Diperpanjang Lagi, Yuk Kenali Level PPKM Jawa-Bali dan Pengaruhnya untuk Bisnismu!  - Pawoon

Pemerintah lagi-lagi memperpanjang pemberlakukan PPKM untuk wilayah Jawa-Bali. Meskipun ada beberapa kelonggaran, peraturan ini tetap saja membingungkan untuk masyarakat, terutama para pelaku usaha kecil atau UMKM. Selain harus tetap mengikuti peraturan demi keamanan bersama, Para pemilik usaha juga harus pintar mencari cara alternatif agar tetap jualan.

Standar level 1 – 4 yang diberlakukan dalam PPKM juga seringkali membingungkan. Oleh karena itu, yuk ketahui lebih jauh tentang masing-masing level PPKM, dan solusi yang bisa dilakukan untuk tetap lancar usaha di tengah banyaknya peraturan yang diberlakukan! Simak ulasannya berikut ini, ya! 

 

 

PPKM Level 4

 

PPKM Level 4 adalah level PPKM pertama yang diberlakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta, di tahap awal kenaikan angka penyebaran virus. Level ini bisa dibilang cukup memberatkan pelaku usaha kecil, karena adanya pembatasan jumlah pelanggan di toko yakni hanya sekitar 50% saja. Untuk pemilik bisnis restoran dan cafe juga harus rela tokonya sepi, karena adanya larangan makan di tempat atau dine in dan waktu tutup yang jadi lebih cepat, yakni pada pukul 20:00 WIB. 

Pemberlakukan PPKM Level 4 tidak serta merta memutus laju penjualan di bisnismu. Karena, kamu masih bisa menerima pesanan takeaway maupun dengan sistem delivery dengan jasa ekspedisi maupun kurir pengiriman cepat. Selain itu, banyak juga pemilik bisnis yang kini mengalihkan usahanya ke toko online dengan memanfaatkan media sosial dan kanal digital lain yang mereka punya. Tujuannya satu, supaya bisnis tetap berjalan, dan mereka tetap jualan. 

 

PPKM Level 3

 

Tidak terlalu jauh berbeda dengan level 4, PPKM Level 3 masih membatasi kegiatan di luar ruangan, untuk keamanan dan keselamatan bersama. Namun ada sedikit kelonggaran yang bisa jadi angin segar bagi pemilik bisnis, khususnya restoran atau cafe. Dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat, pada level 3 ini pemilik bisnis diizinkan menerima maksimal 25% kapasitas pelanggan di toko. 

Kesempatan ini tidak boleh dianggap remeh, ya! Kamu sebagai pemilik bisnis harus mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan operasional toko, yang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan bagi seluruh karyawan dan pelanggan yang datang. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan seluruh karyawan yang bertugas telah menerima dosis vaksin lengkap, dan difasilitasi dengan APD lengkap sebelum menerima transaksi. 

 

PPKM Level 2

 

Pada PPKM Level 2, kapasitas pelanggan yang boleh masuk ke toko semakin diperluas. Dalam level ini, pemilik bisnis diperbolehkan menerima 50% pelanggan, dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang baik dan tepat. Dengan adanya peraturan seperti ini, pemilik bisnis yang sebelumnya menutup toko karena sepi pelanggan bisa mulai beraktivitas kembali dengan keterbatasan yang ada. 

Ini artinya, kamu perlu memperhatikan keperluan operasional yang sebelumnya mungkin tidak diprioritaskan karena toko sepi. Saat toko offline sudah kembali ramai, salah satu hal utama yang perlu disiapkan adalah alur transaksi yang cepat, aman, dan mudah bagi karyawan dan pelanggan. Inilah mengapa kamu membutuhkan tools pendukung seperti menu digital atau aplikasi kasir online, yang bisa membuat alur transaksi lebih cepat melalui konsep contactless yang lebih aman dan efisien. 

 

PPKM Level 1

 

Pada level tertinggi PPKM ini, keadaan dan situasi diharapkan sudah lebih baik dan lebih aman untuk masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah. Pemilik usaha seperti restoran atau cafe sudah diizinkan menerima 75% kapasitas pelanggan di toko. Meskipun lebih baik, pemilik usaha tetap harus melakukan perencanaan yang baik untuk memastikan kesiapan bisnis di toko. 

Selain mempersiapkan toko offline, pastikan kamu tetap menjaga alur transaksi di toko online. Bukan hanya alur transaksi dan kepuasan pelanggan, kamu juga harus memastikan ketersediaan stok produk maupun bahan baku untuk kedua kanal tersebut sudah tercukupi. Inilah mengapa, kamu membutuhkan pengelolaan inventori yang tidak sembarangan. Kamu membutuhkan aplikasi kasir online seperti Pawoon POS, yang bisa membantu kamu mengelola stok di toko offline dan toko online dalam satu data sekaligus. 

 

 

Selain itu, Pawoon POS juga dilengkapi dengan fitur lengkap yang dapat membantu kamu tetap jualan, meski terhalang banyak kebijakan dan aturan. Mulai dari memu digital yang aman dan minim kontak, hingga integrasi dengan platform pesanan online seperti GrabFood, yang bikin roda bisnis tetap berjalan. Tunggu apa lagi? Yuk coba gratis Pawoon sekarang dan nikmati kemudahan bisnis yang canggih dan anti ribet! 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat