Berikut Tips Sukses Menyiapkan Bisnis Menjelang Hari Raya Untuk Anda

Siapkan Bisnis Anda Menjelang Hari Raya Dengan Tips Sukses Ini

Apakah Anda tahu tipe bisnis yang mengalami peningkatan signifikan selama bulan puasa hingga Idul Fitri? Tentu saja produk retail. Berdasarkan penelitian lembaga survei di Indonesia, sebanyak 61% masyarakat Indonesia memiliki alokasi dana yang lebih tinggi untuk dibelanjakan di momen Ramadhan dan Idul Fitri. (Survey MARS Indonesia)

Bulan Ramadhan juga bulan yang penuh berkah bagi pebisnis, terutama bagi Anda yang mempunyai usaha di bidang retail, busana, kuliner, furniture dan parcel bahkan rental mobil.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mempersiapkan bisnis Anda untuk meraih kesuksesan menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri?

Kapan Anda harus mulai mempersiapkan bisnis?

Tentu saja dari sekarang. Sebelum menyambut bulan Ramadan, rencanakan strategi marketing sesuai tujuan dan target pasar bisnis, lalu persiapkan berbagai hal yang diperlukan bisnis Anda.

Apa yang harus Anda persiapkan?

Mengetahui adanya peningkatan daya beli selama bulan Ramadhan di kalangan masyarakat, masing-masing peningkatan dibagi menjadi, masyarakat kalangan atas 15%, menengah 20% dan bawah 30%.

Oleh karena itu, bulan Ramadhan merupakan bulan yang pas untuk memaksimalkan penjualan bisnis Anda dengan mempersiapkan strategi yang tepat seperti:

1. Dekorasi toko Anda
Pastikan dekorasi toko atau gerai Anda dengan tema Hari Raya Idul Fitri khusus selama bulan puasa. Mulai dari tampilan jendela dan dinding di dalam toko Anda serta tata letak toko agar menarik perhatian pengunjung untuk membeli.

Gunakan warna yang cocok seperti hijau dan putih, juga pernak-pernik dengan tema Idul Fitri, Anda juga bisa memasang tulisan atau hiasan di sudut toko Anda.

2. Bingkisan khusus Lebaran
Salah satu produk yang banyak diminati selama bulan puasa adalah paket produk seperti parcel untuk beberapa produk yang cocok dijadikan sebagai bingkisan Lebaran. Gabungkan produk tok Anda yang kurang laris dengan produk yang sangat laris agar, atau produk terbaru yang hanya ada pada bulan Ramadhan ini.

3. Kartu ucapan
Tak hanya itu, hal lain yang sangat diminati saat Hari Raya adalah kartu ucapan. Sebuah bingkisan atau parcel Lebaran yang disertai dengan kartu ucapan dan tentunya didukung dengan kemasan yang bertemakan Hari Raya Idul Fitri, akan terlihat lebih menarik bagi pelanggan dibanding dengan bingkisan tanpa kartu ucapan.

4. Sale, Sale, Sale
Demi meningkatkan penjualan bisnis Anda, berikan juga promo khusus bulan Ramadhan. Namun, Anda perlu mengetahui seperti apa pelanggan toko Anda agar dapat menentukan promo yang cocok untuk mereka.

Untuk itu, Anda perlu melihat laporan penjualan Anda sebelumnya dan data pelanggan Anda di aplikasi kasir yang dapat memberikan laporan lengkap untuk Anda. Berdasarkan laporan penjualan dari aplikasi kasir Pawoon, Anda bisa mengetahui produk terlaris, dan produk yang disukai pelanggan tertentu.

Sehingga Anda bisa memberikan diskon khusus produk terlaris toko Anda selama bulan Ramadhan, bahkan menawarkan promo khusus produk yang disukai oleh pelanggan tertentu.

4. Jaga kesehatan
Hal utama yang harus Anda perhatikan yaitu menjaga kesehatan Anda sendiri termasuk karyawan Anda. Khususnya saat memasuki bulan puasa, baik Anda maupun karyawan tetap berpuasa sekaligus bekerja, sehingga kurangi waktu lembur agar kesehatan terjaga dan bisnis tetap berjalan dengan lancar.

5. Hadapi peningkatan penjualan
Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu jumlah penjualan akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda memerlukan teknologi yang dapat membantu Anda dalam melakukan pencatatan pencatatan lebih cepat, mampu mengelola stok barang Anda dan memberikan laporan penjualan bisnis yang lengkap.

Semuanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi kasir yang canggih untuk mengelola dan memantau penjualan toko Anda selama bulan Ramadhan ini.

Yuk, siapkan bisnis Anda dengan cara yang tepat agar bulan Ramadhan ini menjadi momen terbaik untuk memajukan bisnis Anda.

WhatsApp chat