Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran - Pawoon

Selain memikirkan hal yang diperlukan untuk bisnis restoran Anda, seperti perlengkapan dan aplikasi restoran serta kriteria pegawai dan konsep seperti apa yang ingin dibangun, membuat business plan atau perencanaan bisnis pun tidak kalah pentingnya. Jika tidak memiliki business plan sebagai tolak ukur, maka bisnis restoran Anda bisa gagal.

Business plan juga bisa menjadi alat untuk meyakinkan investor bahwa konsep bisnis yang Anda bangun memiliki potensi dan menjanjikan. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk membuat sebuah business plan untuk menarik minat investor? Berikut cara-caranya: 

Konsep Restoran

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Jelaskan seperti apa konsep restoran Anda dan buat pembaca business plan tertarik dengan ide-ide yang Anda tuangkan. Jelaskan pula secara detail jenis hidangan yang akan disajikan, hal apa yang menginspirasi konsep restoran Anda, dan gaya pelayanan Anda. Yang tak kalah pentingnya yaitu, jelaskan secara terperinci apa yang membuat restoran Anda unik dan berbeda dari restoran lainnya.

 Desain Restoran

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Berikan sentuhan visual pada business plan Anda, khususnya terkait desain dan atmosfer restoran. Misal, bila Anda berencana untuk melibatkan konsep desain Art Deco, cantumkan beberapa contoh desain restoran bergaya Art Deco yang menginspirasi Anda. Berikan juga beberapa gambar dari material, furniture, dan perlengkapan dapur yang akan Anda gunakan untuk restoran tersebut.

 Desain Menu

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Jangan hanya mencantumkan daftar menu apa saja yang Anda sediakan, tapi juga berikan sentuhan visual menarik serta logo restoran Anda. Bila perlu, Anda bisa meminta bantuan desainer untuk membantu mendesain tampilan  daftar menu. Dalam desain menu, Anda juga perlu mencantumkan harga berdasarkan analisa pasar sehingga investor paham mengapa Anda memberikan harga tertentu pada suatu menu.

 Target dan Analisa Pasar

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Jelaskan siapa saja target pasar Anda dari segi profesi, usia, dan pendapatan rata-rata mereka. Setelah menjelaskan secara detail tentang target pasar, ungkap juga mengapa konsep restoran Anda akan membuat mereka tertarik. Jelaskan pula bagaimana Anda bisa menjalankan restoran serta memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik dengan pembiayaan yang ada. Selain itu, utarakan bagaimana cara Anda bersaing dengan kompetitor sekaligus memenangkan hati pelanggan.

 Struktur dan Mekanisme Manajemen

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Terkait hal ini, Anda perlu menjelaskan tipe kepemilikan bisnis restoran, apakah milik sendiri atau gabungan. Jelaskan pula bagaimana tim manajemen akan dibentuk dan bagaimana restoran Anda akan beroperasi setiap harinya. Apakah sebagai pemilik restoran Anda akan berperan juga sebagai manager atau  akan mempekerjakan staf manajemen? Apakah Anda akan menempatkan manajer yang berbeda untuk area front of house (FOH) atau back of house (BOH) restoran? Pastikan Anda mencantumkan mekanisme ini dalam business plan sebagai bahan acuan saat  memulai proses pembukaan restoran.

 Sistem dan Mekanisme Karyawan

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Di bagian ini, Anda dapat menjelaskan staf dan pegawai seperti apa dan berapa banyak yang dibutuhkan untuk tiap-tiap bagian. Jelaskan pula di bagian mana Anda akan mengambil alih, apakah di bagian manajemen atau chef.

 Lokasi

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Lokasi yang dipilih untuk restoran Anda sebaiknya berkaitan dengan target pasar Anda. Bisa saja Anda masih belum menentukan lokasi mana yang tepat, tapi setidaknya Anda memiliki beberapa pilihan lokasi potensial yang bisa dengan mudah dijangkau oleh target pasar.

Pemasaran dan Iklan

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Jelaskan teknik pemasaran dan periklanan yang akan Anda gunakan untuk menarik minat target pasar sekaligus membuat kompetitor mewaspadai bisnis restoran yang Anda bangun. Apapun jenis strategi yang Anda gunakan, baik secara digital maupun tradisional, jelaskan bagaimana strategi tersebut akan menguntungkan bisnis restoran Anda.

Data Finansial

Cara Tepat Dalam Membuat Business Plan untuk Restoran

Pusat dari setiap business plan adalah yang berkaitan dengan finansial atau keuangan. Pastikan Anda tahu seberapa banyak biaya yang akan dihabiskan, berapa waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh laba, dan bagian mana saja dari bisnis Anda yang memerlukan pembiayaan.

Sangat penting untuk mencantumkan poin-poin di atas dalam membuat business plan untuk restoran Anda. Dengan penjelasan yang terperinci dan business plan yang unik, Anda pun akan mampu menarik perhatian investor.

Selain itu, dalam menjalankan restoran, Anda juga membutuhkan dukungan peralatan dan fitur-fitur yang bisa memudahkan semua proses pada restoran Anda, khususnya dalam proses transaksi, seperti aplikasi restoran berupa kasir pintar. Anda bisa mengandalkan aplikasi kasir online dari Pawoon sebagai software restoran yang akan membantu Anda dalam mengelola dan meningkatkan profit bisnis restoran Anda!

facebook linkedin twitter link
Kembali