebelum usaha dimulai.

Kamu bisa mulai dengan menentukan jenis barang jualan, teknik pemasaran yang digunakan, teknik penjualan, pilih model usaha, menghitung modal, dan berbagai hal penting lainnya. Dengan begitu, meskipun bisnis masih baru, kamu tidak akan dengan mudah tumbang dan mengalami banyak masalah.

2. Punya Tujuan Tidak Jelas

Mempunyai tujuan dalam berbisnis hukumnya wajib. Dengan adanya tujuan, suatu kegiatan usaha akan berjalan dengan lebih teratur dan lancar. Sebaliknya, saat kamu tidak punya tujuan dalam berbisnis, maka yang akan banyak sekali masalah yang akan dihadapi. Kamu bisa cepat bosan, malas-malasan, atau bahkan ingin mengakhiri usaha dengan cepat.

3. Telat Memutuskan Berbisnis

Kesalahan berikutnya yang harus dihindari oleh para pebisnis pemula adalah jangan sampai telat masuk ke dalam pasar karena telat mulai usaha. Saat sudah mempunyai tujuan dan perencanaan yang matang, lebih baik langsung saja eksekusi. Semakin cepat realisasi bisnis dilakukan, maka semakin cepat pula kamu bisa mengejar pasar.

Perlu diketahui, menunda-nunda sesuatu bukanlah hal yang baik, termasuk juga menunda untuk mewujudkan bisnis. Bahkan, tidak jarang banyak pebisnis terlambat masuk ke pasar karena menunda memulai usaha. Pada saat pasar sudah dikuasai oleh para kompetitor, peluang untuk dapat bersaing atau bahkan menyamai level pesaing akan sangat sulit.

4. Pengelolaan Keuangan Tidak Baik

Untuk bisnis dalam skala kecil, pengelolaan keuangannya mungkin tidak terlalu rumit. Namun, saat memegang usaha dalam skala cukup besar, manajemen keuangan jadi hal yang sangat penting. Pengelolaan uang yang baik akan membuat kamu bisa melihat dengan baik tentang berbagai aspek keuangan seperti laba, rugi, modal, dan lain sebagainya.

Selain itu, memiliki pengelolaan uang yang baik bisa membuat perusahaan mengambil keputusan dengan lebih akurat. Oleh karena itu, agar usaha bisa berjalan dengan lancar, memiliki sistem pengelolaan uang yang baik merupakan hal wajib untuk dilakukan.

5. Menutup Diri dari Saran dan Kritik

Terbuka pada saran dan kritik merupakan langkah penting dalam berbisnis. Kedua hal tersebut dapat digunakan untuk membangun bisnis menjadi lebih bagus lagi. Apabila hal tersebut diabaikan, itu merupakan salah satu tanda bahwa kamu adalah pebisnis yang tidak mau berkembang dan angkuh. Menjadi orang yang anti kritik dan saran hanya akan membuat bisnis tidak berkembang.

Meskipun begitu, dalam menerima kritikan dan saran juga harus selektif. Pilih saja saran serta kritik yang bisa membangun kelangsungan usaha. Abaikan saja bentuk saran atau kritik yang destruktif, karena tidak akan memberikan manfaat apa-apa untuk bisnis.

 

Jenis Bisnis Menguntungkan

 

Bagi kamu yang masih bingung dengan jenis apa yang akan dijalani, berikut ini ada beberapa saran jenis usaha yang bisa dipilih.

  1. Frozen Food

Makanan beku atau frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dijadikan pilihan masyarakat. Kebiasaan orang saat ini lebih menyukai membeli jenis-jenis makanan yang punya daya tahan lama. Hal tersebut tentunya bisa menjadi salah satu peluang bisnis untuk dijalani.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Kamu mungkin hanya perlu menyiapkan modal mulai dari 500 ribu sampai dengan 1 juta rupiah saja. Peralatan yang dibutuhkan juga hanya lemari es atau tempat pendingin. Jadi, mencoba memulai usaha frozen food bisa jadi salah satu alternatif bagi kamu yang bingung mencari ide memulai usaha.

  1. Jualan Online

Semakin majunya teknologi membuat bisnis bisa dilakukan secara daring atau online. Dengan memanfaatkan itu semua, ada banyak sekali keuntungan yang bisa diambil oleh bisnis. Bahkan, hal tersebut membuat orang bisa menjalankan bisnis dari mana saja dan kapan saja.

Modal yang dibutuhkan juga cukup sederhana. Kamu hanya memerlukan smartphone dan juga koneksi internet. Selain itu, jenis bisnis yang bisa dijalankan juga sangat banyak. Anda bisa menjual jasa, jual barang, makanan, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi informasi singkat tentang pentingnya memulai usaha beserta 5 kesalahan bisnis pemula yang sering dilakukan. Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu yang sedang ingin menjalankan bisnis, ya!

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali