6 Trik SEO Agar Bisnis Semakin Terkenal - Pawoon

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya dikenal banyak orang. Untuk mewujudkannya, Anda hanya perlu konsisten memetakan target market dengan benar dan menerapkan trik Search Engine Optimization (SEO).

Seperti diketahui, SEO adalah dominasi rank position atas keyword yang Anda target. Posisi yang bagus dan lebih mudah dikenal banyak orang tentunya ada di page 1 atau top 3 Google Indonesia.

Tidak mudah untuk mencapai posisi page 1 atau top 3 pada Google Indonesia, ada banyak hal yang harus Anda lakukan.

Padahal, ketika Anda mendominasi di Google Search dan berada di halaman pertama tentunya akan membuat usaha Anda lebih mudah dikenal orang. Sehingga, bukan tak mungkin akan menghasilkan revenue tinggi.

Itu sebabnya, SEO Manager Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto dalam webinar bersama Pawoon membagikan trik SEO dan memanfaatkan sosial media agar bisnis Anda menjadi dikenal serta lebih tepat sasaran.

 

 

1. Membuat Konten

 

Trik pertama yang dilakukan untuk dapat mendominasi Google adalah membuat konten dengan memulainya memakai 5W + 1H atau berasal dari apa yang menjadi keresahan orang lain.

Setelah membuat konten untuk menjawab pertanyaan dan keresahan lewat 5W + 1H, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menargetkan keyword atau kata kunci yang sering dicari orang melalui Google.

Agar konten yang Anda buat lebih cepat dikenal orang, maka sebaiknya membuat keyword yang sedang viral di media.

“Jadi, apa yang viral di media serta berhubungan dengan bisnis Anda maka bisa dijadikan konten,” jelas Dudung.

 

2. Lakukan Optimasi

 

Trik selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan optimasi atau kegiatan menambahkan keyword, menambahkan jumlah kata dalam artikel dan lain-lain.

Kegiatan ini penting dilakukan untuk membantu artikel Anda menempati posisi pertama mesin pencarian Google.

 

3. Jalani Website Audit

 

Sudah membuat konten bagus tapi masih belum berada di posisi bagus Google? Anda wajib melakukan website audit atau kegiatan untuk membuat tampilan konten ada lebih nyaman dilihat dalam berbagai versi, seperti mobile dan desktop.

Selain tampilan konten, Anda juga harus melakukan pengecekan terhadap kecepatan website.

 

4. Selaraskan dengan Tren

 

Hal lainnya yang harus dilakukan untuk membuat konten Anda cepat berada di posisi terbaik adalah dengan menyelaraskan tren.

Anda bisa mencari apa yang sedang ramai dibicarakan atau dicari banyak orang. Kemudian menyesuaikan dengan niche/ceruk/kategori bisnis Anda, misalnya pentingnya memiliki asuransi mobil.

Contoh lainnya, ketika Anda bergerak dalam bidang makanan, ada berita seputar Covid-19, Anda bisa membuat artikel yang berhubungan tentang kandungan vitamin dan nutrisi pada makanan yang Anda jual.

Dengan nutrisi yang cukup tentunya membuat tubuh lebih terproteksi dan terhindari Covid.

 

keyword

 

5. Tips Pertama Kali Memulai SEO

 

Jika Anda baru mulai membuat website dan masih awam tentang SEO, maka lakukanlah langkah berikut.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu apa yang sedang menjadi permasalahan, cari area kekurangan dan kelebihan Anda. Kemudian, temukan peluang bahwa Anda tidak sendiri dalam menjalankan hal tersebut.

Setelah melakukan analisa tersebut, Anda bisa memetakan lagi mana area atas, tengah, dan bawah. Area-area tersebut yang akan membawa Anda mendapatkan kata kunci untuk sebuah konten.

Misalnya, pada area atas, Anda akan menemukan yang terlihat rambut, telinga, wajah dan sebagainya. Dari bagian tersebut, Anda bisa menemukan kata kunci hairstyle, undercut hairstyle, dan lainnya.

Pada area tengah, Anda juga akan mendapatkan berbagai kata kunci dari sesuatu yang terlihat. Misalnya, cara cepat kurus, cara minum teh hijau agar cepat kurus dan berbagai hal lain yang akan menjadi kata kunci dan dijadikan konten.

Untuk area terakhir pada bagian bawah, Anda bisa mendapatkan beragam hal lain seperti area lainnya. Contohnya, cedera engkel, cara memijat cedera engkel dan sebagainya.

Setelah melakukan analisa area tersebut, maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang berisi gambar dan tulisan untuk membuat orang lain tertarik. Kemudian, update setiap hari agar orang lebih tahu bahwa Anda menjual sesuatu.

 

6. Tips Dongkrak Traffic SEO Menggunakan Sosial Media

 

Anda sudah melakukan banyak hal tapi traffic website belum naik? Maka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sosial media.

Ada berbagai platform sosial media yang akan membantu website Anda makin dikenal banyak orang. Misalnya saja, Instagram, TikTok, Facebook dan lain-lain.

Tapi, Anda harus ingat sosial media adalah base on visual. Tentu gambar dan video menarik adalah hal utama yang akan membuat semua orang tertarik.

Lewat visual tersebut sebenarnya Anda bisa tetap menggunakan SEO untuk membuat website dan sosial media mendapatkan trafik bagus.

Hanya saja, sebelum melakukan itu semua, kenali dulu ada beberapa tipe konten dalam sosial media.

Adapun tipe konten dalam sosial media yang bisa Anda jadikan acuan ketika ingin membuat sesuatu adalah sebagai berikut ini:

  • Quote atau kutipan
  • Info grafis
  • Daftar atau list sesuatu
  • Motivasi
  • Tips
  • Pro dan kontra

Tipe-tipe konten tersebut sebenarnya bisa Anda lihat melalui berbagai unggahan dalam sosial media Lifepal.

Selanjutnya, ketika Anda sudah memahami tipe-tipe konten pada sosial media sebenarnya bisa membuatnya terhubung dengan artikel di website. Caranya, menggunakan 5 W + 1 H dan melakukan direct konten lebih lengkap.

Yaitu, Anda membuat bagian visual melalui sosial media kemudian meletakkan URL/slug website dengan tipe artikel yang serupa untuk membuat orang lain membaca lebih lengkap informasi tersebut melalui sosial media.

Hal ini sebagai trik SEO agar trafik secara organik naik begitu Anda lebih dikenal di sosial media.

Itulah trik SEO yang bisa Anda terapkan pada bisnis. Namun, sebenarnya hal yang tidak kalah penting adalah SEO merupakan kegiatan yang dilakukan secara konsisten, jadi Anda harus tetap sehat untuk bisa mendapatkan ide menarik.

 

Catatan Penulis

Tips ini dibuat oleh SEO Manager Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto sebagai bagian kolaborasi bersama Lifepal.

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat