Penting! Ini 4 Langkah Jitu Kembangkan Bisnis Omnichannel - Pawoon

Kamu yang membuka artikel ini tentunya sudah lebih berpengalaman di dunia bisnis, dan siap melanjutkan langkah berikutnya, yakni omnichannel. Sebagai kelanjutan dari skala multichannel, bisnis dalam skala omnichannel  pasti memiliki lebih banyak tantangan, yang harus diantisipasi dengan banyak persiapan.

 

Bicara tentang bisnis dengan skala omnichannel bukan hanya soal kanal yang digunakan, tapi juga pengelolaan data yang centralized dan terkelola dengan baik. Oleh karena itu, sebelum mulai melangkah ke skala tersebut, yuk ketahui 4 langkah penting yang harus dilakukan agar bisnis tetap berjalan lancar. Keep scrolling! 

 

1. Kumpulkan Informasi dari Berbagai Kanal

 

informasi bisnis

 

Menggunakan skala omnichannel sudah terjamin dapat memperluas jangkauan bisnis yang kamu punya. Namun sebelumnya, kamu harus menentukan kanal apa saja yang ingin digunakan untuk berjualan. Nggak perlu bingung, karena ada banyak sekali kanal yang bisa digunakan seperti media sosial, email marketing, dan peluang usaha yang paling menjanjikan, yakni dari ecommerce

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing kanal yang digunakan. Informasi inilah yang nantinya akan memudahkan kamu mengelola masing-masing kanal, dan mengetahui kanal mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kamu kembangkan. Setelah mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan, kamu bisa mulai mengembangkan bisnis di kanal-kanal yang terpilih. 

 

2. Personalisasi Alur Transaksi

 

alur transaksi bisnis

 

Satu fakta tentang bisnis yang akan selalu sama adalah:  Perilaku pembeli akan selalu berubah. Untuk menyikapi hal ini, yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan alur transaksi dengan perilaku dan karakter pembeli tersebut. Memberikan banyak opsi dan melakukan kustomisasi bisa juga jadi langkah tepat untuk meningkatkan pengalaman belanja pembeli. 

Selain alur transaksi, kamu juga bisa melakukan beberapa personalisasi menggunakan informasi seperti tanggal lahir pelanggan dan riwayat pembelanjaan. Kamu juga bisa melakukan promosi atau program loyalty yang akan meningkatkan pelayanan dan angka penjualan di berbagai kanal yang dikelola.

 

3. Prioritaskan Kepuasan Pelanggan

 

kepuasan pelanggan

 

Skala bisnis omnichannel sesungguhnya semakin memungkinkan kamu memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan pelayanan kepada pembeli. Hal ini karena, semakin banyak kanal yang dimiliki, maka akan semakin banyak opsi untuk pembeli mendapatkan produk/jasa yang kamu punya. Namun hal ini bisa jadi tantangan yang cukup sulit, apalagi jika jumlah pengelola kanal tidak sesuai dengan jumlah kanal yang dimiliki. 

Tapi, memberikan pelayanan kepada pembeli bukanlah sebuah pilihan, namun kewajiban. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, untuk mengantisipasi kendala di masing-masing kanal jualan yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan fitur ulasan di ecommerce, atau fitur komen di media sosial untuk mendapatkan kritik dan saran langsung dari pembeli. 

 

4. Perluas Jangkauan Bisnis dengan Integrasi

 

integrasi bisnis

 

Bicara tentang perluasan jangkauan, bisnis dengan skala omnichannel pasti membutuhkan tools pendukung yang tepat dan bermanfaat untuk hasil yang optimal. Integrasi dengan aplikasi kasir online bisa jadi salah satu cara ampuh untuk memaksimalkan jangkauan bisnis. Strategi ini akan lebih ampuh untuk pemilik bisnis yang berjualan online dan memiliki toko offline. Fitur integrasi di aplikasi kasir online ini dapat memudahkan proses pendataan stok produk yang kamu jual di berbagai kanal. 

Untuk skala lebih maksimal lagi, aplikasi kasir online seperti Pawoon juga bisa membantu kamu menggabungkan seluruh data penjualan dan stok dari berbagai kanal, yang akan langsung mengupdate data secara realtime saat ada penjualan di salah satu kanal yang kamu kelola. Selain integrasi tersebut, kamu juga bisa memaksimalkan fitur terbaik aplikasi kasir lainnya seperti manajemen produk, stok, dan promo untuk kemudahan bisnis yang optimal. 

 

Mulai Mengambangkan Bisnis Omnichannel

 

Memperluas jangkauan bisnis ke tahap omnichannel bisa jadi langkah yang cerdas, namun menantang. Selain butuh komitmen lebih, kamu juga tetap perlu memaksimalkan seluruh detil di masing-masing kanal untuk memaksimalkan hasil yang didapatkan. 

Untuk pengelolaan bisnis dalam skala besar yang lebih mudah, Pawoon menghadirkan beberapa fitur unggulan yang bisa digunakan. Selain memudahkan proses transaksi di toko, kamu juga bisa memaksimalkan fitur lain seperti pengelolaan outlet, manajemen karyawan, dan ragam jenis laporan yang membantu memaksimalkan strategi dan perencanaan bisnis ke tahap selanjutnya. 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat