5 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Penjualan Bisnis Anda

5 Cara Menarik Ini Mampu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dan Penjualan Bisnis Anda

Apakah Anda berencana memberikan sesuatu yang baru di dalam toko untuk menarik pelanggan?

 

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pelanggan, maka Anda mungkin ingin menawarkan sesuatu yang menarik bagi mereka.

Mengapa? Karena persaingan di industri ritel semakin ketat dari sebelumnya, seperti munculnya situs e-commerce dan disertai diskon bebas biaya kirim saat mereka melakukan promosi.

Agar tetap kompetitif, Anda harus memberikan hal baru pelanggan tertarik dan kembali datang ke gerai Anda. Mencari cara bagaimana melakukan hal tersebut? Berikut adalah 5 tips dan contoh untuk Anda mulai.

 

1. Pastikan toko fisik dan toko digital Anda bekerja dengan baik

Jika Anda memiliki toko online – sebaiknya Anda memilikinya – pastikan situs e-commerce Anda sesuai dengan toko fisik Anda. Perlu diingat, konsumen modern menggunakan banyak sarana dan perangkat sebelum mereka berbelanja. Selain mengunjungi toko, mereka menggunakan handphone atau komputer untuk meneliti dan membeli produk.

Alasan inilah mengapa penting bagi Anda untuk tidak hanya memiliki toko baik fisik maupun online, tetapi pastikan setiap sarana penjualan Anda dapat diakses oleh pelanggan untuk berbelanja. Bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan membiarkan pembeli mencari produk dan berbelanja pada toko online Anda di lokasi fisik Anda.

Hal ini bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis, terutama jika Anda memiliki beberapa toko atau gudang yang terpisah dan tidak menyediakan semua stok produk di satu tempat.

Memberikan pengalaman belanja online di toko fisik memungkinkan pelanggan untuk melihat produk atau varian yang mungkin tidak tersedia di tempat. Jika pelanggan melihat sesuatu yang mereka sukai, Anda bisa mengirimkan barang tersebut ke rumah mereka.

 

2. Tingkatkan pengalaman pelanggan di meja kasir Anda

Antrean panjang di meja kasir toko Anda bisa mengakibatkan pelanggan meninggalkan pembelian mereka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, pelanggan akan meninggalkan toko tanpa melakukan pembelian setelah 8 menit mengantre sementara penelitian di Inggris menunjukan rata-rata pelanggan akan menunggu selama 6 menit.

Jangan biarkan antrean panjang menurunkan penjualan bisnis Anda dan atasi masalah ini dengan segera. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Sediakan layanan kasir

Apakah antrean pada toko Anda memperlambat pelayanan dan kinerja toko Anda? Untuk meningkatkan hal ini, cobalah memiliki lebih dari 1 pelayanan kasir dalam toko Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang dapat Anda operasikan menggunakan handphone atau tablet sehingga lebih praktis dan mudah. Penggunaan aplikasi kasir online (point of sale online) juga membantu Anda memproses pembelian lebih cepat dibandingkan dengan mesin kasir tradisional.

Beberapa aplikasi kasir juga menyediakan aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda meningkatkan pelayanan dan mengurangi antrean, seperti aplikasi untuk menerima pesanan pelanggan sehingga mereka tidak perlu antre di kasir.

Pertimbangkan layanan pembayaran melalui aplikasi

Perkembangan teknologi yang semakin maju, memberikan cara yang lebih inovatif untuk meningkatkan pelayanan toko Anda.

Pemilik toko kini semakin didukung dengan sistem pembayaran yang semakin canggih dan tentu saja mengurangi waktu pelanggan mengantre di kasir. Mulai dari pembayaran dengan kartu, uang elektronik hingga aplikasi pembayaran seperti scan barcode dan lainnya.

Jika Anda menyediakan beberapa metode pembayaran untuk pelanggan – tidak hanya kartu debit dan kartu kredit saja melainkan TCash, e-money dan lainnya – maka akan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran dan mengurangi antrean kasir.

