Kamu Perlu Tahu! Ini Tips Sukses Memulai Bisnis Pertama - Pawoon

Ini saatnya keinginanmu punya bisnis sendiri nggak cuma sekadar mimpi. Memulai bisnis bagi kamu yang masih pemula tentu bukan perkara mudah, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Jangan asal maju, ya! Ikuti beberapa tips berikut ini agar bisnis kreatif milikmu tidak gagal di tengah jalan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini. 

Mulai dengan Ide Sederhana

 

menemukan ide untuk memulai bisnis pertama

Punya segudang ide bisnis kreatif besar yang siap untuk dijalankan? Hati-hati, karena itu bisa jadi jebakan. Mulai bisnis pertama kamu dari ide yang mudah dan sederhana, untuk menghindari efek berkelanjutan yang belum bisa diprediksi. Lihat dari berbagai sudut pandang dan lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui target pasar yang kamu incar. 

 

Rencanakan Keuangan

 

perencanaan keuangan sebelum memulai bisnis

Setelah menemukan ide bisnis kreatif dan target pasar, ini saatnya kamu mulai menghitung biaya yang akan dibutuhkan. Lakukan perhitungan mendetil mulai dari modal untuk produk/jasa yang dijual, biaya sewa toko, aplikasi kasir yang digunakan di toko, biaya pemasaran dan promosi, dan biaya perizinan dan legalitas usaha yang bisa mengamankan bisnis kecil yang sedang kamu kembangkan. 

 

Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk

 

perencanaan memulai bisnis

Selain melakukan perencanaan di bidang finansial, kamu juga perlu menyiapkan perencanaan strategi cadangan atau “Plan B”. Langkah ini bisa menjadi antisipasi terhadap tantangan yang bisa saja terjadi di tengah perjalanan bisnis. Menyiapkan diri akan kemungkinan terburuk juga bisa memudahkan kamu mengambil sikap saat rencana tidak berjalan sesuai dengan keinginan. 

 

Mulai Langkah Nyata

 

memulai bisnis

Jangan lama-lama memutar otak dan bikin rencana! Ini saatnya kamu #MulaiLangkahNyata dan mewujudkan mimpi punya bisnis sendiri. Apapun tantangan yang ada di depan, jangan ragu untuk memulai dan mengembangkan bisnis kreatif yang kamu punya. Kamu juga bisa mengembangkan bisnis kreatif bersama sahabat, keluarga, maupun pasangan, yang akan semakin membuat perjalanan bisnis lebih berkesan. Tapi harus diingat, memilih partner bisnis juga nggak boleh sembarangan, agar bisnis kerenmu tidak kandas di tengah jalan. 

 

memulai bisnis pertama

Pawoon siap menemanimu #MulaiLangkahNyata dan mewujudkan mimpi kamu memulai bisnis. Selain aplikasi kasir online yang siap memudahkan proses transaksi di toko, Pawoon memiliki berbagai fitur mudah penyajian dan pengolahan data yang optimal untuk perencanaan strategi bisnis yang lebih detil dan terperinci. Jangan ragu lagi! #MulaiLangkahNyata mu dan bangun bisnis pertama dari sekarang!

facebook linkedin twitter link
Kembali