Tips Desain Interior Toko Ala Instagram Untuk Anda

Interior ala Instagram: Tips Membuat Desain Toko Anda Eksis di Instagram

Saat ini Instagram memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.

Ya, angka pengguna aktif Instagram memang masih berada di bawah pengguna aktif Facebook dan di atas pengguna aktif Twitter. Akan tetapi penting untuk Anda ketahui bahwa interaksi antara pengguna Instagram dengan merek usaha 25% lebih banyak di bandingkan pengguna media sosial lainnya.

Hal ini terbukti dengan peningkatan yang signifikan terhadap merek usaha yang membuka akun Instagram pada akhir tahun 2016 lalu sebagai strategi marketing mereka. Tentu peningkatan ini berdampak pada sisi konsumen, hingga 75% pengguna Instagram melakukan tindakan setelah melihat foto pada Instagram.

Memiliki akun Instagram untuk bisnis Anda merupakan ide bisnis yang baik, namun untuk lebih mengoptimalkan Instagram Anda memerlukan dukungan pengguna Instagram lainnya untuk menyebarluaskan bisnis Anda.

Itulah sebabnya, mendorong pelanggan untuk mengunggah foto toko atau cafe Anda di Instragam sangatlah penting. Tak hanya untuk mengenalkan bisnis Anda saja, tetapi juga potensi menambah jumlah pelanggan, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Kini Anda tahu seberapa penting dan bermanfaat menggunakan Instagram sebagai strategi marketing Anda. Selanjutnya, bagaimana cara mendorong pelanggan untuk mengambil foto dan mengunggah foto toko atau cafe Anda di Instagram mereka.

interior cafe, dekorasi toko, design ide bisnis, Strategi marketing, strategi promosi

Salah satu cara berbisnis ini telah dilakukan oleh banyak pengusaha, yaitu dengan dekorasi cafe atau dekorasi toko. Ikuti panduan para ahli untuk interior cafe yang eksis di Instagram.

Kenali identitas bisnis Anda

Jika Anda sudah memiliki bisnis dengan tujuan dan karakter bisnis yang matang, maka akan lebih mudah menentukan design cafe atau toko Anda yang sesuai.

Jika belum, maka ini saat yang tepat memikirkan apa yang Anda ingin konsumen lihat dan pikirkan mengenai merek bisnis Anda, pastikan itu unik dan otentik. Ketika pengalaman di toko Anda memiliki nuansa yang jelas dan kohesif maka pengunjung akan menjadi lebih antusias membagikan pengalaman mereka di toko atau cafe Anda.

Ciptakan pengalaman terlebih dulu

Membangun toko tak hanya sekedar susunan produk saja, melainkan ciptakan pengalaman dalam toko Anda bagi pengunjung. Hindari menaruh terlalu banyak produk dalam toko Anda, cukup meletakkan produk yang penting untuk kebutuhan pelanggan dan susun dengan rapi.

Jadilah kreatif, Anda bisa meletakkan barang dan dipadukan dengan sentuhan seni seperti meja yang unik, rak seperti anak tangga dan lainnya. Buatlah toko Anda menjadi inspirasi dan tempat pelanggan mengeksplorasi, sehingga pelanggan mengambil gambar sisi unik toko Anda dan berbagi pengalaman mereka di akun Instagram bukan hanya berbagi tentang produk Anda.

Buat hierarki produk Anda, taruhlah produk premium atau produk terbaru di tempat yang lebih terlihat dengan dekorasi toko terbaik untuk menonjolkan produk tersebut. Bagi produk umum atau produk pendukung taruhlah pada rak bawah atau bagian yang tidak ditonjolkan.

Strategi promosi lainnya, untuk produk premium tempatkan pada level mata sehingga langsung menjadi pusat perhatian pelanggan.

Pencahayaan yang tepat

Mengatur pencahayaan tidak hanya untuk menampilkan satu sisi toko Anda atau membuat produk Anda menarik, akan tetapi pencahayaan berpengaruh besar pada efek foto.

Jika toko atau cafe Anda tidak memiliki jendela atau pencahayaan alami, gunakan lampu dengan cahaya berwarna kuning. Jangan menggunakan lampu warna-warni yang terlalu banyak dan perhatikan waktu, ketika menjelang malam Anda bisa sedikit meredupkan lampu. Hal ini dapat memberikan efek visual untuk foto Instagram.

Sertakan merek bisnis Anda ditempat strategis

Strategi promosi lainnya yang bisa Anda lakukan dengan meletakkan visualiasi logo bisnis Anda pada lokasi-lokasi yang sering dijadikan objek foto untuk Instagram. Tetapi tempatkan dengan pintar, jangan menaruh terlalu banyak.

Anda bisa menyertakan logo di sisi toko dan slogan bisnis Anda di sisi yang lain, jangan terlalu menonjol namun secara samar pastikan Anda menaruh di beberapa tempat yang strategis.

interior cafe, dekorasi toko, design ide bisnis, Strategi marketing, strategi promosi

Tips interior cafe dan toko yang bisa Anda terapkan

Tidak semua pelanggan ingin mengambil foto produk Anda, mereka juga menginginkan pengalaman yang bisa dijadikan foto untuk Instagram mereka. Maka itu, cobalah untuk memberikan sesuatu yang unik dan berbeda yang memenuhi identitas bisnis Anda, memberikan pengalaman bagi pelanggan dan daya tarik Instagram.

Mendekorasi toko dengan elemen desain yang tepat akan memikat dan memotivasi orang untuk mengambil foto dan melakukan selfie. Ini beberapa tips interior cafe atau toko yang dapat Anda lakukan.

– Gunakan lampu yang unik
Perlengkapan pencahayaan atau lampu yang unik dapat membantu Anda selain sebagai pencahayaan yang sempurna juga menarik pelanggan untuk mengambil foto dengan lampu tersebut.

– Lukisan seni
Anda juga bisa menggantung berbagai lukisan seni yang identik dengan merek bisnis Anda, seperti lukisan kopi atau makanan yang unik sebagai interior cafe Anda.

– Dinding atau lantai dengan pola unik
Memiliki pola unik pada dinding atau lantai merupakan salah satu strategi marketing yang tepat untuk menarik pelanggan berfoto selfie. Anda bisa mensertakan logo Anda bila sesuai dengan pola tersebut.

– Word Art
Gunakan kutipan orang terkenal, kata mutiara, atau pesan lainnya yang bisa Anda tempatkan di dinding, lantai, display toko, papan pintu masuk atau bahkan tag harga. Sesuaikan dengan karakter merek bisnis Anda baik berupa inspirasi, lelucon atau informatif agar menjadi bahan posting di Instagram yang sempurna.

Menarik pelanggan untuk mengunggah foto

Selain menerapkan interior cafe atau toko, strategi promosi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah posting dari pelanggan dengan mendorong mereka untuk melakukannya.

Cobalah untuk membuat event promosi seperti kontes foto Instagram untuk mendapatkan produk gratis. Pelanggan cukup mengunggah foto, hashtag khusus event kontes, tag Instagram bisnis Anda dan jangan lupa menyertakan lokasi toko atau cafe Anda.

Inilah salah satu cara berbisnis untuk menjadi sukses, bisnis Anda harus dikenal semakin banyak orang dengan menggunakan media sosial yang sedang populer seperti Instagram. Rencanakan strategi marketing Anda setiap bulan dengan matang serta buatlah toko Anda tetap menarik bagi pelanggan untuk dibagikan di Instagram mereka.

WhatsApp chat