 

3. Lakukan “Retailtainment

Tren bisnis saat ini menuntut pebisnis memberikan hal yang berbeda untuk menarik pelanggan datang ke toko mereka. Tidak cukup hanya produk saja, tetapi juga perpaduan antara retail dan entertainment (penjualan dan hiburan)

Inilah yang disebut dengan retailtainment, usaha yang dilakukan sebuah bisnis untuk memberikan pengalaman unik dan menyenangkan kepada pelanggan yang akan meningkatkan penjualan mereka.

Apa jenis retailtainment yang akan Anda tawarkan? Tergantung dari jenis bisnis dan pelanggan Anda. Beberapa jenis bisnis bisa mendatangkan selebriti ahli sesuai bidang bisnis seperti mengundang chef terkenal ke restoran Anda, sehingga mendapat liputan media lokal.

Retailtainment juga berarti memberi orang sesuatu yang jarang dilihat orang seperti memberikan ‘Sale’ dan mengganti manekin dengan orang sungguhan sebagai model pakaian Anda. Daya tarik inilah yang dapat mendatangkan pengunjung karena Anda memberikan sesuatu yang berbeda di toko Anda.

 

4. Menjadi bagian dari komunitas tertentu

Carilah cara yang akan membawa banyak orang datang ke toko Anda, salah satunya dengan mengundang pelanggan dan anggota komunitas. Anda dapat mengadakan acara di mana mereka bisa mempelajari hal-hal baru serta berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama.

Hal ini juga dilakukan oleh Scamblr Cafe by Kanawa, perpaduan cafe dan galeri motor ini tidak hanya sebagai tempat menikmati kopi tetapi juga tempat yang nyaman untuk kumpul para pecinta motor khususnya Ducati.

Scamblr Cafe by Kanawa juga mengadakan acara baik nonton bersama dan berbagai acara khusus untuk pecinta motor. Membangun sebuah komunitas bukan hanya mengadakan acara, melainkan memupuk hubungan yang erat dengan pelanggan dan selalu menjaga komunikasi dengan mereka.

Caranya dengan memiliki informasi pelanggan yang membeli produk atau hadir di acara yang diadakan toko Anda – data ini bisa Anda simpan di sistem kasir online Anda. Sehingga Anda bisa menghubungi mereka untuk memberikan informasi hal-hal baru, undangan acara selanjutnya dan informasi lain. Tujuannya agar mereka kembali datang ke toko Anda.

 

5. Buat pengalaman pelanggan yang mengesankan

Apakah Anda ingin menarik pembeli dan membuat kesan jangka panjang? Buatlah pengalaman yang mengesankan pelanggan saat mengunjungi toko Anda.

Ada berbagai cara untuk memberikan kesan bagi pelanggan, seperti yang dilakukan oleh IKEA yang membuat pelanggan merasakan seakan mereka sedang berada ruangan sebuah rumah ketika mereka berada di IKEA.

Pelanggan merasakan sendiri bagaimana rumah mereka akan terasa indah dan nyaman seperti ruangan yang mereka rasakan di IKEA. Pengalaman ini memberikan kesan yang mendalam dan akan diingat oleh pelanggan.

Sesuaikan jenis bisnis Anda dengan pengalaman yang akan Anda berikan untuk pelanggan Anda, baik memberikan desain toko yang bagus untuk foto Instagram atau memberikan pengalaman kepada pelanggan menggunakan Virtual Reality (VR) di dalam toko Anda dan banyak ide lainnya.

 

Apa cara yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam toko Anda?

Awali dengan melakukan penelitian, tanyakan pada pegawai Anda atau bahkan pelanggan Anda – Apakah yang membuat pelanggan datang ke toko Anda? Apakah toko Anda perlu mengadakan acara untuk komunitas tertentu?

Anda bisa menentukan cara yang tepat jika Anda mengenal pelanggan Anda dan mau mencoba hal-hal baru.

 

WhatsApp chat