Tingkatkan Penjualan Bisnis, Berikut 5 Langkah Suksesnya!

Sep 20, 2017Tips and Trick

Meskipun tidak ada satu cara pasti dalam menciptakan penjualan yang tinggi di bisnis kreatif Anda, ada banyak strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Cara Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis

Memastikan penjualan bisnis Anda terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Banyak perusahaan telah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis.

Selain memiliki ide bisnis kreatif, Anda bisa menyimak  4 tips sukses meningkatkan penjualan bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Fokus pada Kualitas Produk

Faktor utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan penjualan adalah memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual. Meskipun kebanyakan pelanggan lebih tertarik dengan harga promo, namun kualitas produklah yang akan membuat pelanggan kembali ke toko Anda.

Selain memastikan kualitas produk selalu terjaga, penting juga bagi pemilik usaha untuk memahami nilai produk yang dijual. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya pada kualitas produk dan tidak ragu untuk membeli. Hal ini lah yang akan dengan mudah meningkatkan omset penjualan di toko online maupun offline yang Anda punya.

2. Buat Pelanggan Bahagia

Selain kualitas produk yang baik, pelayanan kepada pelanggan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan omset penjualan di toko.  Karena, sebagus apapun produk yang dijual, pelanggan tidak akan kembali apabila pelayanan yang diberikan kurang memuaskan.

Selain menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan, pemilik usaha juga harus menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk karyawan yang bekerja di toko. Saat karyawan bekerja dengan senang hati, maka pelayanan yang diberikan juga akan semakin baik dan dapat membantu meningkatkan penjualan di bisnis yang Anda punya.

3. Berikan Promo Menarik dalam Waktu Terbatas

Salah satu cara yang meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan urgensi, seperti memberikan promo dalam waktu singkat. Anda bisa memberikan diskon dalam persentase atau nominal tertentu kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi khusus pada hari berlakunya promo.

Anda juga bisa menawarkan barang gratis dengan pembelian produk tertentu. Cobalah berpikir kreatif dengan menggunakan taktik yang berbeda dan lihat manakah taktik yang berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda dan mana yang tidak.

4. Tingkatkan Jumlah Pesanan

Upselling adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omset penjualan di toko Anda. Upselling adalah menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli. Karena calon pelanggan tersebut sudah berada dalam pola pikir pembelian, sehingga Anda bisa membuat mereka menambah jumlah pesanan.

Kegiatan upselling bisa dilakukan dengan menawarkan produk lain sebagai pendamping produk yang dibeli. Dengan begitu, pelanggan yang memang sudah berencana akan membeli produk akan mempertimbangkan penawaran yang diberikan.

Agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan, kegiatan upselling harus dilakukan dengan ramah, persuasif, namun tanpa memaksa. Selain dapat meningkatkan penjualan, kegiatan upselling ini juga bisa membantu Anda mengetahui minat yang dimiliki oleh pembeli. Dengan begitu, Anda bisa mengatur strategi baru untuk penjualan di toko yang lebih baik.

5. Bijak Atur Strategi Penjualan

Selain memahami beberapa poin di atas, pemilik usaha juga perlu memahami cara mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, pencatatan dan laporan penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Melalui laporan tersebut, Anda bisa memetakan kelebihan dan kekurangan produk dan layanan di toko, yang bisa dijadikan acuan dalam mengatur strategi bisnis Anda kedepan. Dengan begitu, omset penjualan akan terus meningkat.

Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Aplikasi Kasir Online

Apapun ide bisnis kreatif yang Anda punya, cara meningkatkan omset penjualan yang dilakukan tentunya tidak boleh sembarangan. Selain menjalankan beberapa langkah di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk semakin memudahkan proses meningkatkan penjualan di bisnis Anda.

Selain dapat memudahkan proses transaksi di toko, penggunaan aplikasi kasir bisa sangat mempermudah pengelolaan bisnis kreatif yang Anda punya. Mulai dari pengelolaan produk, manajemen pelanggan, hingga manajemen promo bisa jadi lebih mudah jika dikelola melalui aplikasi kasir.

Dengan sistem berbasis cloud dan pencatatan real time, aplikasi kasir bisa memudahkan Anda mengelola bisnis kapan saja, dan di mana saja. Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti penyajian laporan penjualan yang lengkap dan terperinci.

 

Cara Efektif Manajemen Waktu dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Cara Efektif Manajemen Waktu dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apakah Anda sering merasa sibuk sepanjang hari namun pekerjaan tidak juga kunjung selesai? Atau Anda merasa 24 jam sehari tidak pernah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan? Hal tersebut menandakan bahwa Anda tidak memiliki manajemen waktu yang baik.  Manajemen waktu...

Ampuh! 6 Strategi Social Media Marketing Bagi Pemula

Ampuh! 6 Strategi Social Media Marketing Bagi Pemula

Social Media Marketing semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di zaman yang semakin berkembang ini. Social Media Marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan menggunakan media sosial. Metode pemasaran jenis ini sangat praktis dan tidak mengeluarkan biaya...

10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

Trik marketing yang paling efektif dalam meningkatkan bisnismu adalah dengan mengetahui psikologi pelanggan ketika akan membeli sebuah produk. Trik marketing ini lebih dikenal dengan sebutan psikologi marketing. Psikologi marketing adalah pemahaman terkait hal - hal...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat