Berikut Tips dan Trick Bisnis Franchise Bagi Pemula

Ingin Mencoba Bisnis Franchise? Simak Artikel Berikut!

Bisnis usaha waralaba, atau lebih dikenal dengan Franchise, semakin tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Dimulai dari orang biasa hingga artis pun mulai menggeluti bisnis franchise.

Ada pula beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis franchise, salah satunya ialah, Anda harus mengetahui perbedaan Franchisor dan Franchisee.

Apa itu Franchisor? Franchisor atau pemberi waralaba adalah, badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

Apa itu Franchisee? Franchisee atau penerima waralaba adalah, badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Setelah Anda mengetahui kedua istilah tersebut, ada beberapa hal lain yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis franchise. Berikut beberapa tips yang layak Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bisnis franchise.

1. Sesuaikan dengan minat Anda

Bisnis franchise memiliki beberapa pilihan, dimulai dari restoran, kafe, salon, tempat kursus, hingga mini market. Cari tahu minat Anda, karena pemilihan bidang bisnis yang sesuai dengan minat, akan membuat Anda menjalankan bisnis dengan nyaman dan senang.

2. Lakukan pengecekan pada franchise yang ingin dibeli

Setelah menentukan minat Anda dalam bisnis franchise, pastikan reputasi franchise pilihan Anda agar bisnis Anda berjalan baik dan nyaman. Bandingkan juga dengan beberapa franchise sejenis; apakah cukup bagus dan dikenal banyak orang atau tidak.

3. Pilih Aplikasi Kasir yang Tepat

Point of Sale, atau yang lebih dikenal sebagai Aplikasi Kasir, membantu Anda untuk mencatat pengeluaran yang terjadi pada saat bisnis sedang berlangsung. Berlangganan aplikasi kasir dapat membantu Anda

4. Kenali Segmen Pasarnya

Setelah mencari tahu franchise yang Anda pilih, Anda juga harus mengetahui segmen pasar bisnis franchise Anda. Jangan sampai segmen pasar Anda berbeda dengan yang menjadi targetnya selama ini.

5. Siapkan Modal yang Cukup

Persiapkan modal yang cukup untuk bisnis franchise pilihan Anda. Jangan hanya bersandar pada modal yang diberikan pewaralaba karena hal tersebut hanyalah simulasi. Dalam proses usaha, modal usahamu bisa jadi membengkak. Proses balik modal pun bisa jadi lebih lama dari yang diharapkan.

6. Tentukan Lokasi yang Strategis Untuk Usaha Anda

Carilah lokasi yang strategis untuk bisnis Anda. Pastikan lokasi yang Anda pilih adalah orang-orang yang menjadi sasaran bisnis Anda. Semakin strategis lokasi Anda, semakin besar kemungkinan penjualan Anda meningkat.

7. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu cara promosi yang paling mudah dan murah. Hanya bermodalkan smartphone, Anda sudah dapat mempromosikan bisnis Anda. Dapatkan foto yang bagus dengan caption yang menarik, kemudian posting di sosial media Anda. Jangan lupa pula meminta bantuan kepada teman Anda untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di sosial media.

Berikut merupakan hal yang harus Anda perhatikan jika Anda tertarik dengan bisnis franchise. Persiapkan semuanya secara detail agar bisnis Anda lancar.

Jadi, apakah bisnis franchise merupakan bisnis yang Anda cari?

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI