Membangun Tim Kerja yang Solid dan Efektif - Pawoon

Membangun Tim Kerja yang Solid dan Efektif

Dalam menjalankan suatu bisnis, salah satu hal yang paling penting diperhatikan adalah kerja sama tim yang baik. Ketika Anda merekrut karyawan untuk bekerja , pastikan karyawan tersebut memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama untuk membangun suatu usaha. Tingkat kesolidan karyawan yang tinggi juga mampu mempertahankan bisnis Anda untuk jangka waktu yang panjang, bahkan bisa terus berkembang mengikuti zaman.

Meskipun jenis usaha yang dijalankan merupakan usaha kecil atau besar, berjenis usaha franchise atau lainnya, tetapi Anda tetap dituntut untuk menjaga kerjasama tim. Misalnya saja dalam usaha franchise, Anda membutuhkan kerjasama yang baik dengan franchisor, franchiseelain, dan para karyawan terlibat. Kunci utama dalam kerjasama tim adalah adanya komunikasi yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun komunikasi yang baik antar karyawan dalam berbisnis.

  1. Setiap hal yang rumit, buatlah menjadi lebih sederhana. Maksudnya, setiap informasi yang disampaikan harus jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman dan konflik internal.
  2. Gunakan jalur diplomasi untuk menyelesaikan berbagai konflik. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam sebuah tim selalu saja ada konflik yang terjadi. Akan tetapi, konflik tersebut harus segera diselesaikan melalui jalur diplomasi, yaitu dengan pembicaraan yang baik dan pikiran terbuka. Hal ini untuk mencegah agar konflik tersebut tidak menjadi besar.
  3. Berbicara langsung pada pihak yang Anda tuju. Meskipun teknologi semakin berkembang terutama dalam hal komunikasi, tapi ada baiknya jika Anda membicarakan hal-hal penting secara langsung kepada orang yang Anda tuju agar tidak terjadi kesalahan dalam penafsiran kata.
  4. Hargai setiap perbedaan budaya di tempat kerja. Pada dasarnya, setiap manusia memang memiliki budaya dan karakter yang berbeda. Sehingga, setiap anggota tim harus menghargai dan siap menerima perbedaan tersebut.
  5. Selalu berikan respon yang baik dalam suatu permasalahan. Ketika Anda berkomunikasi dengan tim, Anda harus selalu menghargai setiap lawan bicara Anda. Tanggapi dengan hal-hal yang positif dan tidak menyinggung.

Selain melalui komunikasi, dalam membangun tim yang solid dan efektif ketika memulai usaha kecil seperti usaha franchise juga dibutuhkan beberapa tips berikut ini.

1. Menentukan tujuan tim

Sebuah tim bisa terbentuk karena memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama, begitu juga dalam memulai usaha kecil. Hal ini membantu anggota tim tetap berada dalam jalur yang sama untuk mencapai tujuan awal yang telah ditetapkan.

2. Buat pembagian pekerjaan

Agar setiap anggota tim bisa melakukan pekerjaan dengan baik, maka diperlukan pembagian tugas yang seimbang dan sesuai dengan kemampuan anggota. Hal ini dilakukan agar pekerjaan bisa dikelola dengan baik.

3. Sikap kepemimpinan yang baik

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan inilah yang akan membimbing anggota tim Anda agar tetap kompak dan solid. Pemimpin akan memberikan motivasi pada setiap anggotanya untuk mencapai tujuan tim.

4. Adanya kolaborasi antar anggota

Sebuah tim sejatinya harus saling melengkapi di antara para anggotanya. Hal ini dilakukan melalui kolaborasi atau kerjasama yang baik dari setiap anggota tim untuk menghasilkan pekerjaan yang efektif.

5. Membangun komitmen antar anggota tim

Ketika Anda membentuk suatu tim, Anda harus membangun komitmen di dalam tim. Komitmen dibentuk atas dasar kesamaan tujuan antar anggota tim. Selain itu, komitmen juga bisa meningkatkan keseriusan dalam menjalankan usaha kecil seperti usaha franchise.

Jika telah sukses melaksanakan berbagai tips tersebut, seharusnya tim Anda telah berada dalam satu tujuan yang sama dengan Anda. Dengan demikian, Anda telah melangkah menuju arah yang tepat dalam membangun tim kerja yang solid dan efektif.

WhatsApp chat