6 Usaha Franchise yang Bisa Dimulai dengan Modal 5 Jutaan - Pawoon

6 Usaha Franchise yang Bisa Dimulai dengan Modal 5 Jutaan

Dilihat dari kemudahan dan peluangnya, usaha franchise memang lebih menarik bagi banyak orang. Usaha franchise biasanya sudah memiliki dasar yang mendukung berjalannya bisnis, seperti tahap pelatihan staf, pemilihan lokasi, pencarian pemasok bahan baku dan lainnya sehingga bisnis bisa dimulai dengan lebih cepat dan mudah.

Merek dagang dan produk bisnis franchise juga biasanya sudah lebih dikenal oleh masyarakat, sehingga Anda sebagai pemegang franchise tak perlu memikirkan ide usaha khusus untuk memperkenalkan merek tersebut pada masyarakat umum.

Tentu saja, dengan segala kelebihannya, Anda harus membayar biaya awal, royalti, dan biaya lain kepada pemilik usaha franchise. Beberapa franchise, terutama usaha franchise yang sudah memiliki nama besar, memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada pula usaha franchise yang bisa dimulai dengan modal Rp5 jutaan, bahkan di bawah Rp5 juta.

1. Es Kepal

Tahun lalu merupakan jadi tahun ketika es kepal menjadi jajanan yang viral di Indonesia. Masyarakat Indonesia tertarik dengan jajanan es serut dan susu yang disajikan dengan cara yang unik ini. Ariani, seorang pemegang franchise di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bahkan berhasil mendapat omzet kotor Rp5 juta per hari. Padahal biaya untuk memulai bisnis franchise ini hanya mulai dari Rp4 juta hingga Rp9 juta.

2. Cappucino Cincau

Usaha franchise Cappucino Cincau alias capcin hanya membutuhkan biaya sekitar Rp3 juta. Biaya ini sudah termasuk booth, display, bahan baku, serta peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Ide usaha kreatif untuk memadukan cincau hitam dengan cappucino ini datang dari Ronal, seorang penjual es jus dari Riau. Siapa sangka, ide sederhana ini berbuah sukses dan mendatangkan omzet sebesar hingga Rp300 juta per bulan. Siapa tahu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan besar dari usaha franchise ini.

3. Bakso Benhil

Tak disangkal, bakso merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia yang hadir dalam berbagai bentuk dan dijual dengan harga yang bervariasi. Bakso bisa ditemukan di warung kecil, di gerobak yang didorong penjual bakso keliling, hingga ke restoran besar. Oleh karena itu, usaha franchise bakso merupakan usaha yang pelanggannya tidak akan surut. Bakso Benhil merupakan salah satu usaha franchise yang bisa Anda pilih. Dengan biaya sekitar Rp4 juta, Anda akan mendapatkan bahan baku produk hingga sekitar 500 porsi. omzet jutaan rupiah bisa Anda dapat bila Anda berhasil memasarkan produk ini.

4. Tahu

Orang Indonesia memang menyukai gorengan. Cemilan renyah ini bisa ditemukan di berbagai daerah, baik di kota kecil maupun kota besar. Oleh karena itulah, ada banyak usaha franchise gorengan seperti tahu goreng yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya memiliki paket kemitraan berbiaya minim, seperti Tahu Puk Puk yang hanya membutuhkan modal minimal Rp. 3.300.000,- saja.

5. Kopi Susu

Kopi susu kekinian memang jadi primadona bisnis franchise di Indonesia saat ini. Rata-rata merek kopi susu yang sudah dikenal mematok biaya franchise yang tidak kecil, tapi ada juga franchise kopi susu yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah Nyopee yang menawarkan paket kemitraan dengan biaya mulai dari Rp5 jutaan pada calon pemegang franchise-nya. Melihat popularitas kopi susu saat ini, terutama di kalangan anak muda, modal ini tentu tidak besar dan berpeluang mendapatkan balik modal dalam waktu yang tidak lama.

6. Teh Keju

Berkembang dari kesuksesan bubble tea, kini minuman cheese tea jadi minuman yang naik daun di Indonesia. Peluang untuk meraih keuntungan dari bisnis franchise cheese tea pun cukup besar, terutama bila modal awalnya tidak terlalu besar. Salah satu usaha franchise yang bisa jadi pilihan Anda adalah Cheezit Tea yang paket waralabanya mulai dari Rp5,5 juta.

Usaha franchise makanan dan minuman sejauh ini memang menjadi usaha franchise dengan biaya yang relatif rendah dibanding usaha franchise lainnya. Walaupun persaingan dalam usaha franchise makanan dan minuman memang sangat ketat, tapi dengan produk, pelayanan, dan strategi yang baik, keuntungan besar pun tak mustahil didapat. Usaha franchise mana yang jadi pilihan Anda?

WhatsApp chat