Jangan Lupa Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Tutup Toko - Pawoon

Bisnismu berjalan lancar hari ini. Kini saatnya tutup toko dan istirahat sejenak, untuk kembali menyiapkan bisnis di esok hari. Namun sebelum pulang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memastikan pengelolaan bisnis sudah dilakukan dengan baik. 

Bukan hanya sekadar mematikan lampu dan mengunci pintu, kamu juga perlu melakukan beberapa hal yang bisa memudahkan kamu memulai bisnis di hari esok. Lalu, apa saja hal yang sebaiknya dilakukan setiap hari sebelum menutup toko? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 

 

 

Periksa Kebersihan

 

Sebelum menutup toko dan pulang, pastikan kamu sudah membersihkan seluruh fasilitas dan peralatan yang selesai dipakai di hari tersebut. Membersihkan seluruh area toko bisa membuat toko lebih nyaman saat dibuka di esok hari. Selain itu, kamu juga bisa menghindari kemungkinan datangnya hama seperti semut, kecoa, dan serangga lain yang bisa saja merusak kualitas stok yang disimpan di gudang, atau fasilitas yang ada di toko. 

Selain area yang terakses oleh pengunjung, kamu juga perlu menjaga kebersihan di beberapa area toko seperti dapur, booth kasir, dan tempat penyimpanan produk. Dengan begitu, operasional bisnis akan berjalan lebih lancar dan minim gangguan. 

 

Periksa Keamanan

 

Selain memastikan kebersihan, kamu juga perlu memastikan keamanan sebelum tutup toko di akhir hari. Hal ini bisa dilakukan dengan memastikan seluruh jalur listrik dan air padam dan seluruh pintu dan jendela sudah terkunci dengan baik. 

Jika memerlukan perlindungan ekstra, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti memasang kamera pengawas di area toko, yang bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti kemalingan, atas kecurangan yang dilakukan oleh oknum karyawan. Selain aset dan peralatan di toko, keamanan data juga perlu dijaga dengan baik. Hindari risiko hilang data atau kecurangan dengan berpindah dari pencatatan transaksi manual ke digital dengan bantuan aplikasi kasir online. 

 

Hitung Stok

 

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pencatatan terhadap stok akhir yang kamu miliki di toko. Hal ini penting, agar catatan stok yang kamu miliki dan jumlah aktual stok yang tersedia sama dan tidak selisih. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengambil langkah seperti menambahkan stok produk yang habis atau mengurangi stok yang terlalu banyak atau lama tersimpan. 

Hindari kesalahan dan selisih dalam penghitungan stok dengan menggunakan aplikasi kasir seperti Pawoon POS. Dengan pencatatan dan pengelolaan stok digital, kamu bisa mengelola data dengan lebih praktis dan cepat. Aplikasi kasir juga dilengkapi fitur seperti stock opname dan transfer stock ke outlet lain jika diperlukan. Jangan buang waktumu dengan sistem manual dan gunakan aplikasi kasir untuk kemudahan bisnis di masa depan. 

 

Rekap Kas

 

Hal ini bisa dibilang jadi hal terpenting yang harus dilakukan sebelum tutup toko. Rekapitulasi kas yang masuk dan keluar bisa membantu kamu mendapatkan laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Kamu juga bisa mengetahui seberapa baik performa penjualan di hari tersebut dengan melihat laporan kas yang lengkap. 

Nggak perlu pusing rekap kas masuk dan keluar secara manual, karena aplikasi kasir seperti Pawoon POS siap membantu kamu melakukan pencatatan kas secara digital. Selain efisien, rekapitulasi kas menggunakan aplikasi kasir Pawoon juga dijamin akurat dan melindungi kamu dari tindak kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh oknum kasir yang bertugas. 

 

 

Yuk, buat pengelolaan bisnismu lebih aman dan efisien dengan Pawoon POS. Kamu nggak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan persiapan tutup toko setiap harinya. Mulai dari manajemen produk, inventory, hingga rekapitulasi kas bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis, hanya lewat aplikasi kasir saja. 

Nggak cuma itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur lengkap yang siap memaksimalkan potensi bisnis ke level berikutnya. Dengan berlangganan paket premium Pawoon, kamu bisa menikmati segala kemudahan, mulai dari manajemen operasional, pengaturan pajak & service charge di toko, hingga pengelolaan waralaba atau franchise yang lebih mudah dan nggak ribet.

Penasaran? Langsung coba gratis sekarang, yuk! 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat