Cara Meminimalkan Kecurangan Dengan Aplikasi Kasir

Cara Meminimalkan Kecurangan Dengan Aplikasi Kasir

Kecurangan kasir merupakan salah satu hal yang dihadapi oleh pemilik bisnis dari satu waktu ke waktu. Tidak peduli seberapa baik Anda mengenal karyawan Anda, selalu ada kemungkinan untuk melakukan kecurangan tersebut.

Kecurangan yang dilakukan oleh karyawan pun berbagai bentuk, termasuk memberikan makanan atau minuman gratis kepada pelanggan tanpa otorisasi. Jika karyawan tahu bahwa Anda memiliki sistem seperti aplikasi kasir untuk meminimalkan kecurangan pada bagian kasir, maka sebagian besar karyawan Anda akan menghargai dan mencoba untuk tidak melakukan kecurangan tersebut.

Lalu, bagaimana cara Anda, selaku pemilik bisnis online maupun offline, untuk meminimalkan kecurangan pada kasir? Berikut adalah tips bagaimana Anda meminimalkan kecurangan terhadap kasir.

1. Selektif Dalam Memilih Karyawan
Mencari tahu mana karyawan yang dapat dipercaya memang lah tidak mudah. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, sebaiknya Anda menerapkan perekrutan seperti pengecekan yang tepat, pemeriksaan latar belakang, dan pengecekan referensi. Banyak pelaku bisnis yang berpikir bahwa ketika seorang pelamar yang memiliki pengalaman yang sama dibidang sebelumnya, kemungkinan calon karyawan akan mudah untuk dipekerjakan karena tidak memerlukan banyak waktu pelatihan dan mengerti beberapa nuansa bisnis.

2. Tentukan Kebijakan Bisnis Anda
Pastikan karyawan Anda tahu bahwa Anda tidak memberikan toleransi terhadap kecurangan. Untuk menetapkan kebijakan ini, Anda harus membuat kebijakan ini secara tertulis dan mendistribusikan kebijakan bisnis Anda yang menguraikan secara persis apa yang dimaksud dengan kecurangan.

3. Mulai Berlangganan Aplikasi Kasir
Di zaman yang sudah modern ini, pegawai kasir Anda sudah tidak perlu lagi mencatat pesanan dengan menggunakan buku nota ataupun menggunakan mesin kasir konvensional. Mengapa? Karena saat ini sudah ada aplikasi kasir yang dapat membantu proses transaksi menjadi terintegrasi dengan printer dan telah menyediakan laporan secara ringkas dan aktual. Manfaat lain dengan berlangganan aplikasi kasir ialah, Anda dapat melihat aktivitas yang sedang berlangsung tanpa perlu repot datang ke tempat bisnis. Cukup dengan smartphone atau laptop, Anda sudah dapat melihat laporan yang dilakukan oleh karyawan Anda.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

 

4. Melakukan Audit
Karyawan yang mengetahui bahwa Anda sering melakukan audit pastinya akan takut untuk melakukan kecurangan. Melakukan audit secara rutin, dan pastikan karyawan Anda mengetahui jika Anda selalu melakukannya. Apabila Anda telah berlangganan aplikasi kasir, Anda dapat melihat dan mencocokkan laporan transaksi, laporan laba, hingga laporan stok yang ada pada back-office dengan hasil yang ada di tempat bisnis Anda. Selain itu, audit juga membuat Anda mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis yang Anda geluti.

5. Pantau Karyawan Anda
Anda harus selalu menyadari karyawan mana yang memegang kunci atau password. Ini merupakan sebuah tanggung jawab yang penting, dan karyawan Anda harus bertanggung jawab jika suatu saat terjadi insiden.

6. Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif
Lingkungan kerja yang positif telah terbukti dapat mencegah kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Saluran komunikasi yang terbuka, kejujuran dan keterbukaan karyawan, dan tugas pekerjaan yang adil akan membuat karyawan merasa menjadi bagian dari bisnis Anda. Hal tersebut tentunya membuat karyawan Anda menjadi setia dan senang bekerja di tempat Anda.

7. Jadikan Karyawan Anda Sebagai Teman
Jika Anda memiliki ikatan yang dekat dengan karyawan Anda dan memperlakukan mereka sebaik mungkin, maka karyawan Anda akan berpikir berulang kali untuk melakukan kecurangan. Selain itu, jagalah kerahasiaan karyawan ketika mereka melaporkan suatu kecurangan secara anonim. Hal ini membuat karyawan Anda untuk menegakkan kebenaran, kejujuran, dan membantu Anda untuk menyukseskan bisnis Anda.

8. Pasang Kamera Keamanan
Bukan hal yang berlebihan jika Anda ingin memasang kamera keamanan di tempat bisnis Anda. Jelaskan pada karyawan Anda bahwa kamera keamanan dapat membantu dan melindungi bisnis dari kejahatan dan pencurian. Selain itu, kamera keamanan juga dapat membantu Anda untuk memantau kinerja karyawan Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengantisipasi kecurangan terhadap karyawan. Anda dapat mempraktikkan ke delapan cara antisipasi tersebut untuk memastikan bisnis Anda tetap aman terkendali. Dengan mengambil langkah proaktif untuk mencegah kecurangan internal, Anda berinvestasi dalam umur panjang bisnis Anda.

Langkah apa yang telah Anda ambil untuk mencegah kecurangan pada karyawan Anda?