3 Tips Lancarkan Pengiriman, Amankan Penjualan Bisnis Online di Akhir Tahun! - Pawoon

 

Pemilik bisnis online tentu tahu, pengiriman tepat waktu adalah hal yang diperhatikan, khususnya di momen akhir tahun. Banyaknya diskon dan penawaran menarik di penghujung tahun membuat banyak orang lebih memilih belanja online. Hal ini kemudian berimbas pada keterlambatan pengiriman oleh jasa ekspedisi yang ramai order.

Selain berdampak pada pengiriman produk, keterlambatan pengiriman juga bisa berpengaruh pada alur produksi, khususnya untuk bisnis online yang memesan bahan baku atau produk dari supplier, sehingga membutuhkan waktu untuk sampai dan dapat diproduksi. Jangan khawatir! Yuk pelajari beberapa tips di bawah ini agar pengiriman lancar dan penjualan tetap maksimal di penghujung tahun. 

 

pengiriman

 

1. Belanja Bahan Baku Lebih Awal

 

Untuk bisa mengamankan proses produksi dan penjualan bisnis di akhir tahun, nggak ada salahnya mencuri start dengan berbelanja bahan baku lebih awal. Agar tidak membuang stok bahan baku atau produk, kamu bisa menyesuaikan jumlah bahan baku yang dibeli dengan kemungkinan jumlah pesanan yang akan masuk. 

Untuk mendapatkan data yang optimal, kamu membutuhkan data laporan penjualan bisnis online yang lengkap dan terperinci. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jumlah produk yang kemungkinan akan dibutuhkan selama produksi di akhir tahun. Selain bahan baku, perhatikan juga jumlah produk pendukung lain yang dibutuhkan oleh bisnis online seperti kemasan produk atau ornamen lain yang digunakan untuk memaksimalkan tampilan produk. 

 

2. Bijak Pilih Vendor Jasa Pengiriman

 

Sebagai salah satu unsur penting dalam kelancaran bisnis online, memilih vendor jasa pengiriman tentunya tidak boleh sembarangan. Selain kualitas dan keamanan pengiriman barang, carilah vendor yang mengerti dan sudah terbiasa melakukan pengiriman di high season seperti di hari-hari besar dan momen akhir tahun. Dengan begitu, vendor dan kamu sama-sama mengetahui kemungkinan terburuk yang terjadi, dan bisa saling menyiapkan antisipasinya. 

Di era digital ini, pemilik bisnis online semakin dimudahkan dengan adanya digitalisasi logistik. Proses ini tentunya dapat memangkas proses logistik yang manual dan membuat alur produksi dan pengiriman jadi lebih efisien. Selain perihal waktu, pemilik bisnis online juga bisa menghemat biaya yang bisa saja muncul dari beberapa kemungkinan terburuk seperti keterlambatan pengiriman, barang hilang atau rusak yang sulit dilacak, dan banyak kerugian lainnya. 

Sebagai salah satu aplikasi kasir yang memiliki misi untuk dapat memudahkan proses bisnis, Pawoon POS mengadakan sesi #KelasPawoon Webinar Vol. 20 dengan  mengajak Lodi, sebuah platform fulfillment digital membahas lebih jauh mengenai Digitalisasi Logistik dan manfaatnya dalam mengoptimalkan penjualan online. Ingin tahu informasi lengkapnya? Yuk, simak video lengkapnya berikut ini: 

 

 

 

3. Komunikasikan Kemungkinan Keterlambatan pada Pembeli

 

Setelah melakukan beberapa hal pencegahan, pemilik bisnis online tetap harus mempersiapkan kemungkinan terburuk yang terjadi, yakni keterlambatan pengiriman. Dengan begitu, kamu bisa lebih dulu menentukan cara dan strategi pendekatan kepada pelanggan, agar tidak terlalu kecewa saat kemungkinan tersebut terjadi. 

Kamu bisa juga menyiapkan beberapa kompensasi untuk pelanggan yang mengajukan komplain, agar tidak beranjak pergi dan tetap setia. Ini mengapa kamu membutuhkan sistem manajemen pelanggan yang mudah dan lengkap, yang memungkinkan kamu mengumpulkan data pelanggan untuk melakukan komunikasi yang lebih langsung. 

 

 

Udah nggak zaman banget input data manual di buku tamu! Kamu bisa gunakan aplikasi kasir seperti Pawoon POS yang punya sistem pendataan pelanggan yang lengkap dan mudah digunakan. Selain mengetahui biodata, kamu juga bisa tahu menu favorit dan seberapa sering pelanggan mampir ke toko. Kamu juga bisa menggunakan fitur promo membership yang bisa disesuaikan dengan tipe dan loyalitas pelanggan yang kamu punya. 

Lengkap banget, kan? Masih penasaran sama fitur menarik lainnya? Langsung langganan Pawoon POS sekarang juga dan nikmati akses penuh fitur terbaik dan terlengkap selama 14 hari secara gratis

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat