Cara Meningkatkan Pesanan Online Untuk Restoran - Pawoon

Dalam beberapa tahun terakhir, pemesanan dan pengiriman makanan online semakin populer. Pandemi global saat ini telah meningkatkan permintaan konsumen secara signifikan untuk pemesanan makanan restoran yang bisa dinikmati di rumah

Dengan banyaknya konsumen yang memesan makanan secara online, industri makanan dan minuman dituntut mampu beradaptasi dan menawarkan lebih banyak saluran online untuk memesan makanan.

Berikut adalah cara-cara untuk menarik lebih banyak perhatian ke situs web restoran dan meningkatkan pesanan online restoran kamu.

 

Buat Situs Web yang Optimal untuk Seluler

Kamu perlu memiliki situs web untuk menampilkan menu dan menerima pesanan online.

Sekitar 80% pelanggan memesan secara online melalui perangkat seluler. Penting sekali agar situs web restoran kamu dapat digunakan dengan cepat dan mudah di ponsel dan tablet seperti halnya di komputer desktop/laptop.

Cara mudah untuk membuat situs web ramah seluler untuk restoran kamu adalah dengan menggunakan  PawoonLive! dari Pawoon. Dengan menggunakan PawoonLive!, struktur menu online restoran kamu terlihat bersih dan mudah dinavigasi di layar yang lebih kecil.

Setup awal juga sangat mudah, makanan/minuman yang ingin kamu jual bisa segera tampil di halaman web dan siap untuk dipesan. Berbagai metode pembayaran dan pengiriman telah disiapkan untuk kemudahan pelanggan kamu.

 

Daftarkan Restoran di Google Bisnisku dan GrabFood

Setelah menyiapkan situs web, langkah selanjutnya adalah memastikan gerai makanan dan minuman kamu dapat ditemukan dan terdaftar di Google Bisnisku. Disini kamu bisa mengelola dan membarukan berbagai informasi tentang restoran kamu, misalnya lokasi di peta, jam operasional, alamat situs web dan nomor kontak.

Daftarkan restoran kamu di platform order makanan online seperti GrabFood, sehingga restoran kamu bisa mendapatkan akses ke calon pelanggan yang masif jumlahnya.

Aplikasi kasir Pawoon telah terintegrasi penuh dengan GrabFood dan pemilik bisnis bisa mendaftarkan gerai-gerai nya di GrabFood dengan cepat dan mudah, berkat bantuan dari tim Pawoon.

 

Optimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial seperti Instagram dan Facebook sangat bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan kamu. Buat jajak pendapat atau kontes untuk mengetahui makanan apa yang mereka minati.

Percakapan dengan pelanggan di media sosial akan memberikan wawasan untuk memperbarui menu online kamu dan memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan, dengan tujuan akhir untuk mendapatkan perhatian mereka dan mendapatkan pesanan berulang kali.

Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk mengiklankan situs restoran dan setiap promosi atau item baru yang telah ditambahkan ke menu.

Orang menyukai konten visual yang indah seperti gambar dan video. Ambil foto berkualitas tinggi dari makanan yang kamu jual dan buat video cuplikan cara pembuatan makanan. Bagikan konten tersebut di media sosial, terutama Instagram dan YouTube.

 

Promosi Online yang Tertarget

Menumbuhkan visibilitas restoran kamu di media sosial secara organik bisa jadi sulit, jadi pertimbangkan untuk menyisihkan anggaran untuk iklan berbayar guna menarik lebih banyak pelanggan.

Platform seperti Facebook memungkinkan kamu untuk berpromosi ke audiens yang ditargetkan ke demografi tertentu seperti area lokal, tingkat pendapatan, minat, dan hobi, untuk memastikankamu menjangkau calon pelanggan yang tepat.

 

Ciptakan Pengalaman yang Mengesankan

Orang-orang datang ke restoran bukan hanya makan, mereka melakukannya untuk mendapatkan pengalaman. Mungkin mereka ingin bertemu dengan orang yang dicintai dalam suasana santai dan hangat, mencoba masakan baru, atau hanya ingin orang lain yang memasak untuk mereka.

Apa pun alasan mereka, buat pelanggan kamu senang dengan membantu mereka menciptakan kembali pengalaman “makan di luar” di rumah mereka sendiri. Jadilah kreatif dan cobalah ide-ide seperti live-stream memasak, atau klub makan malam virtual di Zoom.

Untuk pelanggan yang hanya ingin makan sendirian, kamu dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan melalui situs web. Dengan situs web restoran yang mudah dinavigasi dan pembayaran yang mulus, pelanggan pasti akan memberikan apresiasi atas kemudahan yang ditawarkan oleh restoran kamu.

 

Apresiasi Loyalitas Pelanggan

Tunjukkan kepada pelanggan setia betapa kamu menghargai mereka dengan menyediakan program loyalitas. Bisa jadi kamu memberi hadiah kepada pelanggan dengan poin dan voucher yang dapat ditukarkan untuk pembelian di masa mendatang. Atau mungkin mereka memiliki akses awal ke promo atau promosi waktu terbatas pada acara khusus.

Gunakan fitur Promo dan Manajemen Pelanggan di aplikasi kasir Pawoon untuk membantu kamu lebih dekat kepada pelanggan.

 

Sebagai penutup, perhatikan kinerja untuk setiap strategi yang telah dijalankan, sehingga kamu bisa membandingkan metode mana yang memberikan hasil terbaik dan di mana harus memfokuskan perhatian dan sumber daya. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai ide!

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat