Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen - Pawoon

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Konsumen adalah raja, itulah peribahasa yang sering didengar dalam aktivitas penjualan. Sebagai pebisnis yang baik, Anda dituntut untuk mampu memahami karakteristik setiap konsumen. Hal ini berpengaruh pada keuntungan yang Anda peroleh dari penjualan. Jadi, seberapa pentingnya mengetahui perilaku konsumen dalam berbisnis?

Pentingnya Mengetahui Perilaku Konsumen untuk Sebuah Bisnis

Konsumen memiliki karakteristik dan perilaku yang beragam. Anda sebagai pebisnis wajib mengetahui hal tersebut. Dengan mengetahui perilaku konsumen, Anda akan mampu memberikan tanggapan yang baik dan tepat. Hal ini dikarenakan perbedaan perilaku konsumen juga harus ditangani dengan cara yang berbeda.

Misalnya saja jika Anda adalah seorang pebisnis yang mendatangi konsumen secara personal, Anda harus mengetahui siapa mereka, mulai dari jenis kelamin, status sosial, hingga pekerjaan mereka. Oleh sebab itu, mengetahui dan memahami perilaku konsumen sangatlah penting untuk kemajuan bisnis Anda.

Proses Pembentukan Perilaku Konsumen

Selain memahami perilaku konsumen pada saat penjualan, Anda pun harus mengetahui bagaimana perilaku tersebut bisa terbentuk. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Faktor Psikologis

Masalah psikologis berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen pada sebuah produk. Misalnya, ketika konsumen lapar, maka ia akan terdorong untuk membeli produk makanan, meskipun sebelumnya konsumen tersebut tidak tertarik untuk membelinya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Faktor Persepsi

Faktor persepsi ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Awalnya, seorang konsumen akan mencari informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dibelinya. Kemudian, konsumen akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Sikap

Terdapat tiga komponen penting yang menentukan sikap konsumen, yaitu kognitif, afektif, dan perilaku. Kognitif merupakan komponen yang berkaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Afektif berkaitan dengan kondisi emosional konsumen. Sedangkan, perilaku berkaitan dengan  tindakan yang dilakukan oleh konsumen.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Pribadi

Faktor pribadi berkaitan dengan hal-hal yang ada di dalam diri seorang konsumen. Hal tersebut diantaranya usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Budaya

Budaya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumen. Dengan budaya atau kebiasaan yang dimilikinya, konsumen selalu membutuhkan jenis produk yang spesifik dan akan meluangkan waktunya untuk mencari produk tersebut.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Harga

Faktor harga merupakan hal utama yang selalu dipertimbangkan oleh konsumen. Harga juga akan mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli sebuah produk, terutama jika harganya murah dan bermanfaat untuk dirinya.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Produk

Hal-hal yang terdapat pada produk yang Anda jual tentunya akan berpengaruh pada perilaku konsumen untuk membeli produk tersebut. Desain, kualitas, dan kegunaan produk yang Anda jual harus mampu menarik perhatian konsumen.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen

Cara-Cara Dalam Memahami Perilaku Konsumen

Anda masih bingung bagaimana memahami perilaku konsumen? Tak perlu khawatir, ikuti cara-cara ini agar Anda mampu memahami perilaku setiap konsumen!

  • Pendekatan Interpretif

Pendekatan ini merupakan cara yang dilakukan untuk mengenal konsumen secara mendalam. Anda bisa melakukannya dengan cara observasi langsung dengan menggunakan teknik wawancara agar Anda mengetahui kebutuhan konsumen secara akurat.

  • Pendekatan Tradisional

Pendekatan ini berkaitan dengan teori-teori psikologi dan sosiologi. Hal ini bisa dilakukan dengan metode studi lapangan, seperti eksperimen atau survey untuk membandingkan teori dengan hasil penelitian yang dilakukan.

  • Pendekatan Sains

Berbeda dengan pendekatan tradisional, pendekatan ini berkaitan dengan teori-teori pada ilmu ekonomi dan statistika. Biasanya, pendekatan ini menggunakan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow kemudian diuji coba menggunakan ilmu matematika. Pendekatan sains digunakan untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Bagaimana Perilaku Konsumen Bisa Berdampak Positif Untuk Bisnis

Perilaku konsumen berpengaruh positif pada kegiatan bisnis yang Anda jalankan. Bagaimana tidak, setiap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh perilaku dan kebiasaannya. Semakin tinggi kebutuhan konsumen, maka semakin sering pula ia berbelanja. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan oleh Anda dalam berbisnis.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari dan memahami perilaku konsumen. Setelah Anda paham, maka Anda akan tahu hal-hal yang dibutuhkan oleh konsumen yang pada akhirnya bisa membantu bisnis Anda jadi lebih berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

WhatsApp chat