Jangan Asal! Perhatikan 3 Hal Ini saat Memilih Lokasi Bisnis

Des 21, 2021Tips and Trick

Yuk, kita sambut tahun baru dengan semangat baru! salah satunya bisa dilakukan dengan mewujudkan keinginan punya bisnis sendiri. Selain menyiapkan mental dan modal, kamu juga butuh beberapa persiapan sebelum akhirnya bisa menjalankan bisnis impian. Satu hal yang seringkali dianggap remeh namun memiliki peran yang penting adalah proses pencarian dan penentuan lokasi usaha. 

Saat seluruh persiapan seperti ide bisnis, budget plan, dan seluruh persiapan operasional, memilih lokasi bisnis bisa jadi langkah berikutnya. Selain mencari tempat yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari dan memilih lokasi yang tepat untuk usaha yang akan kamu jalani. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak terus artikel ini, ya! 

 

bisnis offline

 

3 Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

 

Hal utama yang perlu dilakukan sebelum melakukan pencarian lokasi usaha adalah mengetahui jenis usaha yang kamu ingin kembangkan. Artinya, kamu perlu mempertimbangkan model bisnis dengan kebutuhan lokasi yang akan dicari. Apabila kamu lebih tertarik mengelola bisnis online, maka kamu bisa mencari lokasi yang tidak terlalu strategis, namun bisa diakses untuk kebutuhan pengiriman. 

Sebaliknya, apabila kamu ingin mengembangkan bisnis offline, maka kamu perlu mencari lokasi yang memiliki kriteria yang cocok untuk mengembangkan bisnis offline yang kamu punya. Apa saja kriteria tersebut? Berikut ulasan lengkapnya! 

 

1. Lokasi Strategis 

 

Hal pertama dan paling penting dalam memilih lokasi bisnis adalah lokasi yang strategis. Strategis bukan hanya berarti bahwa lokasi bisnis kamu mudah diakses oleh pengunjung, namun juga potensial untuk mendapatkan target pasar yang kamu sasar. Pencarian lokasi bisnis yang strategis bisa dimulai dengan melakukan riset dan survey pasar, dengan mencari tahu lokasi bisnis kompetitor dengan niche yang sama dengan bisnis kamu. 

Setelah itu, temukan cara kamu sendiri untuk masuk dan mengambil bagian dalam lingkungan bisnis tersebut. Selain akses yang mudah dijangkau dan ramai oleh pengunjung, kamu juga perlu mencari lokasi yang memiliki fasilitas lengkap seperti area parkir yang luas, dan akses ke pusat transportasi umum seperti halte bus atau stasiun. 

 

2. Sesuai dengan Budget 

 

Memiliki lokasi usaha yang strategis akan percuma, jika tidak sesuai dengan budget yang kamu punya. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhitungkan biaya yang ingin dialokasikan pada tempat dan lokasi usaha. Jumlah budget yang dialokasikan bisa disesuaikan dengan status lokasi yang kamu punya. Apabila kamu berencana untuk menyewa lokasi bisnis, maka tentu kamu tidak hanya harus menyiapkan biaya sewa, tapi beberapa biaya lain seperti biaya maintenance, pajak, dan biaya-biaya tambahan lainnya.

Sama halnya jika kamu membeli toko di lokasi tersebut. Kamu juga perlu memperhitungkan biaya pajak, perizinan, dan biaya tambahan lain seperti kebutuhan internet, perangkat operasional, aplikasi kasir, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu menghitung biaya tambahan yang berhubungan dengan aktivitas operasional seperti biaya perjalanan dan pengiriman ke lokasi tersebut.  Jika kamu punya beberapa kandidat tempat, coba hitung dan bandingkan biaya tersebut sampai kamu menemukan perhitungan biaya yang sesuai dengan budget plan yang kamu punya. 

 

3. Sesuai dengan Branding

 

Selain memperhitungkan hal-hal di atas, kamu tentu tidak boleh melewatkan langkah yang satu ini. Menyesuaikan lokasi dengan branding usaha adalah hal yang penting, karena dapat berpengaruh dengan keseluruhan alur bisnis yang kamu jalankan di lokasi tersebut.

Apabila kamu ingin menjual produk dengan target pasar menengah ke bawah, maka lokasi yang kamu cari juga harus mencari lokasi yang cocok dan sering dikunjungi oleh target. Sebaliknya, jika kamu ingin menargetkan kalangan menengah ke atas, maka lokasi bisnis yang kamu pilih juga harus yang sesuai dengan kalangan tersebut. 

Untuk menemukan lokasi yang tepat sasaran tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Inilah mengapa proses riset dan survey jadi hal utama yang harus dilakukan untuk memastikan setiap keputusan yang kamu ambil dapat berbuah manis pada bisnis yang ingin dijalankan. 

 

 

Apapun jenis dan tipe bisnis yang ingin kamu kembangkan, percayakan proses pengelolaannya dengan Pawoon POS. Ini bukan lagi soal aplikasi kasir, tapi juga soal ekosistem lengkap yang siap membantu kamu mengembangkan bisnis dengan praktis, efisien, dan tentunya menguntungkan. Selain aplikasi kasir yang mudah digunakan, Pawoon juga dilengkapi dengan fitur menarik yang siap memaksimalkan potensi bisnis yang kamu punya! 

Tunggu apa lagi? Yuk, coba Pawoon sekarang, Gratis! 

 

WhatsApp chat