Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini! - Pawoon

Anda berminat untuk membuka bisnis coffee shop? Tentunya Anda harus mempersiapkan berbagai jenis peralatan yang akan digunakan, termasuk program kasir. Saat ini,  coffee shop menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, terutama di wilayah perkotaan. Lalu bagaimana bisnis coffee shop bisa berkembang di kalangan masyarakat? Berikut adalah pembahasannya!

Perkembangan Coffee Shop

Maraknya budaya minum kopi di kalangan masyarakat menjadi bukti bahwa coffee shop merupakan bisnis menjanjikan. Orang-orang tidak hanya minum kopi di rumah saja, tetapi di waktu tertentu mereka selalu menyempatkan untuk berkunjung ke coffee shop. Di kota-kota besar, keberadaannya semakin menjamur, mulai dari konsep yang sederhana hingga modern.

Di coffee shop, Anda tidak selalu hanya untuk minum kopi saja, tetapi juga untuk nongkrong bersama teman atau rekan kerja. Sebelumnya, kopi diracik dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menyeduh bubuk kopi menggunakan air panas. Lalu, sekarang banyak cara modern yang dilakukan untuk menyeduh kopi yang diracik oleh barista profesional, sehingga menghasilkan sensasi baru dalam meminum kopi. Kemudian, bagaimana coffee shop bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda? Inilah penjelasannya!

Coffee Shop Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Dengan semakin berkembangnya kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kopi, maka coffee shop pun menjadi bisnis yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan bisnis coffee shop memiliki pangsa pasar yang luas. Hampir semua kalangan masyarakat mulai dari kelas bawah sampai atas, tua maupun muda, sangat menyukai kopi. Namun, Anda pun harus memberikan kualitas rasa kopi yang nikmat serta melengkapinya dengan berbagai fasilitas yang nyaman.

Selain itu, dengan menjalankan bisnis coffee shop, Anda bisa mendapatkan omset harian dengan mudah terutama jika memasuki weekend, karena sebagian besar masyarakat selalu menyempatkan untuk minum kopi sebelum beraktifitas, begitu juga ketika sedang libur. 

Persiapan Dalam Membuka Coffee Shop

Sebelum membuka bisnis coffee shop, Anda harus melakukan berbagai persiapan. Persiapan tersebut diantaranya modal awal, lokasi usaha, peralatan yang akan digunakan, hingga sumber daya manusia yang akan membantu Anda dalam urusan teknis. Pertama, Anda harus menentukan konsep yang akan Anda rintis.

Apakah Anda akan membuka coffee shop sederhana atau modern? Kemudian, tentukan target pasar yang akan dituju, dan bagaimana strategi yang akan Anda lakukan untuk menarik konsumen. Semua hal tersebut harus Anda pikirkan dengan matang dan terencana agar bisnis coffee shop berjalan dengan lancar. 

Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Bisnis Coffee Shop

Lalu, apa saja peralatan yang harus Anda siapkan untuk membuka bisnis coffee shop? Berikut ini adalah jenis-jenisnya:

Mesin Espresso

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Mesin espresso wajib ada jika Anda akan membuka bisnis coffee shop. Alat ini sering digunakan oleh para barista untuk menyeduh kopi. Terdapat beberapa jenis mesin espresso yang bisa digunakan, yaitu mesin espresso super-automatic, mesin espresso manual, dan mesin espresso automatic.

 Mesin Kopi Drip Otomatis

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Mesin ini berfungsi untuk menyaring kopi atau sebagai penyangga saringan kertas ketika kopi ditampung sebelum diseduh. Alat ini akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

 Penggiling Kopi

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Ini merupakan alat utama dalam  bisnis coffee shop karena berfungsi untuk menghasilkan bubuk kopi yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, hasilnya pun dijamin lebih fresh dibandingkan dengan kopi bubuk kemasan.

 Pemanggang Biji Kopi

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Biji kopi yang telah dipanen selanjutnya dipanggang menggunakan alat ini dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Sama halnya seperti coffee grinder atau mesin penggiling kopi, alat pemanggang biji kopi ini akan menghasilkan kopi yang lebih fresh.

Kulkas dan Kontainer

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Fungsi dari kulkas dan kontainer ini adalah untuk menyimpan stok kopi yang akan dijual. Bahan-bahan yang digunakan akan lebih awet dan terjaga kebersihannya.

 Alat Pembayaran dan Kasir

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini!

Hal utama dalam membuka suatu bisnis adalah adanya mesin kasir atau alat pembayaran. Gunakan mesin kasir yang sesuai dengan jenis bisnis Anda, juga pastikan mesin kasir tersebut mudah digunakan dan bisa melayani berbagai metode pembayaran.

Anda bisa memilih aplikasi kasir online  yang ditawarkan oleh Pawoon. Aplikasi kasir gratis dari Pawoon mampu mengoptimalisasikan bisnis coffee shop yang Anda jalankan. Hal ini dikarenakan, mesin kasir Pawoon menyediakan fitur yang beragam dan mudah untuk digunakan. Jadi, Anda bisa memanajemen bisnis coffee shop tersebut dengan baik.

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat