Pengertian Marketing Plan, Manfaat, dan Unsur – Unsurnya.

Mei 30, 2022Marketing

Marketing Plan adalah istilah yang sangat familiar bagi para marketer/pemasar/orang – orang yang bekerja di dunia marketing. Sebuah produk belum cukup untuk meningkatkan sebuah bisnis. Maka dari itu, diperlukan marketing plan dalam pelaksanaannya.

Lantas, apa itu marketing plan? Apa pentingnya marketing plan bagi sebuah bisnis? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini!

marketing plan

 

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian, Konsep, dan Contohnya

 

Definisi Marketing Plan

Untuk penjelasan lebih rinci mengenai pengertian marketing plan, berikut definisi marketing plan menurut para ahli:

 

A. Sofjan Assauri

Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah kegiatan merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran pada masa yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang diharapkan di bidang pemasaran.

 

B. Philip Kotler

Marketing Plan merupakan strategi – strategi pemasaran yang perlu dilakukan berdasarkan analisis mendalam yang bertujuan untuk mengantisipasi sebuah perubahan di segala aspek pemasaran perusahaan.

 

C. Malcolm McDonald

Proses manajemen yang mengarah pada rumusan kegiatan pemasaran sebuah perusahaan disebut juga dengan marketing plan.

 

D. Kurowski dan Sussman

Marketing Plan ialah dokumen hasil analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, serta strategi pemasaran, program tindakan, dan juga perkiraan pendapatan atau keuntungan lainnya.

 

Manfaat Marketing Plan

Marketing Plan memiliki beberapa manfaat yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Berikut manfaat – manfaat marketing plan:

 

A. Kemudahan Menyusun Strategi

Marketing Plan memuat rencana dan juga tahapan yang akan dilakukan dalam proses pemasaran. Maka dari itu, sebuah marketing plan dapat memudahkan Anda dalam penentuan strategi bisnis/strategi pemasaran.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui hal – hal apa saya yang harus dilakukan dengan terarah.

 

B. Evaluasi Kinerja

Selain memudahkan Anda dalam penyusunan strategi, marketing plan juga dapat membantu Anda dalam evaluasi kinerja. Dengan adanya marketing plan, Anda akan memiliki sebuah target yang akan dicapai kedepannya.

Target – target tersebutlah yang menjadi alat ukur keberhasilan kinerja yang telah dilakukan. 

C. Mempersiapkan Bisnis Hadapi Perubahan

Sebuah bisnis tidak melulu berjalan lancar. Pasti akan terdapat beberapa tantangan maupun hambatan yang dilalui.

Oleh karena itu, peran marketing plan dalam hal ini adalah sebagai pedoman bagi perusahaan dalam menghadapi kesulitan atau perubahan yang terjadi.

 

D. Sebagai Pegangan dan Bahan Referensi

Dalam dunia bisnis seringkali terdapat beberapa perubahan yang terjadi. Sehingga membuat rencana – rencana yang telah ditetapkan juga ikut berubah.

Untuk itu, marketing plan berperan sebagai panduan dan juga bahan referensi untuk menetapkan sebuah strategi yang baru.

 

marketing plan

 

Baca Juga: 10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

 

Unsur – Unsur Marketing Plan

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa unsur yang ada dalam marketing plan. Berikut penjelasannya!

 

A. Konsep dan Tujuan Perusahaan

Dalam membangun strategi marketing, Anda perlu memahami profil dan konsep awal tujuan didirikannya perusahaan. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat dengan mudah menentukan strategi yang akan digunakan.

Dan juga Anda dapat memastikan keadaan perusahaan dengan matang sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

 

B. Tujuan dan Target Yang Harus Dicapai

Selanjutnya yaitu menentukan tujuan dan target yang harus dicapai. Menentukan tujuan dan target dapat membantu Anda dalam mengukur progress, mengetahui target market, menetapkan promosi yang sesuai, dan membentuk strategi marketing yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

 

C. Jenis Konten Promosi

Terdapat berbagai macam jenis promosi yang bisa Anda terapkan sesuai dengan target pasar perusahaan. Misalnya, kamu bisa menggunakan pemasaran melalui media sosial jika target pasar perusahaan adalah anak muda.

Anda dapat menggunakan konten promosi sebagai bentuk pemasarannya. Jenis – jenis konten promosi pun beragam sehingga Anda harus memiliki persiapan yang matang untuk menentukan jenis konten yang sesuai dengan gaya perusahaan dan juga target pasar.

 

D. Kompetitor

Mengenali kompetitor akan membantu Anda dalam penyusunan strategi yang cocok dengan mengetahui kekuatan dan juga kelemahan para pesaing. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan aspek – aspek yang dapat mendatangkan keuntungan.

 

E. Fokus dan Prioritas

Dalam membangun dan menjalankan sebuah usaha, para pebisnis memiliki banyak ide dan juga rencana yang mereka siapkan untuk kedepannya. Karena banyaknya ide dan rencana yang ingin direalisasikan, membuat para pebisnis biasanya menjadi kurang fokus.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap fokus dan juga menetapkan prioritas. Anda perlu mengesampingkan hal – hal yang bukan menjadi prioritas sehingga kamu bisa menghindari sitraksi yang bisa saja terjadi.

 

F. Budget

Budget adalah aspek terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan budget, Anda dapat merealisasikan rencana yang membutuhkan biaya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menentukan jumlah budget yang dibutuhkan dan juga mencatat jumlah budget yang dikeluarkan agar rencana yang ditetapkan dapat dijalankan sesuai dengan ekspektasi dan harapan.

 

Kesimpulan

Marketing Plan adalah aspek penting dalam melakukan proses pemasaran. Dalam pelaksanaannya, proses pemasaran membutuhkan rencana yang dapat dijadikan sebagai pegangan untuk mengeksekusi strategi yang telah dibuat.

Maka dari itu, diperlukan proses perumusan hal – hal terkait kegiatan yang akan dilakukan selama proses pemasaran. Proses tersebut disebut juga dengan rencana pemasaran. Dengan adanya rencana pemasaran, target dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan hasil yang maksimal dan lebih terarah.

Selain rencana pemasaran, hal lain yang dapat meningkatkan bisnis Anda adalah dengan menggunakan Aplikasi Kasir Pawoon. Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis Anda secara online.

 

marketing plan

 

Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat