Berkaca dari Evolusi Bisnis Restoran di Tahun 2021

Des 31, 2021Management

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang buruk di berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampak terbesarnya dirasakan oleh pemilik bisnis restoran yang harus rela merugi karena aktivitas luar rumah yang sangat dibatasi. Keadaan ini kemudian menuntut para pemilik bisnis berpikir keras mengatur strategi bertahan, agar bisnis tetap berjalan. 

Selain menyesuaikan diri dengan keadaan, pandemi juga menjadi tahap awal dari banyaknya perubahan dan evolusi dalam bisnis restoran ke tahap yang lebih advance dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Kira-kira apa saja ya, hal yang mengubah alur dan poros bisnis restoran sepanjang tahun ini? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

 

 

Efisiensi Alur Kerja dan Penggunaan Teknologi

 

Pengelolaan operasional restoran yang serba manual mungkin masih menjadi pilihan pemilik bisnis di tahun 2019 dan sebelumnya. Namun perubahan alur bisnis di tahun 2021 mengajarkan kita cara bekerja yang lebih efisien, dengan menggunakan bantuan dari teknologi modern yang semakin cepat berkembang.

Penggunaan aplikasi kasir adalah salah satu solusi yang bisa membuat kerja lebih efisien dan efektif. Selain proses pencatatan dan pengelolaan digital yang lebih cepat dan praktis, penyedia layanan aplikasi kasir seperti Pawoon POS juga menyediakan fitur lain yang membuat pengelolaan laporan penjualan dan manajemen produk, stok, hingga promo lebih cepat dan tidak ribet. Selain pencatatan pesanan, teknologi modern saat ini juga menyediakan proses pembayaran yang minim kontak berbasis QR Code yang membuat proses transaksi semakin praktis dan mudah. 

Beragam jenis teknologi ini lah yang harus diadaptasi agar pemilik bisnis bisa bertahan di tengah situasi yang tidak menentu. Dengan begitu, proses pengelolaan bisnis akan semakin optimal, dengan hasil yang tentunya maksimal. 

 

Karyawan sebagai Prioritas Utama

 

Dengan seluruh perubahan yang terjadi, pemilik bisnis saat ini jadi semakin disadarkan bahwa performa dan penjualan yang baik berbanding lurus dengan kinerja karyawan yang baik. Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana pemilik usaha mengutamakan kesejahteraan karyawan, sehingga karyawan merasa nyaman dan tidak ragu memberikan pelayanan terbaik.

Sebagai salah satu aset penting dalam bisnis, proses pengelolaan karyawan harus dilakukan dengan baik. Selain pendataan yang lengkap, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah yang bisa semakin meningkatkan loyalitas karyawan yang bekerja untuk bisnis restoran yang kamu punya. 

 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas karyawan, seperti: 

  1. Memberlakukan sistem tip dan komisi di restoran
  2. Pembayaran gaji tepat waktu
  3. Waktu kerja yang fleksibel

 

Proses pengelolaan karyawan di restoran bisa dilakukan secara digital juga, lho! Dengan Pawoon POS, kamu bisa dengan mudah mencatat dan mengelola data karyawan dengan mudah dan praktis, langsung dari dashboard saja! 

 

Jangkauan Bisnis Lebih Luas

 

Satu hal yang juga menjadi juga bukti terjadinya perubahan alur dan poros bisnis restoran di tahun 2021 adalah jangkauan bisnis yang semakin meluas. Hal ini diwujudkan dengan banyaknya pemilik bisnis restoran yang memiliki toko mulai tertarik untuk membuka bisnis online. Langkah yang banyak diambil oleh pemilik restoran dalam memperluas jangkauan adalah dengan menyediakan opsi pesan antar atau delivery dengan memanfaatkan berbagai jenis platform pesan antar yang ada. 

Selain menjajaki opsi delivery, banyak pemilik bisnis yang tertarik membuka bisnis online, seperti menjual frozen food atau produk mentah yang biasa dijual di toko. Untuk model bisnis omnichannel ini, pemilik bisnis akan membutuhkan alur pengiriman dan pengelolaan stok yang lebih optimal untuk memastikan operasional tetap berjalan lancar. 

 

 

pengelolaan bisnis jadi lebih mudah, efisien, dan tentunya dengan hasil yang menguntungkan. Pawoon POS bukan hanya sekadar aplikasi kasir, lho! Ada banyak fitur dan layanan menarik yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan operasional bisnis yang kamu punya. Mau tahu apa saja produk dan layanan yang ditawarkan oleh Pawoon? Yuk daftarkan bisnismu sekarang juga!

 

WhatsApp chat