Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Merekrut Karyawan Restoran  - Pawoon

Pemilik bisnis yang bijak tentu tahu bahwa karyawan adalah salah satu aset penting, khususnya untuk bisnis seperti restoran, cafe, spa, dan bisnis lain yang berhubungan langsung dengan pembeli. Selain dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, karyawan juga dianggap sebagai salah satu representasi bisnis yang kamu punya. 

Merekrut karyawan bukan perihal kuantitas, namun kualitas yang dimiliki. Meskipun jumlahnya tidak banyak, memiliki karyawan berkualitas akan membantu menjadikan bisnis lebih efisien dan menguntungkan. Lalu kira-kira apa saja kriteria utama yang perlu diperhatikan dalam mencari karyawan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

 

5  Kriteria Karyawan Berkualitas untuk Bisnismu

 

karyawan restoran

 

Untuk dapat mengembangkan bisnis dengan maksimal, pemilik bisnis harus memperhatikan beberapa faktor sebelum menerima karyawan. Berikut beberapa kriteria karyawan terbaik yang sesuai untuk bisnismu: 

 

1. Percaya Diri 

 

Kriteria pertama yang harus dimiliki oleh karyawan adalah rasa percaya diri yang dibarengi dengan karakter atau personality yang baik. Kedua hal ini bisa membantu dapat karyawan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di toko. Kamu bisa mulai melihat karakter calon karyawan dari sesi interview. 

Coba gali lebih dalam dengan mengajukan beberapa pertanyaan personal yang bisa membantumu mengetahui karakter dan tingkat percaya diri calon karyawan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi personal yang membuatmu melakukan pendekatan personal pada calon karyawan tersebut. 

 

2. Fast-Learner

 

Selain percaya diri dan berkepribadian baik, kamu juga membutuhkan karyawan yang cepat belajar dan cepat beradaptasi dengan perubahan. Hal ini penting, terutama untuk pemilik restoran atau cafe yang menjual banyak produk. Dengan kemampuan belajar dan beradaptasi yang baik, maka karyawan tidak akan mengalami kesulitan saat ada perubahan atau penambahan produk di toko. 

Kemampuan belajar cepat dan beradaptasi juga bisa membantu karyawan lebih percaya diri dalam melayani pelanggan. Selain pelayanan yang semakin efektif dan efisien, kualitas karyawan juga akan membuat pelanggan nyaman dan tidak ragu untuk kembali. 

 

3. Jujur

 

Kriteria yang satu ini nggak kalah penting dengan yang sebelumnya. Karena sebaik apapun performa karyawan di restoran, sifat tidak jujur dalam bekerja tetap bisa membahayakan bisnis yang kamu kembangkan. Sayangnya, kriteria ini tidak bisa langsung terlihat di pertemuan pertama. Jadi, kamu tidak punya pilihan selain mempercayai calon karyawan yang akan direkrut. 

Jangan khawatir! Karena kamu bisa memanfaatkan masa percobaan atau probation untuk memastikan kriteria ini ada di calon karyawan yang akan direkrut. Kamu juga bisa mencegah tindak kecurangan yang dilakukan karyawan dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis cloud yang menggunakan sistem pencatatan digital. 

 

4. Bertanggung Jawab

 

Kriteria yang satu ini dibutuhkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi. Karyawan yang bertanggung jawab tidak akan ragu mengakui kesalahan dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Inilah mengapa, manajemen karyawan juga perlu dilakukan dengan baik. 

Kamu juga bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan dengan memberikan jobdesk dan hak akses kepada masing-masing karyawan yang bertugas di restoran. Dengan peran dan hak yang tepat, karyawan akan mengetahui kewajibannya masing-masing dan bisa lebih bertanggung jawab pada kewajiban yang diberikan. 

 

5. Loyalitas Tinggi 

 

Hire your biggest fans” atau “Pekerjakanlah penggemar terberatmu” adalah istilah yang sangat benar adanya. Karena, rasa cinta dan loyalitas yang tinggi akan membuat calon karyawan  restoran bekerja dengan senang hati dan tanpa tekanan. Memiliki kesempatan mempekerjakan penggemar terbesar restoran adalah sebuah privilese yang bisa dinikmati oleh pemilik bisnis.  

Satu hal yang perlu diingat, loyalitas karyawan tentunya nggak datang begitu saja. Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu menginvestasikan waktu, tenaga, dan biaya untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Kalau hasil yang diberikan maksimal dan berbuah baik untuk bisnismu, rasanya setiap investasi yang kamu berikan layak dan sepadan saja. 

 

aplikasi kasir

 

Memilih karyawan yang tidak hanya berkualitas, tapi juga tepat untuk bisnis dapat mengantarkanmu pada keuntungan yang maksimal. Selain proses perekrutan, proses pengelolaan karyawan harus dilakukan dengan optimal dan tidak boleh sembarangan. 

Maksimalkan proses pengelolaan karyawan sebagai aset penting di bisnis dengan aplikasi kasir terbaik seperti Pawoon POS. Kamu bisa melakukan pengelolaan optimal mulai dari pencatatan data karyawan, sistem absensi, hingga pengelolaan hak akses bisa dilakukan dengan mudah, tanpa biaya tambahan. 

Tunggu apa lagi? Daftar dan coba Pawoon sekarang untuk kemudahan bisnis yang optimal dan kualitas yang maksimal! 

 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali