Dine In Diizinkan, Ini Tips Buat Restoran Lebih Nyaman Saat Pandemi! - Pawoon

Pemerintah melonggarkan kebijakan untuk pemilik usaha restoran, cafe, atau tempat makan lainnya melayani makan di tempat (dine in). Meskipun dengan kapasitas yang belum maksimal, kebijakan ini membuat pemilik usaha kuliner lebih mudah memaksimalkan pelayanan dan pemasukan dari bisnis yang dijalankan. 

Namun, kebijakan tersebut tidak lantas membuat pelanggan mau mengunjungi outlet bisnis. Angka penyebaran virus yang masih cukup tinggi membuat banyak pelanggan masih enggan untuk datang dan melakukan dine in di restoran dalam ruangan (indoor), dan lebih memilih opsi takeaway atau delivery. 

Dengan harapan penurunan kasus dan kembalinya keadaan seperti normal, pelaku bisnis kuliner seperti restoran, cafe, kedai kopi, dan tempat makan lain yang berada di dalam ruangan/gedung/atau mall juga harus mempersiapkan cara untuk membuat pelanggan kembali nyaman untuk datang dan melakukan dine in di outlet bisnis. Apa saja hal yang harus disiapkan? 

 

Prioritaskan Protokol Kesehatan 

 

restoran

 

Sudah tidak bisa ditawar lagi, protokol kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk pemilik resto indoor sebelum membuka toko. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membekali alat pelindung diri dan atribut kebersihan lain untuk karyawan yang bertugas di toko. Jadwal pembersihan secara rutin juga perlu dilakukan, untuk memastikan kebersihan toko. Usahakan untuk selalu menjaga sirkulasi udara di area toko, agar lebih aman dari serangan virus berbahaya. 

Selain diberlakukan pada karyawan, protokol kesehatan yang ketat juga perlu diberlakukan pada pelanggan yang datang. Penggunaan masker dan pengecekkan suhu tubuh harus tetap dilakukan untuk berjaga-jaga. Kamu juga bisa bekerjasama dengan PeduliLindungi dalam mendata seluruh pelanggan yang datang ke toko. 

 

Sesuaikan Kapasitas Toko

 

tempat makan

 

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan, kamu perlu menjaga kapasitas toko agar tetap sesuai dan tidak berlebihan. Selain memastikan kapasitas toko sesuai, kamu juga bisa memaksimalkan keamanan dengan mengatur jarak aman antar meja dan bangku yang ada di toko. Dengan begitu, sirkulasi udara di toko akan tetap terjaga, meskipun toko berada di dalam ruangan yang tertutup. 

Kamu juga bisa menerapkan sistem reservasi di toko, yang bisa membantu kamu mengelola arus keluar dan masuk pelanggan, agar kapasitas di dalam toko tidak berlebih. Menggunakan modul meja juga bisa jadi solusi yang tepat, untuk menghitung dan mengetahui jumlah aktual pelanggan yang sedang memesan makanan. 

 

Siapkan Pembayaran Minim Kontak

 

pembayaran digital

 

Transaksi dan pembayaran digital minim kontak adalah tren yang mulai berkembang di industri bisnis bahkan sebelum pandemi terjadi. Namun, penggunaannya semakin dibutuhkan sejak pandemi karena dianggap sangat dibutuhkan di saat seperti sekarang ini. Selain lebih aman, pembayaran digital minim kontak dapat membuat alur transaksi jadi lebih cepat dan efisien, lho! 

Untuk dapat memberikan fasilitas pembayaran digital yang minim kontak, kamu memerlukan dukungan dari aplikasi kasir online yang dilengkapi dengan fasilitas tersebut. Selain fitur pembayaran digital, aplikasi kasir online seperti Pawoon POS juga bisa memberikan opsi lain seperti menu digital dan pengiriman struk digital melalui email maupun nomor whatsapp pelanggan. Cara simple dan mudah untuk transaksi yang makin aman dan nyaman! 

 

Komunikasikan pada Pelanggan 

 

 

Pemberlakuan peraturan yang ketat bisa saja membuat pelanggan tidak nyaman saat datang ke toko. Inilah mengapa kamu perlu melakukan komunikasi yang baik dan informatif, agar pelanggan mengerti keadaan dan bersedia mematuhi peraturan yang berlaku. 

Komunikasi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara dan media. Kamu bisa menyampaikan informasi di website, atau akun media sosial, untuk memastikan pengikut setia mengetahui peraturan yang berlaku. Kamu juga bisa menggunakan beberapa cara seperti email marketing atau menempel informasi di area toko, yang bisa dibaca oleh pelanggan sebelum memasuki toko. 

Memaksimalkan pelayanan pada pelanggan bisa jadi lebih mudah dengan Pawoon POS. Dengan aplikasi kasir yang mudah digunakan, Pawoon POS bisa membantu kamu mengubah transaksi di toko lebih efisien. Bukan hanya itu! Nikmati juga kemudahan pengelolaan operasional dan laporan bisnis dengan beragam fitur yang lengkap, mulai dari pengelolaan produk, stok, karyawan, pelanggan, hingga promosi. Tunggu apa lagi? Coba gratis Pawoon sekarang dan nikmati kemudahan bisnis yang anti ribet. 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat