5 Tips Jitu Mengelola Arus Kas untuk Usaha Kecil - Pawoon

Apapun jenis dan skalanya, bisnis yang lancar tentunya membutuhkan biaya. Bukan sekadar balik modal, tapi bisnis juga harus menguntungkan. Namun faktanya, banyak sekali usaha kecil yang harus gulung tikar karena ternyata tidak memiliki cukup dana untuk bertahan. Inilah mengapa pengelolaan arus kas menjadi sangat penting, khususnya untuk usaha kecil dan menengah (UMKM). 

Pengelolaan arus kas bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Selain dapat mengamankan arus pengeluaran bisnis, mengelola arus kas juga bisa membantu kamu mengamankan strategi bisnis di masa depan. Lalu, adakah tips yang bisa dilakukan agar lebih mudah mengelola arus kas? Berikut penjelasannya. 

 

 

Pahami Siklus Arus Kas

 

Sebelum mulai mengelola arus kas dalam bisnis, kamu perlu memahami siklus arus kas yang kamu miliki. Siklus kas adalah waktu yang dibutuhkan mulai dari pembelian bahan baku, proses produksi, hingga penjualan. Untuk lebih dapat memahami siklus kas yang kamu miliki, kamu perlu meninjau berapa jumlah uang yang diterima di penjualan kemarin, dan memprediksi berapa jumlah uang yang akan kamu terima di hari esok. 

Setelah kamu memahami siklus arus kas, kamu bisa dengan mudah melakukan beberapa tindakan pencegahan yang melindungi kami dari overspending dana yang masuk. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menunggak tagihan dan membayar supplier/vendor lebih cepat. 

 

Nego dengan Vendor dan Supplier

 

Tips yang selanjutnya masih berkaitan dengan vendor atau supplier bahan baku di toko. Untuk memudahkan pengaturan kas dan pengeluaran, kamu bisa melakukan negosiasi pada vendor dan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih mudah dan terjangkau. Berikan timbal balik dengan cara disiplin bayar tagihan dan menjalin hubungan baik dengan vendor atau supplier agar kerjasama tetap berjalan dengan seharusnya. 

Menjalin hubungan baik dengan vendor atau supplier juga bisa membantu kamu mendapatkan pembeli yang potensial untuk pengembangan bisnis yang lebih baik. Dengan begitu, hubungan kerja sama antara bisnis dan supplier dapat jadi saling menguntungkan. 

 

Gunakan Transaksi Sekali Bayar

 

Memberikan opsi pembayaran cicilan memang bisa jadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Namun, metode ini tidak dianjurkan untuk usaha kecil yang belum memiliki arus kas yang stabil. Banyaknya piutang dan tunggakan akan semakin membebani kamu dan membuat arus kas kurang optimal. Cara yang lebih aman dan bisa dilakukan adalah menawarkan opsi pembayaran sekali bayar yang beragam, mulai dari tunai, kartu, hingga pembayaran digital. Opsi ini lebih menguntungkan, karena proses settlement yang cepat dan biaya administrasi yang tidak terlalu mahal. 

 

Hindari Penumpukkan Stok

 

Selain menghindari tumpukkan piutang dan tunggakan, kamu juga perlu menghindari penumpukan stok produk dan bahan baku di toko. Hal ini karena jumlah stok memiliki nilai yang setara dengan kas atau uang. Menyimpan banyak produk dan bahan baku di toko akan mengurangi kualitas produk tersebut. Kualitas yang berkurang itu dapat berujung pada stok yang rusak, yang akan terhitung sebagai jumlah loss atau kerugian. 

Hindari penumpukan stok di toko dengan menggunakan aplikasi kasir online. Kamu bisa dengan mudah mengelola jumlah stok sistem dan aktual yang ada di gudang maupun di toko. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur stock alert, sebagai pengingat apabila ada stok produk yang habis dan harus ditambahkan. 

 

Catat dan Amati Pengeluaran

 

Selain pengelolaan alur stok, mencatat dan mengamati segala bentuk pengeluaran bisnis yang bisa jadi cara ampuh untuk mengatur arus kas di bisnis. Hindari pencatatan penjualan secara manual, dan berpindahlah pada sistem pencatatan digital yang lebih modern, mudah, dan efisien. 

Penggunaan aplikasi kasir online juga bisa jadi cara ampuh untuk mempercepat proses pencatatan keuangan. Dilengkapi fitur rekapitulasi kas, kamu bisa dengan mudah mencatat dan menghitung dana masuk dan keluar selama proses transaksi berlangsung. Nggak cuma itu, aplikasi kasir seperti Pawoon POS juga dilengkapi dengan fitur laporan lengkap yang siap menyajikan data lengkap dan akurat yang kamu butuhkan. 

 

 

Jangan lewatkan kesempatan mengubah pengelolaan bisnis jadi lebih mudah dan efisien bersama Pawoon POS. Selain aplikasi kasir yang mudah digunakan, Pawoon juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan bisnis yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apapun jenis bisnismu, Pawoon POS siap menjadi sahabat yang mengawal kesuksesan bisnis di setiap levelnya. Tunggu apa lagi? Yuk coba gratis Pawoon sekarang! 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat