Baru Buka Usaha? Pastikan Anda Punya Aplikasi Toko Ini! - Pawoon

Baru Buka Usaha? Pastikan Anda Punya Aplikasi Toko Ini!

Sudah punya toko sendiri? Dengan kemudahan yang ada saat ini, membangun sebuah usaha memang bukan lagi hal yang sulit. Teknologi kini telah menyentuh para pebisnis, menyebabkan kegiatan yang rumit dilakukan menjadi sangat sederhana dengan bantuan berbagai aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fungsi yang beragam, mulai dari urusan transaksi hingga mengurus hal-hal yang tadinya menyulitkan, misalnya membuat laporan keuangan. Bukan hanya itu, beragam fitur lainnya juga akan memudahkan Anda dan tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakannya secara manual. Ingin tahu aplikasi apa saja yang biasanya dimiliki oleh sebuah toko, kafe, atau restoran? Simak ulasannya berikut, yuk!

1. Laporan keuangan

Biasa dirumitkan dengan pembuatan laporan keuangan secara manual? Kini, hal tersebut bukan lagi masalah dengan adanya aplikasi toko yang mampu membantu. Aplikasi ini bekerja dengan bantuan data yang Anda input atau direkam langsung oleh sistem, lalu mengolahnya menjadi data yang lebih mudah dibaca.

Dengan pilihan aplikasi laporan keuangan seperti ini, Anda bisa menghemat waktu untuk melakukan pencatatan dan menghindari kesalahan pencatatan lebih baik dibanding melakukannya secara manual. Selain itu, data yang telah diterjemahkan tersebut dapat membantu Anda mempertimbangkan keputusan-keputusan yang diambil untuk kemajuan toko, misalnya produk favorit yang perlu ditambah stoknya. Bukan hanya itu, beberapa aplikasi penjualan yang digunakan juga mampu memberikan informasi yang lebih lanjut mengenai perilaku pembeli dan kesimpulan yang lebih dalam.

2. Transaksi

Banyaknya inovasi di dunia fintech juga menjadi salah satu faktor bagi Anda untuk mengganti sistem transaksi manual kepada aplikasi yang lebih canggih. Munculnya berbagai metode pembayaran menjadi salah satu highlight di beberapa tahun belakangan ini. Kini, bagi customer, melakukan transaksi pembelian dapat dilakukan dengan uang digital baik melalui kode-kode tertentu atau metode scan. Uang digital ini pun dapat terintegrasi dengan berbagai fitur lainnya, misalnya transportasi atau pemenuhan kebutuhan lain.

Penggunaan uang digital ini sebenarnya membawa manfaat bagi pengusaha, oleh sebab itu, aplikasi toko yang memungkinkan pelanggan membayar dengan jenis currency ini diperlukan oleh pemilik. Manfaat yang didapatkan mulai dari mudahnya melakukan transaksi dan catatan yang rapi sehingga meminimalisasi keuangan. Nilai plus-nya, pelanggan juga lebih suka karena banyaknya diskon dan cashback yang ditawarkan.

3. Customer benefit

Banyak pengusaha percaya bahwa menjual kembali kepada pelanggan lama dirasa lebih mudah dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Untuk membuat hal itu nyata, memberikan produk atau jasa yang baik dan berkualitas adalah poin yang sangat penting. Di sisi lain, banyak toko, restoran, kafe, atau pengusaha ritel yang berusaha mempertahankan kesenangan pelanggan dengan memberikan customer benefit. Benefit ini dapat diberikan dengan berbagai cara, yakni pemberian diskon, voucher, poin yang dapat ditukarkan dengan produk lainnya, buy 1 get 1, hingga cashback.

Dengan banyaknya agenda customer benefit yang perlu dibuat oleh sebuat toko tersebut, tidak salahnya berinvestasi dengan aplikasi toko yang mumpuni. Jadi, tidak perlu pusing dengan penghitungan poin secara manual atau mencetak voucher yang akan digunakan. Dengan aplikasi tersebut, Anda bahkan dapat melakukan kustomisasi khusus dalam memilih pelanggan mana yang akan mendapatkan benefit.

4. Alat penghitung

Aplikasi yang satu ini memang sudah menjadi alat bantu yang legendaris. Berbagai jenis toko sejak dahulu kala sudah terbantu dengan jenis alat penghitung ini. Selain bentuknya yang sederhana, Anda pun dapat melakukan penghitungan yang kompleks dengan waktu yang cepat. Saat ini, kebutuhan toko akan kalkulator memang belum tergantikan, tapi menjadi fitur dasar dari berbagai aplikasi toko dengan berbagai improvement, misalnya mampu menghitung split bill dengan mudah.

Selain itu, penghitungan potongan harga pun tidak lagi dilakukan secara manual. Dalam satu kali tap, jumlah transaksi dapat diolah. Sehingga, pelanggan pun tidak menunggu terlalu lama dan Anda tidak terlalu rumit dalam melihat jumlah transaksi yang sudah dilakukan.

5. Pencatat menu

Punya restoran dengan tempat yang cukup besar? Bayangkan jika Anda harus mondar-mandir antara meja pelanggan dan dapur yang lumayan jauh untuk dapat menyampaikan pesanan. Terlebih, mencatat pesanan dengan cara manual seperti ini juga memiliki risiko terjadinya kesalahan. Sungguh bukan cara yang efisien, bukan?

Sudah saatnya Anda beralih dari pencatatan pesan manual kepada cara yang lebih kekinian, yakni menggunakan aplikasi toko yang didesain khusus untuk fitur tersebut. Anda hanya tinggal mencatat pesanan dari meja pelanggan dan pesanan akan langsung diterima dengan bantuan bluetooth serta tambahan sebuah printer di dapur. Mudah, bukan?

Jadi, kata siapa bisnis makin sulit? Dengan kemudahan yang sudah difasilitasi di atas ini dengan bantuan teknologi, Anda tidak lagi harus membuang banyak waktu untuk urusan administrasi, laporan, dan hal-hal yang bisa dilakukan dengan lebih efisien lainnya. Kini, semua fitur di atas bisa Anda temukan dalam satu aplikasi kasir, yakni Pawoon. Selain fitur tersebut, Anda juga dapat menikmati berbagai kemudahan lainnya, misalnya lebih aman walau memiliki banyak karyawan. Yuk, hadirkan segala kemudahan berbisnis dalam satu aplikasi, Pawoon!

WhatsApp chat