Waspada Pencurian! Yuk, Ketahui 5 Tips Bikin Toko Lebih Aman - Pawoon

Pemilik bisnis yang bijak tentu harus siap dengan segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Hal ini mencakup hal-hal yang berada di luar prediksi, seperti salah satunya tindak pencurian di toko. Bagaimanapun skenarionya, produk hilang karena dicuri adalah pengalaman buruk yang perlu diantisipasi agar tidak terjadi. Bagaimana caranya?

 

5 Tips Jitu Menjaga Keamanan Toko 

 

toko aman

 

Risiko pencurian mungkin tidak bisa dihindari oleh pemilik toko offline. Namun bukan berarti hal ini dibiarkan saja tanpa adanya antisipasi. Agar toko kamu lebih aman dan nyaman untuk semua, yuk ketahui beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan toko dari risiko yang kurang mengenakkan. Ulasannya di bawah ini! 

 

Perhatikan Posisi Display Produk

 

Posisi dan penempatan produk sangat berpengaruh dalam menjaga keamanan produk dari aksi pencurian. Hindari penempatan produk di area pojok yang sulit terpantau oleh karyawan atau penjaga toko. Selain itu, kamu juga bisa memisahkan produk dengan nilai yang lebih mahal, dan menempatkannya di dekat area kasir agar lebih mudah terjangkau dan terpantau oleh karyawan yang bertugas. 

Pemilik usaha retail seperti pernak-pernik atau perhiasan yang berbentuk kecil sepertinya lebih berhati-hati dalam mengatur posisi penempatan produk yang dijual. Kamu bisa menggunakan lemari khusus dengan pengamanan yang lebih, untuk memastikan keamanan produk. 

 

Berdayakan Karyawan 

 

Sebagai orang yang bertugas dan selalu ada di toko, karyawan adalah garda pengaman pertama yang bisa kamu siapkan untuk mencegah pencurian. Oleh sebab itu, mulai berikan pelatihan pada karyawan untuk memantau dan mencegah aksi pencurian di toko offline

Kemungkinan buruk lainnya yang harus diwaspadai adalah aksi pencurian yang dilakukan oleh karyawan yang tidak jujur. Untuk mencegah hal ini, pastikan kamu merekrut karyawan yang jujur dan bertanggung jawab dengan pekerjaannya. 

 

Buat Peraturan Tegas

 

Memberlakukan peraturan yang tegas terhadap aksi pencurian juga perlu dilakukan. Selain membuat toko lebih aman, peraturan ini juga bisa memberikan efek jera pada sang pencuri agar tidak mengulangi aksinya lagi. 

Pemberlakuan peraturan tegas ini juga bisa diaplikasikan pada tim internal, yakni karyawan yang bertugas di toko. Kamu bisa memberikan sanksi dan hukuman sesuai dengan kesalahan yang dilakukan, untuk memastikan kesalahan yang sama tidak terjadi. 

 

kontrol stok

 

Kontrol Stok Secara Berkala

 

Melakukan kontrol stok secara berkala sangat diperlukan. Selain untuk mengetahui kondisi aktual dari produk yang ada di toko atau gudang, kamu juga akan lebih mengetahui berapa jumlah stok yang ada. Jika ada selisih yang mencurigakan, kamu bisa langsung melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab produk tersebut hilang atau selisih dari data yang ada. 

Pendataan stok secara manual tentu sangat melelahkan. Makanya kamu butuh bantuan dari aplikasi kasir terbaik yang memiliki fitur inventori lengkap. Selain bisa mengontrol alur stok, kamu juga bisa melakukan penyesuaian stok apabila terjadi selisih antara data di sistem dan data aktual yang ada di toko. Proses pemantauan stok di toko jadi lebih mudah dan lebih aman. 

 

Gunakan Alat Keamanan Pendukung

 

Penggunaan teknologi dan alat keamanan pendukung bisa jadi solusi tepat untuk mengontrol aktivitas di toko dan membuat toko lebih aman. Namun jika berkendala dari sisi budget, kamu bisa memanfaatkan alat pendukung lain seperti memasang cermin di beberapa sisi yang ada di toko. 

Selain menggunakan cermin, bisnis dengan skala dan toko yang lebih besar dan luas mungkin membutuhkan alat pengamanan yang lebih advance seperti penggunaan kamera cctv dan jasa pengamanan khusus oleh security. Selain dapat mengekspos wajah pelaku, kamu juga bisa lebih tahu daerah dan produk mana yang rawan dan perlu dilindungi lebih. 

 

keamanan toko

 

Tugas utama pemilik toko offline tentunya adalah membuat toko aman dan nyaman untuk dikunjungi. Oleh karena itu, perlindungan ekstra juga diperlukan agar kamu terhindar dari risiko terburuk yang bisa datang dari mana saja, termasuk dari karyawan sendiri. 

Dengan aplikasi kasir terlengkap seperti Pawoon POS, kamu akan lebih mudah memantau aktivitas karyawan di toko. Dengan fitur absensi berteknologi face recognition, kamu juga bisa lebih memastikan keamanan dan kinerja karyawan yang bertugas, tanpa harus standby seharian di toko. 

Penasaran dengan fitur lengkapnya? Yuk langganan Pawoon Pro sekarang juga, dan rasakan kemudahan pengelolaan bisnis di level berikutnya. 

 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat