Ketahui Efek Perkembangan Teknologi Mobile Untuk Peningkatan Bisnis Anda - Pawoon

Ketahui Efek Perkembangan Teknologi Mobile Untuk Peningkatan Bisnis Anda

Sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat dan tengah mengarah ke penggunaan Mobile. Hal ini terjadi di setiap bidang yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis baik untuk menggaet pelanggan baru atau pun meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Namun tentu hal ini tidaklah mudah, diperlukan pengetahuan lebih untuk dapat memanfaatkan teknologi mobile. Bagi sebagian pelaku bisnis retail, hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.

Pelaku bisnis online tentunya lebih dulu dapat menikmati segala kemudahan teknologi mobile, namun bukan berarti pemilik toko fisik tidak dapat merasakan manfaatnya.

Jika Anda pemilik toko retail konvensional, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda lebih siap menghadapi perkembangan teknologi mobile.

Informasi online

Penelitian menunjukkan bahwa di jaman ini, pelanggan senantiasa akan melakukan pencarian online terlebih dulu sebelum melakukan pembelian. Mereka akan mencari informasi mengenai produk, ulasan produk, bahkan informasi toko Anda meski Anda belum membuat atau memiliki situs online.

Hal ini sangat memungkinkan karena pengunjung Anda dapat mendaftarkan toko Anda di layanan pencarian lokasi seperti Google tanpa sepengetahuan Anda dan lengkap beserta ulasan positif maupun negatif. Untuk itu Anda perlu mempelajari penggunaan marketing online agar informasi mengenai toko Anda merupakan ulasan yang baik dan membantu pelanggan maupun calon pelanggan mendapatkan informasi yang tepat.

Fenomena “Showroom

Anda harus berhati-hati dengan ini, karena jika tidak, toko retail Anda hanya akan menjadi korban fenomena “showroom” yakni pembeli hanya akan melihat dan memegang langsung produk di toko Anda dan membelinya di toko online lain yang jauh lebih murah.

Untuk menghindari fenomena “showroom” ini, Anda dapat menawarkan sesuatu yang lebih seperti pelayanan langsung yang memuaskan, pengetahuan tentang produk yang lebih detail, serta nuansa toko yang nyaman.

Jangan kalah dengan toko online, perkenalkan produk atau jasa Anda secara online pula dengan memanfaatkan situs jual beli, aplikasi, media sosial, dan sarana marketing online lainnya. Tawarkan sesuatu nilai lebih yang tidak bisa ditawarkan di toko online seperti “gratis kopi setiap pembelian di tempat.”.

Membangun koneksi personal dengan pelanggan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pembeli di era modern ini cenderung mencari informasi online terlebih dahulu sebelum membeli bahkan saat mereka sudah berada di toko. Lantas, mengapa pembeli masih saja mencari informasi online sedangkan dia sedang berada di dalam toko?

Hal tersebut dikarenakan pelanggan menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar harga dan kualitas barang saja. Mereka juga menginginkan informasi lain seperti cara pemakaian, perbandingan dengan produk sama dari merk lain, ketahanan pemakaian, ulasan dari pengguna lain, dan lain sebagainya.

Alih-alih mencari informasi online, bangunlah kedekatan dengan pelanggan bermodalkan informasi yang karyawan maupun Anda sendiri miliki. Bila perlu, tetap melakukan follow-up terhadap pembeli meski ia telah pergi meninggalkan toko Anda.

Salah satunya dengan memberikan informasi produk baru atau promo melalui email atau SMS kepada pelanggan sesekali. Dengan ini, pelanggan pun akan selalu mengingat dan lebih senang berbelanja di toko Anda meski toko online lainnya menawarkan harga lebih murah, karena mereka akan merasa memiliki asisten pribadi untuk dirinya.

Pembaruan POS System atau sistem kasir

Banyak yang harus diubah dalam mengikuti perkembangan teknologi mobile termasuk di antaranya strategi marketing. Tak hanya itu, fasilitas toko Anda juga memerlukan upgrade seperti kasir konvensional beralih ke aplikasi kasir atau POS system dan menggunakan software toko lainnya yang lebih canggih.

Perkembangan teknologi mobile bagi toko retail tak hanya terbatas pada informasi dan kemudahan mengelola toko saja, namun sistem POS modern atau aplikasi kasir juga membantu meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Kehadiran teknologi mobile modern, membantu pemilik toko retail menawarkan metode pembayaran yang lebih leluasa. Seperti halnya metode pembayaran Mobile melalui Android Pay, e-Money, atau Rekening Ponsel dari beberapa bank. Teknologi ini sangat memudahkan pembeli tanpa harus repot-repot membawa kartu, atau merogoh kantong untuk mengambil uang tunai, serta menghemat waktu pegawai dan pelanggan Anda tanpa harus menunggu uang kembalian.

Kembali lagi ke informasi, POS system modern membantu Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan bahkan saat mereka telah pergi dari toko Anda. Penggunaan aplikasi kasir yang dapat menyimpan data pelanggan seperti Pawoon juga memungkinkan pelanggan yang pergi tanpa membeli item untuk mengubah pikiran mereka.

Anda dapat menawarkan penawaran-penawaran terbaik seperti diskon, atau promosi lainnya melalui alamat email atau nomor telepon yang dapat Anda peroleh sebelum usai melakukan transaksi.

Kesimpulannya ialah, perkembangan teknologi Mobile sangat menguntungkan baik bagi pemilik toko retail, maupun penjual online. Perbedaannya ialah pemilik toko retail dapat memberikan senyum pada pelanggan, membangun hubungan pribadi lebih dekat dan menawarkan pelayanan langsung yang lebih baik, pengalaman pribadi yang tidak dapat ditandingi oleh penjual online.

WhatsApp chat