Berikut Cara Sederhana Agar Selalu Bahagia Ketika Menjalankan Bisnis

10 Cara Sederhana Agar Selalu Bahagia Ketika Menjalankan Bisnis

Memiliki sebuah pekerjaan di usia yang cukup muda memang menyenangkan, namun sekaligus membosankan. Bagaimana tidak? Ketika Anda memiliki pekerjaan kantoran atau memiliki sebuah bisnis khususnya, tentu Anda harus melakukan berbagai pekerjaan secara rutin setiap hari.

Memiliki bisnis memang bisa terasa menyenangkan jika Anda bisa menjalankannya dengan baik. Namun, sebagai manusia tidak jarang pula stress yang melanda ketika berbagai jenis permasalahan bisnis datang menghampiri Anda. Mulai dari jadwal pekerjaan yang harus Anda lakukan, hubungan dengan rekan bisnis atau karyawan yang tidak baik, efek dari fluktuasi perekonomian, dan juga lainnya.

Jika Anda kini sedang merasa rindu terhadap suasana yang lebih menyenangkan, janganlah terburu-buru mencari jalan keluar atau bahkan memutuskan menutup bisnis yang sudah Anda jalankan. Menentukan diri Anda bahagia atau tidak sebenarnya bergantung pada diri Anda sendiri, mulai dari bagaimana cara Anda melihat segala sisi dari pekerjaan Anda, menghadapi permasalahan dalam mengelola bisnis, dan juga bagaimana Anda menunjukkan rasa syukur Anda terhadap bisnis yang Anda miliki.

Agar Anda tetap bisa merasa bahagia ketika menjalankan bisnis, Anda bisa mengawalinya dengan beberapa cara sederhana di bawah ini:

Mulailah Hari Anda dengan Cara yang Baik

Apa yang Anda rasakan di pagi hari sebelum memulai kegiatan dapat mempengaruhi perasaan Anda sepanjang hari. Jika Anda memiliki mood bagus pada pagi hari maka Anda akan lebih produktif dan memiliki interaksi positif dengan orang lain sepanjang hari dibandingkan dengan sebaliknya.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah melakukan sesuatu yang menurut Anda baik dan menyenangkan di pagi hari yang dapat membuat mood Anda terasa lebih baik. Anda bisa menyempatkan beberapa menit Anda untuk menikmati morning coffee (atau teh, cokelat panas, susu, dan minuman kesukaan Anda sebelum memulai hari).

Ketika Anda melakukannya berarti Anda memberikan kesempatan bagi diri Anda untuk menikmati sesuatu, fokus pada apa yang Anda rasakan sambil meminum minuman favorit sebelum Anda disibukkan dengan tugas dan tanggung jawab Anda.

Anda juga bisa menikmati udara segar sebagai salah satu cara yang baik untuk mengawali hari-hari Anda. Setiap hari, sempatkanlah untuk menikmati udara segar di sekitar Anda dengan berjalan kaki entah ketika cuaca sedang bagus ataupun ketika hujan di pagi hari.

Ada pula sebuah penelitian yang mewakili cara ini, hanya dengan menikmati udara segar selama 20 menit para peneliti mengatakan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan dan perasaan well-being pada diri seseorang. Cara ini bisa Anda jadikan alternatif terbaik lainnya untuk menghindari diri Anda dari stress yang melanda pada mengelola bisnis setiap hari.

Kurangi Sedikit Mengambil Keputusan

Salah satu aspek tersulit dalam bagi para pemilik bisnis adalah harus menentukan beberapa keputusan setiap harinya yang sering tidak disertai dengan informasi yang lengkap.

Decision Fatigue merupakan salah satu hal yang nyata. Setiap keputusan yang Anda buat kemungkinan akan membuat keputusan Anda di masa depan menjadi lebih sulit, sehingga hal ini dapat dengan cepat dan mudah menguras energi serta membuat Anda terasa lelah.

