5 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Anda - Pawoon

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Anda

Membuat toko Anda kebanjiran pengunjung bukanlah hal mudah untuk dilakukan, terutama jika usia toko Anda masih relatif baru sehingga belum terlalu banyak orang yang mengetahuinya. Anda pun dituntut memutar otak agar ada banyak pengunjung di toko Anda. Semakin banyak pengunjung, tentunya kesempatan untuk menghasilkan penjualan tentu akan lebih besar, bukan?

Kabar baiknya, meskipun cukup menantang untuk dilakukan, meningkatkan pengunjung di toko tidaklah mustahil. Bahkan sebetulnya ada banyak cara yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Identifikasi Pelanggan Ideal Anda

Jika toko Anda masih belum lama berdiri, Anda lah yang harus aktif mencari pengunjung untuk toko Anda. Hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila Anda mengetahui tipe pelanggan seperti apa yang Anda cari. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk mengidentifikasi dan menentukan pelanggan ideal Anda. Tanpa kriteria pelanggan ideal, Anda akan susah untuk memulainya. Dengan kata lain, Anda diminta untuk menentukan target pelanggan.

Jika sudah memiliki target pelanggan, pikirkan apa saja hal-hal yang dapat membuat orang-orang tersebut merasa senang, sedih, takut, dan lain sebagainya. Lalu, pikirkan lagi bagaimana Anda bisa membuat hidup mereka menjadi lebih mudah dijalani. Dalam menentukan pelanggan ideal, usahakan untuk menghindari target yang bersifat terlalu umum, misalnya seperti “ibu-ibu” atau “kaum millennial”. Semakin spesifik target pelanggan, Anda bisa lebih mudah mengambil langkah awal untuk aktif mencari pengunjung toko.

Buat Karyawan Toko Terlihat Sibuk

Saat melewati sebuah toko atau restoran yang terlihat ramai pengunjung, kemungkinan Anda akan tertarik untuk ikut masuk karena merasa penasaran. Hal ini bisa Anda terapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di toko sendiri. Tidak, Anda bukan diminta untuk menggunakan pengunjung bayaran. Namun, Anda bisa memanfaatkan para karyawan yang bekerja di toko Anda, terutama jika toko Anda memiliki jendela besar yang memungkinkan orang untuk melihat kondisi toko dari depan.

Coba posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Anda pasti akan enggan mendatangi toko yang para karyawannya terlihat bosan atau malas-malasan, bukan? Oleh sebab itu, jangan biarkan para karyawan Anda seperti itu. Jika memang tidak ada hal penting yang harus dikerjakan, setidaknya pastikan karyawan Anda tidak terlihat ogah-ogahan. Bahkan mungkin Anda bisa meminta mereka untuk stand by di depan toko untuk menarik perhatian pengunjung.

Mengadakan Event Promosi

Untuk meluncurkan toko yang baru Anda dirikan, salah satu cara terbaik yang bisa Anda coba adalah dengan menggelar event promosi. Selama event, pasang diskon untuk seluruh produk sebagai harga promo. Sediakan snack, permen, kopi, dan teh yang bisa dinikmati gratis oleh pengunjung. Berbagai penawaran tersebut pasti akan menarik perhatian pengunjung untuk datang ke toko Anda.

Namun, jangan berhenti sampai di situ. Karena akan ada banyak orang yang hadir, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meminta alamat email dari setiap pengunjung. Jadi, nantinya Anda bisa melakukan engagement dengan para pengunjung. Melalui email pula, Anda juga bisa mengingatkan pengunjung untuk kembali datang ke toko Anda.

Manfaatkan Media Sosial Secara Bijak

Marketing adalah tentang menjalin hubungan dengan orang-orang yang akan menjadi pelanggan Anda. Nah, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah platform yang tepat untuk melakukannya. Mulailah dengan membuat Facebook Page untuk bisnis Anda. Pastikan Facebook Page tersebut memiliki berbagai informasi akurat tentang lokasi dan jam operasional toko Anda. Jangan lupa untuk memasang foto profil dan foto cover untuk menunjukkan brand bisnis Anda.

Jika Anda menjual produk seperti pakaian, sepatu, atau perhiasan, membuat akun Instagram juga merupakan langkah bagus. Ambil foto produk Anda dan post menggunakan tone warna yang mencerminkan bisnis Anda. Sedangkan, Twitter lebih cocok digunakan untuk menjalin percakapan dengan para pelanggan, seperti menjawab pertanyaan atau merespon feedback. Apa pun akun media sosial yang Anda buat, pastikan Anda selalu konsisten update dan aktif mengelolanya.

Beri Reward kepada Pelanggan Loyal

Toko Anda memang terus membutuhkan pelanggan baru. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan para pelanggan lama. Jika berhasil melayani mereka dengan baik dan sesuai kebutuhan, mereka pasti akan terus melakukan pembelian ulang. Merasa puas, mereka pun merekomendasikan toko Anda ke orang lain sehingga Anda pun kebanjiran pengunjung baru.

Untuk itu, Anda bisa memberi reward kepada para pelanggan loyal. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah membuat email list berisi para pelanggan loyal tersebut, lalu kirimkan email dengan pesan yang dipersonalisasi. Anda juga bisa membuat post tentang “customer spotlight” di Facebook Page untuk menghargai para pelanggan terbaik toko Anda.

 

Untuk meningkatkan pengunjung toko, Anda dituntut untuk berani mencoba. Jika memiliki ide yang Anda rasa lebih bagus dari kelima hal di atas, jangan ragu untuk menerapkannya. Jadi, kira-kira strategi mana yang akan Anda lakukan terlebih dulu?