5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan - Pawoon

5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan, sering kali menjadi hal yang dilewatkan untuk dilakukan oleh pengusaha, apapun jenis usahanya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hal tersebut justru memegang peran krusial demi kemajuan bisnis yang dimiliki? Beberapa faktor yang menjadi trigger seorang pebisnis tidak membuat laporan keuangan ini misalnya rasa malas, data yang berceceran, hingga tidak cukup tahu apa saja yang dapat ia lakukan dengan keberadaan data penting tersebut. Padahal, laporan keuangan adalah suatu alat untuk mencatat informasi yang menyangkut informasi tertentu dari operasi sebuah perusahaan. Bagaimana dengan Anda? Tahukah apa saja yang dapat dilakukan dengan keberadaan laporan keuangan bisnis Anda? Simak penjelasannya berikut, yuk!

1. Bisa mengambil keputusan bisnis dengan lebih bijak dan tepat sasaran

Untuk mendapatkan sebuah keputusan bisnis yang baik diperlukan pertimbangan yang menyeluruh. Tentu saja, bukan mengambil keputusan dengan sembarangan dan tanpa perhitungan. Keberadaan data yang rapi tersimpan dan kemampuan menganalisa dari data tersebut menjadi dua komponen penting untuk mendapatkan strategi bisnis yang baik. Keputusan yang diambil misalnya bagaimana pertimbangan pembukaan cabang yang baru, perlu atau tidaknya menambah pasokan penjualan setiap harinya, hingga kepada pertimbangan pembuatan produk baru.

Laporan keuangan sendiri, terdiri dari berbagai elaporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas. Selain itu, misalnya, melihat laporan penjualan dan membandingkannya dengan kecepatan pelayanan. Dengan begitu Anda dapat mempertimbangkan menambah sumber daya. Jadi, penting kan adanya laporan keuangan bagi setiap pengusaha?

2. Bisa mengajukan pinjaman ke bank

Selain dari keuntungan yang didapat, modal usaha dapat diperoleh dari berbagai tempat. Salah satu cara yang paling sering dilakukan, misalnya, dengan mengajukan pinjaman modal. Walau banyak pebisnis banyak menghindari cara ini, bukan berarti tidak boleh dilakukan, kok! Selama Anda dapat membuat perhitungan yang logis, menggunakan dana pinjaman untuk usaha bukan masalah. Sebelum pengajuan pinjaman modal Anda disetujui, biasanya pihak pemberi pinjaman akan meminta beberapa dokumen. Laporan keuangan menjadi salah satu syarat yang dibutuhkan. 

Dari laporan keuangan ini, akan dilihat bagaimana bisnis Anda mendapatkan keuntungan. Selain itu, dapat dilihat juga bagaimana pengambilan keputusan yang dilakukan untuk keberlangsungan bisnis. Dari data yang dapat dilihat ini, dapat disimpulkan bahwa bisnis Anda sehat lalu bisa memperoleh pinjaman atau sebaliknya. 

3. Bahan pertimbangan investasi

Pinjaman memang bukan satu-satunya jawaban untuk mendapatkan suntikan modal. Masih ada lagi instrumen modal lainnya, misalnya investasi. Untuk pilihan modal yang satu ini, bisa dibilang gampang-gampang sulit. Namun, bukan berarti tidak mungkin Anda dapatkan, lho!

Bagi Anda yang akan menerima investasi, laporan keuangan bisnis menjadi hal yang paling penting untuk disiapkan. Dari laporan tersebut, investor dapat melihat bagaimana kebijakan manajemen dalam mengelola keuangan dan pertanggungjawaban mereka. Untuk itu, jika Anda akan mengusahakan masuknya investasi dalam waktu dekat, penting untuk segera menyiapkan laporan keuangan. 

4. Rekaman sejarah perkembangan usaha

Bagaimana proyeksi Anda terhadap usaha yang sedang dijalani ini? Apakah menurut Anda dapat bertahan hingga puluhan tahun yang akan datang? Setiap usaha memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi moda bisnis yang lebih besar. Nah, setiap pergerakan usaha tersebut, baiknya direkam untuk kepentingan perusahaan di masa depan dengan adanya berbagai macam laporan, termasuk laporan keuangan.

Dengan adanya rekaman data yang rapi, Anda akan lebih mudah untuk mengambil pelajaran dari strategi bisnis sebelumnya. Selain itu, akan mempermudah juga dalam proses pengenalan apabila nanti usaha ini dipegang oleh orang lain atau generasi yang akan datang. Berbagai data yang dibutuhkan akan lebih mudah diakses.

5. Data untuk membayar pajak

Selain pemodal, pihak ketiga yang juga mungkin membutuhkan data keuangan bisnis Anda adalah pemerintah. Laporan keuangan ini, nantinya dapat Anda gunakan sebagai patokan untuk menentukan pajak yang diberikan oleh usaha kepada pemerintah. Dengan adanya data keuangan, tidak perlu lagi melakukan kesalahan penghitungan data. Anda dapat melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan.

Cukup banyak yang dapat Anda lakukan jika memiliki laporan keuangan usaha, bukan? Kini, hindari menyepelekan membuat laporan yang satu ini, ya! Jika ingin lebih praktis, Anda dapat mendapatkan berbagai jenis laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Pawoon. Segala jenis transaksi, kini dapat dicatat dengan lebih rapi dan Anda pun tidak lagi perlu melakukan semuanya secara manual. Mudah itu Pawoon!

WhatsApp chat