Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis Anda

Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis Anda

Perkembangan teknologi memang telah membantu banyak pekerjaan manusia, mulai dari pemesanan transportasi online, berbelanja barang tanpa harus pergi ke toko secara langsung, atau yang paling baru, teknologi aplikasi kasir berbasis online (cloud) yang membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dalam berbisnis.

Aplikasi kasir online menerapkan sistem point of sale (POS) yang sudah bisa dioperasikan di tablet atau smartphone, tidak lagi memerlukan seperangkat komputer dan mesin kasir.

Yang menarik, teknologi ini bukan hanya berguna untuk menangani transaksi pembayaran saja. Aplikasi kasir online bisa digunakan dalam segala aktivitas bisnis, seperti membantu dalam hal marketing, laporan penjualan harian, atau manajemen stok.

Selain itu, jika Anda adalah seorang pebisnis yang sudah memiliki beberapa gerai cabang, Anda bisa mengendalikan bisnis tersebut tanpa harus datang ke gerai dengan menggunakan bantuan aplikasi online ini.

Seperti layaknya bisnis pada umumnya, ada sejumlah sistem point of sales mengalami perubahan dramatis selama bertahun-tahun. Meskipun masih ada sejumlah besar pemain dalam permainan, mereka mungkin tidak semua cocok untuk operasi bisnis Anda karena sejumlah alasan. Oleh sebab itu, untuk memilih mana yang terbaik, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:

1.  Memastikan apakah Anda membutuhkan hardware tertentu

Beberapa sistem POS mewajibkan penggunanya untuk membeli hardware, sementara yang lain sudah bisa dioperasikan hanya dengan modal iPad atau laptop saja. Jika Anda memilih sistem POS yang membutuhkan beberapa peralatan tambahan, maka buatlah rincian daftar barang yang sebelumnya harus Anda siapkan. Pastikan untuk menyertakan jumlah unit yang dibutuhkan untuk setiap hardware.

2. Harga

Jika Anda termasuk orang yang baru mengenal sistem POS atau aplikasi kasir semacam ini, maka Anda bisa dibilang masuk pada era yang tepat. Tidak lama sebelum hari ini, sistem POS tidak diperuntukkan untuk para pebisnis skala kecil karena harga yang dipatok cukup tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, aplikasi kasir online seperti ini bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau.

Walaupun demikian, sebuah aplikasi kasir sama seperti produk lain yang diperjualbelikan yang memiliki varian harga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Untuk itu, pertimbangkanlah keseimbangan harga yang Anda akan bayar dengan kualitas aplikasi kasir online yang akan Anda dapat. Tidak sedikit sistem POS yang sebenarnya biasa-biasa saja, namun dipatok dengan harga yang sangat mahal.

3. Mudah digunakan

Karena tujuan dibuatnya aplikasi kasir online adalah untuk memudahkan para pebisnis untuk mengontrol bisnis yang dimilikinya, maka carilah aplikasi kasir online yang memiliki tampilan dan desain grafis yang user-friendly. Selain dari segi desain dan tampilan, carilah juga aplikasi yang mudah untuk dipersiapkan dan sederhana jika digunakan sehingga Anda bisa mengatur proses persiapan secara mandiri. Jika Anda memiliki karyawan yang memang bertugas di bidang ini, maka Anda harus menemukan aplikasi yang sudah bisa dipahami oleh para karyawan Anda dalam waktu beberapa menit saja, bukan beberapa jam

4. Keamanan dan pajak

Karena salah satu jenis bisnis yang berpotensi menggunakan aplikasi kasir online adalah jenis bisnis retail, maka aspek keamanan data adalah salah satu yang harus diperhatikan. Pencurian nominal dalam bisnis retail memang cukup sering dilakukan, untuk itu carilah aplikasi kasir yang memiliki fitur jalur audit (audit trails) yang memungkinkan Anda untuk melacak masalah-masalah seperti itu. Selain itu, jika usaha bisnis Anda berupa jasa pengiriman barang, maka carilah juga aplikasi kasir yang memiliki sistem pendukung tarif pajak mengingat Anda akan berurusan dengan pajak dari berbagai macam negara

5. Review dari sesama pebisnis

Setelah melewati keempat hal diatas, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa aplikasi kasir yang Anda pilih masuk dalam daftar aplikasi kasir terpopuler dan terpercaya. Setelah Anda mendapatkan daftar aplikasi kasi terpopuler tadi, jangan lupa untuk melihat-lihat review dari sesame pebisnis mengenai aplikasi kasir yang digunakannya juga. Ini memberikan wawasan berharga yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Pada dasarnya, dalam memilih aplikasi kasir yang tepat Anda sebaiknya mempertimbangkan lima hal utama, yaitu: kemudahan penggunaan, fleksibilitas harga, keamanan data, daya tahan perangkat keras, dan kualitas layanan pelanggan. Namun, untuk semakin meyakinkan diri Anda bahwa aplikasi kasir yang Anda pilih adalah yang terbaik, tutuplah dengan beberapa pertanyaan, seperti: “Apakah fungsi sistem aplikasi kasir tersebut sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda?”, “Berapa biaya aplikasi tersebut?”, dan “Apakah ada biaya-biaya tambahan lain yang tersembunyi?”

Tetapi, cara terakhir dan paling ampuh dalam memilih aplikasi kasir online yang terbaik adalah dengan mengimplementasikan langsung sistem tersebut. Jika Anda masih tidak 100% percaya diri dalam menentukan aplikasi kasir online terbaik mana yang akan gunakan, Anda bisa memilih perusahaan yang menawarkan uji coba gratis atau model “pay-as-you-go”.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI