Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini! - Pawoon

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Untuk menjadi pengusaha sukses, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semuanya perlu dibangun dari awal melalui berbagai usaha dan usaha-usaha itu pun tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Intinya tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai dengan mudah tanpa usaha keras.

Akan tetapi, membangun suatu usaha dari awal hingga menjadi usaha yang sukses seperti usaha franchise  bukan juga suatu hal yang perlu Anda takutkan. Semuanya dapat dimulai dengan berbagai upaya sederhana seperti berusaha untuk selalu disiplin dan melakukan kebiasaan yang dapat memberikan efek positif pada bisnis Anda.

Tom Corley, penulis buku “Rich Habits”, melakukan sebuah penelitian yang membandingkan kebiasaan orang kaya dan orang miskin sehari-hari. Dari hasil meneliti 233 responden orang kaya dan 128 responden orang miskin, Corley mengungkap bahwa orang sukses memiliki kebiasaan yang rutin dilakukan sehari-hari.  Apa saja kebiasaan tersebut dan apa hubungannya dengan kesuksesan bisnis Anda? Simak penjelasan selengkapnya!

Seberapa Penting Kebiasaan Baik Bagi Kesuksesan Bisnis Anda?

Pengusaha sukses berarti mampu menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat membuat bisnis bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat. Sebenarnya kebiasaan baik itu terbentuk dari apa yang biasa dilakukan setiap hari dan pada akhirnya mampu membantu menemukan potensi bisnis Anda.

Hal yang perlu Anda catat adalah apa yang Anda lakukan sehari-hari mampu menentukan langkah hidup Anda kedepannya. Dari mulai cara Anda berpikir, persepsi, dan cara bersikap memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuksesan Anda. Bila diterapkan ke dalam bisnis, kebiasaan baik yang Anda lakukan sehari-hari pun dapat membantu mensukseskan bisnis Anda.

Sebagai pengusaha, tujuan Anda adalah untuk mensukseskan perusahaan. Hal ini dapat dicapai dengan cara menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik pada praktek bisnis Anda. Jika Anda menerapkan kebiasaan yang buruk, hal tersebut dapat merusak perusahaan dan reputasi Anda serta menghilangkan kesempatan untuk meraih kesuksesan seperti yang Anda impikan. Sebaliknya, bila kebiasaan baik yang Anda terapkan, maka bisnis Anda pun akan berkembang menjadi lebih sukses sesuai dengan tujuan Anda.

Cara Anda menjalankan bisnis Anda dan kebiasaan-kebiasaan yang Anda terapkan merupakan faktor yang dapat menentukan kesuksesan Anda. Kesimpulannya, jika Anda menerapkan kebiasaan yang baik, maka kesempatan untuk mensukseskan bisnis Anda pun semakin terbuka lebar.

Kebiasaan Baik yang Perlu Diterapkan Demi Kesuksesan Bisnis Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan-kebiasaan baik yang Anda terapkan dapat membantu Anda menjadi pengusaha sukses seperti yang Anda harapkan. Lantas apa saja kebiasaan yang perlu Anda terapkan?

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Menekuni Passion dan Talenta

Mengerjakan hal yang tidak disukai akan mengurangi motivasi Anda untuk lebih maju. Untuk menghindari hal ini, tidak heran bila pengusaha sukses lebih memilih untuk menekuni passion dan talenta mereka. Agar fokus pada suatu bidang yang menjadi passion Anda, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa sebenarnya yang Anda sukai. Tidak perlu menguasai seluruh detail pada waktu bersamaan. Cukup dengan tertarik dan menyenangi apa yang dilakukan, Anda akan lebih cepat mengetahui cara-cara apa yang bisa Anda terapkan untuk mencapai kesuksesan.

 Passion dan talenta umumnya perlu dipikirkan saat Anda hendak membangun suatu bisnis. Jauh sebelum Anda mulai menjalankan bisnis, terlebih dahulu pikirkan apa yang sebenarnya Anda sukai dan apa bakat yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan bagaimana sebaiknya memulai bisnis yang Anda inginkan dan apa saja langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Tidak Pernah Berhenti Belajar

Salah satu ciri pengusaha sukses ialah memiliki keinginan untuk terus belajar. Belajar bukan berarti harus melalui institusi pendidikan saja, tapi di mana pun yang memungkinkan Anda mendapatkan pengetahuan baru. Perlu diingat bahwa hal baru selalu bisa Anda pelajari di mana saja dan pada siapa saja. Itulah salah satu hal yang dapat mendorong kesuksesan Anda.

Semakin sering Anda belajar, pengetahuan atau wawasan Anda pun akan semakin luas. Melalui wawasan tersebut, Anda bisa melakukan banyak hal serta berkomunikasi dengan banyak orang. Wawasan Anda pun yang akan mengantarkan pada kesempatan untuk meraih sukses dalam bisnis yang Anda jalani.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Berpikir Out of the Box

Setiap pengusaha memiliki cara berpikir yang berbeda. Tetapi, bagaimanapun cara berpikir mereka, ide-ide kreatif atau out of the box lah yang memberikan mereka peluang lebih besar untuk bisnis yang lebih sukses. Anda pun bisa mendapatkan hasil yang serupa dengan menggunakan ide kreatif Anda sendiri. Jangan takut mencoba untuk bereksplorasi guna mengetahui ide mana yang akan lebih berhasil mengantarkan Anda pada pintu kesuksesan.

Cara berpikir Anda mungkin berbeda dengan pengusaha lain, tapi umumnya pola yang digunakan tetap sama; bertindak, belajar, membangun, dan mengulangi. Saat Anda memutuskan untuk membuka usaha dibidang yang disenangi, Anda pun akan terus belajar mengenai hal tersebut dan bertindak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Ide-ide kreatif akan berusaha Anda bangun kemudian diaplikasikan. Setiap proses ini akan Anda ulang terus menerus selama bisnis masih berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki segudang ide kreatif untuk membantu pengembangan bisnis Anda.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Selalu Punya Target

Pengusaha sukses selalu memiliki target untuk dicapai setiap harinya. Oleh karena itu, sebelum memulai aktivitas, Anda terlebih dahulu merencanakan apa hal-hal produktif yang bisa Anda lakukan di hari tersebut. Atau, Anda bisa memikirkan bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan hari ini. Sangat disarankan untuk mengatur hal-hal apa yang hendak Anda lakukan di hari esok pada hari sebelumnya. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana penyelesaiannya.

Memiliki target, baik jangka panjang atau pendek, dapat memotivasi Anda dalam bekerja. Pasalnya, bila Anda memiliki target yang jelas, maka pekerjaan pun akan lebih cepat selesai atau mampu diselesaikan tepat waktu. Dengan begitu tidak ada lagi waktu yang terbuang karena Anda telah mengatur apa saja tujuan Anda dan bagaimana cara mengaturnya.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Konsekuen dengan Waktu

Salah satu kebiasaan pengusaha sukses yaitu mampu mengatur waktu mereka dengan baik. Anda pun bisa mencapai kesuksesan dengan menerapkan manajemen waktu yang efektif bagi diri dan perusahaan Anda. Pada dasarnya cara Anda menghabiskan waktu menentukan pencapaian Anda kedepannya. Bila waktu yang dimiliki hanya dihabiskan untuk bersenang-senang saja, maka Anda pun tidak akan memiliki waktu untuk berfokus pada kesuksesan bisnis Anda.

Oleh sebab itu, manajemen waktu sangat diperlukan untuk membantu Anda fokus pada bisnis dan hal-hal apa yang perlu dilakukan. Buatlah manajemen waktu yang cocok untuk Anda dan konsekuen dengan hal tersebut. Jangan sampai perhatian Anda teralihkan dan pastikan tetap fokus untuk meraih tujuan bisnis Anda.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Bangun Tiga Jam Lebih Awal

Siapa sangka ternyata kesuksesan bisa diraih dengan membangun kebiasaan untuk bangun tiga jam lebih awal atau sebelum jam kerja dimulai? Hal inilah yang sering dilakukan pengusaha sukses. Mereka biasanya bangun lebih pagi untuk bersiap-siap menghadapi hari baru. Bahkan sebuah penelitian mengungkap bahwa 44% orang sukses cenderung bangun tiga jam lebih awal sebelum jam kerja dimulai.

Jika bangun lebih pagi, Anda tentu memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri tanpa perlu merasa terburu-buru. Bukan hanya itu saja, Anda bisa melakukan banyak hal terlebih dahulu sebelum mulai waktu bekerja. Kebiasaan ini perlu Anda terapkan karena memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu Anda mempersiapkan diri lebih baik. Terlebih bangun lebih pagi dapat membantu Anda menuju pintu kesuksesan.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Membangun Relasi

Dalam sebuah bisnis, membangun relasi sangatlah diperlukan. Apalagi bila Anda ingin bisnis yang dibangun menjadi sukses. Biasakan untuk membangun relasi atau jaringan pertemanan yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Jadilah orang yang dapat dipercaya oleh relasi atau teman Anda sehingga mereka tidak akan ragu untuk bekerjasama dengan bisnis Anda.

Membangun relasi yang baik dengan banyak orang akan meningkatkan kepercayaan mereka pada bisnis Anda. Hal ini pun akan mempengaruhi tingkat kesuksesan yang akan bisnis Anda raih di masa depan. Membangun relasi juga merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengusaha sukses. Mereka tidak keberatan untuk meluangkan waktu guna menambah dan menjaga relasi dengan rekan atau teman karena mereka menyadari bahwa menjaga relasi yang baik akan mempengaruhi kesuksesan bisnis mereka.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Konsultasi dengan Mentor

Anda memerlukan seorang mentor yang dapat memberikan masukan terkait bagaimana cara menjalankan bisnis dengan benar. Oleh karena itu, cari seseorang yang telah terbukti memiliki pencapaian yang Anda inginkan. Konsultasikan perihal bisnis Anda pada mereka sesering mungkin. Ungkapkan apa yang menjadi tantangan dan rintangan dalam bisnis Anda. Tambah wawasan Anda melalui pengetahuan yang mereka bagi pada Anda.

Mentor bisnis dapat memberikan insight yang berharga untuk menentukan kesuksesan bisnis Anda. Jadi jangan ragu untuk mengajukan berbagai pertanyaan yang sekiranya dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Kesimpulannya, jadikan konsultasi dengan mentor bisnis Anda suatu kebiasaan karena Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan dari apa yang mereka sarankan pada Anda.

Mau Sukses Berbisnis? Terapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Gaya Hidup Sehat

Secara tidak langsung kesehatan mempengaruhi tingkat kesuksesan seorang pengusaha. Maka dari itu, menjalani gaya hidup yang sehat merupakan suatu hal yang dianjurkan. Bila tubuh Anda sehat, maka pikiran pun akan menjadi lebih tenang. Ide-ide untuk mengembangkan bisnis Anda dengan mudah akan bermunculan. Selain itu, tubuh yang sehat akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat produktivitas Anda.

Kesibukan Anda mengurus bisnis bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Luangkan waktu sejenak sebelum berangkat atau setelah pulang kerja untuk berolahraga. Anda juga harus menjaga pola makan karena hal ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan Anda.

Kebiasaan-kebiasaan baik yang Anda lakukan setiap harinya dapat membantu Anda menjadi pengusaha sukses. Melalui kebiasaan tersebut, Anda pun akan mampu membangun dan mempertahankan bisnis Anda di tengah persaingan yang ketat seperti sekarang ini.

Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan baik di atas, Anda juga bisa menggunakan produk pendukung yang dapat meningkatkan kesuksesan bisnis Anda, khususnya bila Anda memiliki usaha franchise. Salah satu produk pendukung yang bisa digunakan adalah aplikasi kasir online seperti Pawoon. Aplikasi berbasis cloud ini pun mudah digunakan hanya dengan menggunakan smartphone dan tablet Android Anda.

Pengelolaan bisnis yang mudah serta sistem point of sales (pos) yang mudah digunakan dengan berbagai fitur pendukung yang bermanfaat, Pawoon memudahkan Anda untuk menjalankan sekaligus mengembangkan bisnis Anda secara fleksibel.

WhatsApp chat