7 Hal yang Bisa Dipelajari dari Kompetitor Bisnis

Mei 31, 2023Marketing, Strategi Bisnis

Belajar bisnis dari kompetitor adalah salah satu langkah penting dalam mengembangkan strategi dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Dengan memahami tindakan, keputusan, dan praktik bisnis kompetitor, kamu akan mendapatkan wawasan berharga yang dapat diterapkan untuk bisnis kamu sendiri.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu pelajari dari bisnis kompetitor:

Strategi Pemasaran

Memperhatikan strategi pemasaran bisa menjadi hal pertama yang kamu pelajari dari kompetitor. Mulai amati mereka dari media sosial yang digunakan, jenis konten seperti apa yang mereka bagikan, dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan pelanggan. Coba perhatikan juga kampanye iklan seperti apa yang mereka luncurkan. Dengan mempelajari strategi pemasaran kompetitor,ย  kamu dapat mengidentifikasi pendekatan apa yang efektif yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu sendiri.

 

Posisi Pasar dan Target Pasar

Pahami posisi pasar dan target pasar dari kompetitor . Identifikasi segmen pasar yang mereka bidik, karakteristik pelanggan mereka, dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut. Kamu juga bisa mempelajari preferensi pelanggan kompetitor lalu membandingkannya dengan pelanggan sendiri. Meski kamu dan kompetitor memiliki target pasar yang sama, akan tetapi karakteristik pelanggan belum tentu sama. Dengan memahami target pasar kompetitor, kamu dapat mengidentifikasi peluang yang belum tergarap dan mengembangkan strategi untuk menarik pelanggan dari mereka.

 

Produk atau Layanan

Perhatikan jenis produk atau layanan yang ditawarkan oleh kompetitor. Amati fitur, kualitas, dan keunikan dari produk atau layanan mereka, dan bandingkan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Cari cara untuk meningkatkan atau membedakan dari bisnis yang kamu punya saat ini. Meskipun kamu memiliki produk yang serupa dengan yang ditawarkan oleh kompetitor, tapi nilai adalah yang dibeli oleh pelanggan. Pelajarilah cara untuk mengetahui nilai tersebut, kemudian carilah nilai yang kamu miliki, sehingga kamu bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk atau layananmu.

 

Pengalaman Pelanggan

Perhatikan bagaimana cara kompetitor berinteraksi dengan pelanggan mereka. Kamu bisa tinjau dari proses pembelian, layanan pelanggan, dan umpan balik dari pelanggan yang diberikan untuk kompetitormu. Pelajari apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari pengalaman pelanggan yang mereka tawarkan. Dengan mempelajari pengalaman pelanggan kompetitor, selanjutnya kamu dapat mengidentifikasi area di mana kamu dapat meningkatkan layanan dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

 

Harga dan Penentuan Harga

Pahami bagaimana strategi harga yang digunakan oleh kompetitor. Amati harga produk atau layanan mereka dan coba bandingkan dengan harga yang kamu tawarkan. Pelajari juga cara yang mereka gunakan dalam menawarkan diskon, promosi, atau paket khusus. Dengan memahami strategi harga kompetitor, kamu dapat menyesuaikan harga agar tetap kompetitif dan menarik bagi pelanggan.

 

Keunggulan Kompetitif

Identifikasi apa keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh bisnis kompetitormu. Temukan keunggulan apa yang mereka miliki dalam hal kualitas produk, penentuan untuk harga, lama pengiriman, atau pelayanan terhadap pelanggan yang unggul. Pelajari cara mereka memanfaatkan keunggulan ini dan cari cara untuk mengembangkan keunggulan kompetitif kamu sendiri.

 

Inovasi dan Tren

Perhatikan inovasi yang dilakukan oleh kompetitor kamu serta tren apa yang sedang mereka ikuti. Amati apakah mereka mengadopsi teknologi baru, memperkenalkan fitur baru, atau mengikuti tren pasar yang sedang berkembang. Dengan mempelajari inovasi dan tren kompetitor, kamu dapat tetap relevan dan beradaptasi dengan perubahan dalam industri.

 

Penting untuk diingat bahwa tujuan untuk mempelajari bisnis kompetitor bukanlah untuk menjiplak mereka, tetapi untuk mengambil pelajaran berharga dan mengembangkan strategi yang unik untuk bisnis kamu sendiri. Analisis kompetitor dapat memberikan wawasan penting untuk meningkatkan daya saing dan mengembangkan keunggulanmu di pasar.

 

๐Ÿ‘‰ Coba Pawoon Gratis ๐Ÿ‘ˆ

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat