4 Tips Jitu Memaksimalkan Pelayanan di Toko Online - Pawoon

Perubahan perilaku beli atau buying behaviour di era teknologi modern membuat banyak usaha kini mulai beralih ke toko online. Selain alur transaksi yang lebih cepat, toko online juga bisa memudahkan pemilik usaha untuk memperluas jangkauan bisnisnya. Namun tentunya, mengembangkan bisnis online bukan berarti mudah dan minim tantangan. Kira-kira, apa saja ya, kesulitannya? 

 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Toko Online

 

belanja online

 

Sama halnya dengan toko offline, pengelolaan toko online juga harus dipersiapkan dengan matang. Bukan hanya kualitas produk, kualitas pelayanan kepada pelanggan juga harus dijadikan prioritas utama. Terlebih di era digital saat informasi bisa sangat cepat terpublikasi, pelanggan yang tidak puas bisa saja membagikan pengalamannya di media sosial yang tentunya berdampak pada kelancaran bisnis. 

Untuk mencegah hal tersebut, pemilik usaha harus selalu memastikan bahwa kepuasan pelanggan jadi nomor satu. Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan di toko online? Ini dia ulasannya. 

 

Pahami Produk

 

Salah satu kekurangan dari belanja di toko online adalah pelanggan tidak bisa melihat atau merasakan langsung produk/jasa yang dijual. Oleh karena itu, banyak calon pelanggan yang mengajukan beberapa pertanyaan pada penjual, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk/jasa tersebut. 

Hal ini tentunya menuntut karyawan atau pemilik usaha memahami produk/saja yang dijual secara menyeluruh. Selain agar dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, pemahaman produk yang optimal juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu saat menawarkan produk/jasa ke pelanggan. 

 

Pelajari Alur Belanja Online

 

Untuk dapat memberikan pelayanan terbaik, karyawan atau pemilik usaha juga perlu memahami alur belanja atau user journey yang dilalui saat belanja di toko online tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa memahami sudut pandang pelanggan, yang akan memudahkan kamu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Pastikan juga untuk mempelajari berbagai jenis kanal yang digunakan untuk jualan online, karena setiap kanal memiliki alur yang berbeda-beda juga. Dalam skenario terbaik, pemahaman tentang kanal toko online ini juga bisa membantu kamu menjangkau dan mendapatkan pelanggan baru yang potensial.

 

bisnis online

 

 

Maksimalkan Pengiriman

 

Satu elemen yang juga penting adalah memaksimalkan alur pengiriman produk hingga sampai ke tangan pelanggan. Selain kualitas produk dan pelayanan saat belanja, proses pengiriman yang aman dan cepat juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan saat berbelanja di toko online yang kamu punya. Oleh karena itu, kamu harus menjadikannya prioritas utama setelah kualitas produk/ jasa yang dijual. 

Kamu juga bisa memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan memberikan berbagai opsi pengiriman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih nyaman berbelanja di toko online milikmu yang dianggap lebih lengkap dan tentunya terpercaya. 

 

Pastikan Jumlah Stok 

 

Pelanggan mana sih, yang suka jika pembeliannya batal karena stok yang tiba-tiba habis? Tentunya tidak ada. Inilah mengapa, akurasi stok di toko online sangat diperlukan. Dalam skala bisnis yang besar, pemilik usaha harus pandai beradaptasi dengan budaya belanja online yang serba cepat, sehingga pencatatan stok manual sudah kurang efektif untuk dilakukan. 

Pengelolaan stok dengan bantuan aplikasi kasir online akan lebih memudahkan kamu menjamin ketersediaan stok di toko online. Dengan menu manajemen inventori yang lengkap kamu bisa memastikan ketersediaan stok produk di toko online tanpa perlu bolak-balik ke gudang. 

 

pengiriman online

 

Nikmati kemudahan pengelolaan stok di toko online dan offline dengan Pawoon POS. dengan ekosistem terbaik dari Pawoon, kamu bisa mengelola stok dan penjualan di toko online maupun offline, hanya dengan satu alur saja. Selain memastikan pelayanan maksimal, kamu juga bisa lebih lancar mengembangkan bisnis omnichannel ke tahap berikutnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langganan Pawoon sekarang dan nikmati kemudahan pengelolaan bisnis modern yang maksimal dan menguntungkan! 

 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat