Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis? - Pawoon

Laporan keuangan punya peran penting dalam sebuah bisnis karena laporan tersebut menggambarkan kondisi keuangan dari sebuah bisnis. Informasi tentang kondisi finansial dalam laporan keuangan akan dianalisa oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti investor, pihak manajemen, pemegang saham, dan pemberi pinjaman untuk menilai kinerja perusahaan.

Laporan finansial merupakan salah satu hal yang bisa jadi acuan untuk menentukan langkah selanjutnya untuk mengembangkan sebuah bisnis. Laporan keuangan itu sendiri tidak hanya sekedar 1 (satu) laporan saja, lho! Ada beberapa jenis laporan pada laporan keuangan yang wajib kamu ketahui dan pahami selaku pebisnis. Supaya kamu nggak kebingungan, berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis laporan keuangan.

Laporan Laba Rugi

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis?

Kamu bisa mencari tahu performa bisnis kamu pada periode tertentu melalui laporan laba rugi. Laporan ini biasanya berisikan beban pajak, aspek pendapatan, hak minoritas, dan lainnya. Hal-hal yang ada di dalam laporan laba rugi telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Laporan ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui modal yang bisa dialokasikan untuk kepentingan usaha. Selain laporan laba, kamu pun akan mengetahui kerugian yang diperoleh perusahaan. Laporan kerugian tersebut didapat setelah membandingkan hasil dengan pencapaian atau membandingkan pengeluaran dalam periode sebelumnya.

Laporan Neraca

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis?

Laporan ini berisi data kewajiban, ekuibilitas, dan aset. Data aset biasanya didapat dari hasil penjumlahan ekuibilitas dan liabilitas. Selain data tersebut, kamu bisa menemukan data terkait saldo kas, jumlah utang, deposit pelanggan, dan jumlah investasi properti. Melalui laporan ini, kamu bisa mengetahui rincian secara lengkap terkait keadaan usaha kamu, meliputi kondisi laporan penjualan dan pembelian.

Laporan Cash Flow

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis?

Laporan cash flow atau arus kas biasanya berisi rincian transaksi yang masuk dan keluar perusahaan Melalui laporan ini, kamu bisa menilai dan membandingkan arus kas periode sebelumnya dengan periode sekarang. Kamu juga pun dapat mengevaluasi data yang didapatkan sebagai acuan perencanaan keuangan di periode berikutnya.  Laporan arus kas bisa dilihat dari beberapa sumber.

Contohnya, untuk kas masuk sumbernya bisa berasal dari kas yang diperoleh dari pendanaan atau pinjaman serta kegiatan operasional. Sedangkan untuk kas keluar bisa dilihat dari jumlah beban yang dikeluarkan perusahaan dalam suatu periode, baik untuk keperluan investasi atau kegiatan operasional.

Laporan Perubahan Modal

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis?

Laporan perubahan modal biasanya disusun berdasarkan hasil yang didapat dari laporan laba rugi yang akan membantu bisnis kamu mendeteksi keuntungan dan kerugian yang didapat. Setelah itu, barulah laporan perubahan modal disusun supaya bisa disesuaikan dengan modal yang diperlukan di periode berikutnya. Dari hasil laporan perubahan modal, kamu dapat menganalisa penyebab modal bertambah, karena masalah bahan baku, kompetensi pekerja, tingkat kenyamanan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, bila modal yang perlu dikeluarkan lebih sedikit, kamu bisa mengetahui hal tersebut dan menerapkan sistem yang serupa agar modal untuk periode selanjutnya ikut menyusut.

Laporan Utang

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Ada untuk Bisnis?

Laporan utang tidak kalah pentingnya dengan laporan keuangan lainnya, lho! Laporan ini berfungsi untuk mengetahui informasi terkait dana yang dipinjam untuk kepentingan suatu bisnis. Dalam menyusun laporan utang, kamu perlu memastikan bahwa umur utang juga dicantumkan untuk memudahkan pengambilan keputusan terkait utang tersebut. Keputusan terkait utang juga bisa didasari hasil laporan cash flow atau arus kas perusahaan.

Itulah 5 (lima) jenis laporan keuangan yang wajib ada dalam laporan keuangan bisnis kamu. Dengan jenis laporan di atas, kamu bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis dan menentukan berbagai langkah yang perlu diambil untuk mengembangkan bisnis kamu ke depannya agar bisa lebih menguntungkan.

Dalam menyusun laporan keuangan, kamu tidak bisa sembarang hanya sekedar menghitung laporan penjualan atau pembelian saja. Sangat penting buat kamu untuk memiliki orang yang punya pengetahuan yang mumpuni dalam hal penyusunan laporan keuangan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sudah ada banyak aplikasi yang  bisa membantu kamu dalam menyusun laporan keuangan dengan lebih mudah. Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah aplikasi kasir online Pawoon yang tidak hanya akan membantu tugas kasir jadi lebih mudah dan cepat, tetapi memiliki fitur-fitur lengkap termasuk laporan keuangan yang bisa menyajikan laporan yang lengkap dan akurat untuk menyusun laporan keuangan bisnis kamu.

facebook linkedin twitter link
Kembali