Ingin Memulai Usaha Kedai Kopi? Ketahui Semua Hal yang Anda Butuhkan Disini

Ingin Memulai Usaha Kedai Kopi? Ketahui Semua Hal yang Anda Butuhkan Disini

Membuka kedai kopi atau coffee shop memang tak semudah yang terlihat, namun Anda bisa memulai usaha dengan peralatan kedai kopi yang lengkap.

 

Menurut survei asosiasi kopi, saat ini merupakan waktu yang baik untuk memulai usaha kedai kopi dan teh. Hal ini disebabkan oleh konsumsi kopi lokal yang semakin meningkat hingga 8% per tahun dan pasar Indonesia memiliki kebutuhan konstan akan kopi lokal.

Ketika Anda membuka usaha kedai kopi, tentu Anda ingin menjaga biaya produksi serendah mungkin. Caranya dengan melakukan riset seperti mempelajari lebih banyak tentang kopi, tren konsumsi kopi di Indonesia, supplier kopi, hingga tempat yang tepat mendapatkan peralatan kedai kopi terbaik.

Sebelum Anda membuka kedai kopi, berikut ini hal-hal yang Anda butuhkan untuk kedai kopi Anda:

1. Mesin Pembuat Kopi

Hal terpenting ketika Anda membuka usaha warung kopi atau kedai kopi adalah mesin kopi. Sekitar 30% penjualan toko kopi umumnya adalah kopi hitam, untuk itu Anda memerlukan mesin pembuat kopi otomatis yang mampu menghasilkan kopi dalam jumlah besar per hari.

Carilah mesin kopi yang cukup cepat memenuhi permintaan kopi, khususnya pada jam-jam sibuk sehingga Anda tidak perlu menyeduh kopi berulang kali. Anda mungkin akan memerlukan mesin Espresso bagi pelanggan yang lebih menyukai Espresso, karena harga mesin kopi ini cukup mahal sebaiknya pastikan terlebih dulu banyaknya permintaan Espresso di kedai kopi Anda.

2. Penggiling Kopi / Coffee Grinder

Selain itu, pada umumnya kedai kopi menyimpan kopi dalam bentuk biji kopi untuk menjaga kesegaran kopi. Maka itu Anda membutuhkan alat penggiling kopi atau coffee grinder, pililah alat penggiling kopi yang tepat karena akan membuat perbedaan pada rasa dan aroma kopi. Jika satu peralatan pembuat kopi tidak cukup, maka sebaiknya Anda menggunakan sesuai dengan keperluan kedai kopi Anda.

3. Susu dan Air

Meskipun tidak secara teknis peralatan cairan yang tepat untuk membuat dan mencampur minuman memiliki pengaruh besar dalam kualitas produk kedai kopi Anda, peralatan untuk susu dan air tetaplah hal yang penting.

Beberapa alat yang Anda butuhkan untuk membuka usaha kedai kopi seperti alat milk steamer atau milk frother, hingga jika memungkinan tambahkan alat filtrasi pada mesin Espresso Anda untuk meningkatkan kualitas rasa kopi serta memperpanjang umur mesin kopi Anda.

4. Sistem Pendingin / Freezer

Membuka usaha warung kopi atau kedai kopi tentu Anda memiliki berbagai bahan makanan yang harus berada dalam keadaan dingin. Untuk itu Anda memerlukan freezer atau lemari pendingin di kedai kopi Anda.

Seperti makan beku yang bisa dipanggang di oven, susu dan minuman atau sirup lainnya, sebaiknya disimpan di freezer. Pilihlah ukuran lemari pendingin atau freezer yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan dan carilah freezer yang dapat bertahan lama.

5. Oven, Pemanggang dan Peralatan Masak

Sebagian besar kedai kopi memiliki pilihan makanan baik untuk sarapan seperti pastry dan roti atau camilan seperti cookies dan kue. Kemungkinan beberapa makanan yang tersedia masih dalam bentuk frozen food atau makanan beku seperti pastry, untukitu Anda memerlukan peralatan masak seperti pemanggang atau oven agar makanan tetap hangat saat disajikan.

6. Display Produk

Saat Anda membuka kedai kopi, Anda akan memiliki makanan dan minuman yang memerlukan tempat khusus agar produk tetap segar. Hal ini membutuhkan tempat pendinginan untuk produk minuman dingin Anda serta display untuk produk makanan di kedai kopi Anda.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah dari sisi estetika, bagaimana memilih display yang baik, desain yang selaras dengan tema kedai kopi serta ukuran display yang sesuai dengan luas kedai kopi Anda. Display produk merupakan daftar wajib yang harus disertakan dalam membuka kedai kopi.

7. Penyimpanan Bahan & Alat

Sebuah kedai kopi menggunakan sejumlah besar biji kopi dan beragam pilihan topping minuman, sehingga Anda harus memiliki tempat penyimpanan untuk memudahkan Anda dalam penggunaan bahan-bahan tersebut. Beberapa wadah penyimpanan biji kopi, wadah pompa untuk sirup, hingga tempat menyimpan peralatan seperti sendok dan lainnya.

Jika Anda memiliki sistem penyimpanan yang efektif, bisnis coffee shop Anda juga akan berjalan dengan lebih baik. Mempermudah karyawan dan menghindari kerugian, gunakan wadah dan tempat penyimpanan yang baik serta dalam jumlah yang dibutuhkan.

8. Sistem Keamanan

Setiap bisnis dagang memerlukan sistem yang sangat baik untuk mencegah kejahatan di dalam dan di sekitar bisnis mereka. Termasuk peralatan keamanan seperti kamera, alarm pencuri (baik di pintu depan maupun belakang kedai kopi). Sebagai tambahan, penggunaan kamera pengawas juga berfungsi untuk mengawasi kecurangan dari karyawan toko Anda.

9. Sistem Kasir & Perangkat Kasir

Tanpa sistem penjualan yang efisien dan andal, bisnis Anda dapat dihambat oleh proses pembayaran yang lambat, pengelolaan persediaan yang buruk serta pencatatan transaksi yang kurang akurat.

Jika sistem kasir atau Point of Sale (POS) Anda berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir tentang pelacakan data transaksi atau stok Anda karena sistem akan membantu Anda melakukan semuanya kapan saja dan dimana saja. Beruntung, sistem POS berbasis cloud kini tidak hanya secepat kilat, tapi juga bisa Anda andalkan.

 

Anda mungkin memerlukan semua barang pada daftar peralatan kedai kopi tersebut atau mungkin hanya beberapa. Untuk memahami apa saja alat yang akan sangat Anda perlukan, perhatikan tipe pelanggan kedai kopi Anda serta kebutuhan dan keinginan mereka.

Setelah Anda menyelesaikan daftar peralatan kedai kopi Anda, rancang toko dan barang dagangan Anda, ciptakan merek yang mudah dikenali, dan pilihlah kasir serta barista untuk kedai kopi Anda. Ketika Anda memiliki rencana bisnis yang hebat dan peralatan yang diperlukan untuk mendukung bisnis Anda, kedai kopi Anda akan lebih siap untuk berkembang dan menjadi sukses!

https://sites.google.com/view/uptowncasinoreview/home

WhatsApp chat