5 Cara Termudah Mengelola Bisnis Retail Untuk Pengusaha Baru

5 Cara Termudah Mengelola Bisnis Retail Untuk Pengusaha Baru

Tidak dipungkiri bisnis retaill adalah bisnis yang menjadi salah satu pilihan favorit di Indonesia. Banyak para pengusaha berfikir bahwa bisnis retail merupakan bisnis yang mudah dan sedikit tingkat kerugiannya. Tapi tidak disangka banyak juga pebisnis retail yang mengalami kerugian dalam bisnisnya.

Perlu Anda ketahui salah satu poin penting dalam membangun bisnis retail adalah cara mengelola stok barang. Memang untuk bisnis retail yang baru berjalan merasa tidak kesusahan dalam mengelola stok barang. Anda pasti berfikiran untuk melakukan pengelolaan yang dilakukan secara manual. Tetapi tahukan Anda? Ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan cukup banyak, Anda harus mengerti bagaimana cara mengelola stok barang dengan baik.

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda dapat mengelola stok barang dengan baik, salah satunya yaitu Anda dapat mengetahui barang – barang mana yang banyak peminatnya dan stok barang mana yang akan habis. Sehingga memberikan Anda informasi kapan Anda harus memesan bahan baku atau barang yang akan Anda jual.

 

 

Berikut tips – tips yang akan diberikan untuk mengelola bisnis retail Anda agar berjalan baik :

 

1. Berikan kode khusus untuk barang – barang

Mungkin ketika Anda baru memulai bisnis retail Anda berfikir bahwa tidak perlu memberikan kode – kode pada barang yang akan Anda jual. Tetapi berjalannya waktu usaha retail Anda pasti akan memiliki variasi yang banyak, ketika inilah Anda akan kode barang sangat diperlukan.

Kode barang ini pun dapat memudahkan Anda dalam melakukan peletakan pada gudang. Misalnya kode barang AA-1 di letakan di baris pertama dan seterusnya. Keunggulan pemberian kode barang ini juga akan memudahkan Anda untuk memberikan kecepatan dan ketepatan pada saat terjadi banyak pesanan.

2. Letakan barang yang dijual di dalam gudang tersendiri

Gudang adalah salah satu element penting dalam bisnis retail, seperti dijelaskan di poin pertama gudang akan sangat membantu Anda dalam mengorganisir penyusunan stok barang. Ketika adanya pemesanan Anda tidak perlu khawatir dan berlama – lama dalam pencarian barang.

3. Pencatatan transaksi penjualan

Tips selanjutnya yaitu pencatatan transaksi penjualan, ketika bisnis retail Anda sudah berkembang pencatatan transaksi penjualan adalah hal yang paling penting. Anda pasti tidak menginginkan jumlah uang yang didapatkan dari penjualan tidak sesuai dengan stok barang yang ada.

Dengan pencatatan transaksi ini ada dapat menganalisa apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. Tetapi apakah Anda memiliki banyak waktu dan banyak source untuk melakukan pencatatan transaksi secara manual?  Di era teknologi seperti sekarang banyak di ciptakan aplikasi – aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pencatatan transaksi penjualan dan memberikan pelaporan yang lengkap seperti Pawoon aplikasi kasir online.

4. Pengecekan barang masuk

Setelah selalu melakukan pencatatan transaksi penjualan, melakukan pengecekan barang masuk juga tidak kalah penting untuk Anda pelaku bisnis retail. Cara ini membantu mencegah adanya kerancuan pada stok barang Anda, misalnya Anda tidak mengetahui barang – barang sisa Anda kemudian Anda melakukan stok barang masuk kembali, Anda tidak akan mengetahui barang mana yang harus Anda keluarkan terlebih dahulu.

Selain itu pengecekan barang masuk juga berguna untuk mencegah adanya kerusakan barang ketika Anda membeli barang tersebut sehingga Anda tidak mengalami kerugian dalam pemberian barang.

Dalam melakukan pencatatan barang yang masuk Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang terhubung dengan mesin kasir seperti Pawoon. Pencatatan barang masuk akan langsung tersinkron dengan transaksi penjualan, semuanya terhubung dan dapat Anda pantau dimana saja kapan saja secara online.

5. Selalu melakukan Stok Opname

Stok opname adalah proses yang dilakukan secara berkala untuk menghitung jumlah fisik barang dan persediaan yang dimiliki oleh bisnis retail. Hasil dari penghitungan akan dibandingkan dengan jumlah pencatatan persediaan yang tersedia. Di aplikasi kasir online Pawoon juga terdapat fitur stok opname, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan stok opname. Coba Sekarang

Berikut tips yang dapat membantu Anda dalam menjalakan bisnis retail, tips berikut dapat Anda gabungkan dengan cara yang biasa Anda lakukan sehingga dapat menyempurnakan manajemen bisnis Anda.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

WhatsApp chat