Lalu, bagaimana kira-kira Anda bisa mengurangi kegiatan Anda dalam mengambil keputusan? Tenang saja, Anda bisa memasukkan beberapa hal kecil yang membutuhkan keputusan Anda menjadi mode autopilot. Sebagai contoh, Steve Jobs pernah mengatakan bahwa Ia mengenakan pakaian yang sama setiap hari, sehingga Ia tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk memutuskan apa yang akan dikenakan olehnya setiap hari.

Tariklah diri Anda dari keputusan-keputusan yang tidak terlalu penting, karena keputusan yang akan Anda pilih ketika menjalankan bisnis pun memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi. Sebelum Anda memutuskan sesuatu, tanyakan pada diri Anda sendiri (1) Apakah dampaknya sangat tinggi? (2) apakah Anda memiliki pendapat yang kuat mengenai hal tersebut. Jika jawaban Anda tidak pada keduanya, maka mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk dipertimbangkan.

Jagalah Masalah Pribadi Anda Tetap untuk Anda Sendiri

Ketika Anda sedang menghadapi sebuah masalah pribadi, tentunya Anda akan merasa lebih sulit untuk berkonsentrasi menjalankan bisnis. Hal tersebut akan selalu terjadi jika Anda tidak dapat memisahkan masalah pribadi Anda dengan kegiatan bisnis. Hindari untuk membahasnya di depan karyawan atau rekan kerja Anda.

Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah agar Anda bisa lebih bahagia dan tentunya produktif saat menjalankan bisnis. Sedangkan ketika Anda berada di rumah, tidak ada salahnya untuk meninggalkan sejenak permasalahan bisnis Anda.

Jalin Pertemanan dengan Karyawan dan Rekan Kerja

Memiliki karyawan atau rekan kerja yang memiliki latar belakang, gaya hidup, dan hobi yang serupa memang dapat membantu Anda untuk merasa bahagia. Akan tetapi, dengan memiliki karyawan yang dapat membantu Anda memahami masalah bisnis bisa mengurangi tekanan Anda dalam menjalankan bisnis.

Mengatur Jadwal Kegiatan dengan Baik

Ciptakanlah sebuah jadwal atau rutinitas ketika Anda ingin menyelesaikan setiap kegiatan Anda. Cara ini dapat membantu Anda terhindar dari stress ketika banyak kegiatan yang tertunda dan waktu penyelesaiannya yang sangat sempit. Melalui jadwal, Anda akan merasa kepuasan tersendiri ketika sudah menyelesaikannya, meningkatkan kepercayaan diri, dan juga menjadi motivasi untuk diri Anda sendiri.

Hindari Hal-hal Negatif

Memutuskan untuk berbahagia dalam menjalankan bisnis berarti Anda harus menghindari percakapan negatif, gosip, dan juga orang-orang yang tidak bahagia sesering mungkin. Tidak peduli betapa positifnya Anda, keberadaan orang-orang negatif di sekitar Anda dapat mempengaruhi psikis Anda. Pastikan negativitas seperti itu tidak mengganggu atau bahkan membuat Anda menjadi stres.

Makan Makanan yang Sehat dan Minum Banyak Air Putih

Melakukan pola makan yang sehat dan juga menjaga diri kesehatan dengan tidak membiarkan Anda dehidrasi sepanjang hari dapat membuat suatu perbedaan yang besar dalam energi dan sikap Anda ketika mengelola bisnis.
Oleh karena itu, jika memang Anda ingin bahagia, perbanyak minum air putih dan memakan makanan yang sehat. Kondisi badan dan tubuh yang fit tentu akan berdampak positif pada pikiran dan semangat Anda.

Akhiri Kegiatan Anda dengan Bersyukur

Last but not least, cara termudah dan paling sederhana yang bisa membuat diri Anda bahagia adalah dengan selalu bersyukur. Melalui perasaan bersyukur, Anda akan merasa lebih optimis dan menjalani hidup Anda dengan lebih baik.

Ketika Anda sudah selesai, sempatkan waktu sejenak untuk mengucapkan rasa syukur sambil merenung apa yang sudah Anda lewati hari ini. Berterima kasihlah atas apa yang sudah Anda miliki.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang dapat membantu Anda merasa lebih bahagia ketika menjalankan bisnis Anda.

WhatsApp chat