Inspirasi Packaging/Kemasan Supaya Produkmu Lebih Keren! - Pawoon

Fenomena unboxing menjadi kegiatan yang trend dilakukan oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, packaging atau kemasan menjadi daya tarik tersendiri saat seseorang membeli suatu barang, tidak hanya barang yang didalam kemasan, tetapi dengan kemasan yang bagus, pelanggan akan merasakan pengalaman yang baik saat menerima barang yang kita kirimkan. Produk yang mungkin biasa saja, bisa membuat lebih keren jika kemasannya menarik. Yuk kita simak kemasan-kemasan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk produkmu.

 

1. Kemasan Minimalis

Photo by Jess @ Harper Sunday on Unsplash
Photo by Daily Nouri on Unsplash

Kemasan ini makin diminati karena terlihat lebih elegan dan menonjolkan sisi brand. ini sangat sesuai dengan lifestyle kaum milenial yang sederhana dan elegan. produk yang ada didalam kemasan tersebut akan terlihat lebih mahal dan membuat pelanggan tertarik untuk membelinya atau memberikan sebagai hadiah untuk orang lain.

 

2. Kemasan Floral

Photo by Kitera Dent on Unsplash

Motif floral sangat sering digunakan karena memberikan kesan segar, manis dan feminim. Hal ini yang membuat berbagai produk kecantikan atau parfum menggunakan kemasan bermotif floral untuk membuat produknya lebih manis.

 

3. Mailer Box

Photo by Charisse Kenion on Unsplash

Kemasan yang satu ini sedang sangat tren khususnya dikalangan bisnis onlineshop. pada kemasan ini sengaja dibuat custom untuk memberikan kesan personal kepada pelanggannya. pada box tersebut diberikan kalimat sapaan atau surat kepada pelanggan mereka, ataupun menggunakan tagline yang diangkat untuk meningkatkan awareness.

 

4. Kemasan yang memberikan kemudahan dan fungsi lain

Photo by Hongkiat

Kemasan yang berfungsi tidak hanya sebagai bungkus dari produk tetapi juga mempermudah pelanggan dan memiliki fungsi lain akan mendapatkan nilai lebih bagi pelanggan. Misalnya kemasan dapat dibuka mengikuti bentuk makanan supaya makan lebih mudah ataupun bisa juga memiliki fungsi lain seperti bermain game di kemasan atau dapat digunakan kembali sebagai penyimpanan.

 

5. Kemasan dengan bentuk unik

Photo by Hongkiat

Kalau kamu tidak ingin membuat kemasan box yang biasa biasa saja yaitu berbentuk kotak. kamu bisa berinovasi menjadi bentuk lain atau menyerupai suatu hal yang mungkin sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu disini memiliki kuasa penuh untuk merancang kemasan yang kamu inginkan sesuai dengan branding yang ingin dibangun.

Walau kamu merasa kalau kemasan akan dibuang lagi oleh pelangganmu setelah mendapatkan produk yang mereka pesan. Tetapi dengan meningkatkan customer experience yang mereka jalani, ini bisa membuat produk kamu menjadi terlihat lebih mahal. Jangan lupa, untuk menyesuaikan citra produk atau brand yang ingin kamu tunjukkan.

facebook linkedin twitter link
Kembali