6 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Konter Kasir

6 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Dengan Konter Kasir

Dalam berbisnis, mendapat profit besar memang menjadi tujuan utama. Dibutuhkan strategi meningkatkan penjualan, serta strategi penjualan yang efektif dan matang agar profit lebih maksimal. Selain memperhatikan dari sisi marketing, dan pelayanan, kita harus mengetahui celah-celah untuk meningkatkan jumlah penjualan rata-rata.

Anda dapat memanfaatkan konter kasir untuk meningkatkan penjualan Anda. Konter kasir bukan hanya ‘garis finish’ bagi pengunjung, namun juga bagian terpenting pada gerai Anda karena di sana lah interaksi terakhir terjadi yang menentukan loyalitas pelanggan.

Itu lah mengapa Anda harus menyiapkan konter kasir dengan sangat matang. Menyusun dan menyiapkan konter kasir adalah salah satu cara meningkatkan penjualan yang jitu

Menyusun konter kasir agar menjadi sarana peningkatan profit cukup mudah. Anda cukup mengikuti keenam poin di bawah ini.

1. Tentukan merchandise yang sesuai

Produk yang akan Anda letakkan di konter kasir harus lah ringkas, kecil dan tersusun rapi. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melihat-lihat sembari Anda atau pegawai kasir menghitung jumlah pesanan.

Harga juga menentukan barang tersebut akan cepat terjual atau tidak. Jika harga barang di konter kasir terlalu mahal, maka kecil kemungkinan pelanggan akan mengambilnya meski ia membutuhkannya, begitu pula barang yang terlalu besar bahkan terlalu boros tempat.

Hal ini terjadi karena interaksi pada konter kasir sangat lah cepat, berbeda dengan barang-barang yang ada di display toko, pelanggan akan lebih meluangkan waktu untuk memilih-milih. Harga barang berkisar lima ribu hingga 30 ribu rupiah dengan ukuran kecil dan tentunya hemat tempat akan lebih cocok untuk diletakkan di kasir.

Sebagai contoh jika usaha Anda bergerak di bidang fashion, maka Anda dapat meletakkan gelang, kalung, atau pernak-pernik pelengkap lainnya di konter kasir. Mata pelanggan secara otomatis akan tertuju pada barang-barang tersebut.

2. Perhatikan Desain Konter Kasir

Selain barang yang tepat dan terjangkau, desain dan tata letak barang juga menentukan. Layaknya display barang utama di gerai, barang di konter kasir harus lah tersusun rapi dan nyaman untuk dilihat.

Meletakkan barang terlalu banyak terlebih tidak tersusun rapi, hanya akan membuat pelanggan enggan untuk melihatnya apalagi menyentuhnya. Barang harus terlihat rapi, bersih, dan mudah untuk dijangkau. Jangan lupa untuk menyisakan ruang untuk pelanggan meletakkan tasnya saat ingin meraih dompet.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, interaksi pelanggan di konter kasir sangat cepat sehingga menonjolkan kesan simpel dan menarik akan lebih cocok ketimbang terlalu mewah dan elegan.

Ambil contoh dari toko retail pakaian dalam yang telah mendunia berinisial ‘VS’. Mereka meletakkan parfum mini, lip gloss dan produk lainnya pada konter kasir agar pelanggan terdorong untuk membelinya.

Perlu diingat, pelanggan akan sering kali melihat-lihat barang pada konter kasir bahkan tak jarang yang meletakkannya kembali tidak sesuai dengan tempatnya semula. Anda harus merapikannya secara berkala.

aplikasi kasir POS meningkatkan penjualan

3. Meletakkan Barang Promosi dan Special Offers

Konter kasir juga cocok untuk meletakkan barang yang sedang Anda promosikan selain di depan pintu masuk. Meletakkan barang promosi di konter kasir juga memudahkan pelanggan agar tidak perlu repot-repot mengambilnya kembali di display.

Jangan lupa juga meletakkan pemberitahuan penawaran menarik dari bank atau metode pembayaran lainnya seperti Cashback atau diskon dengan menggunakan kartu kredit tertentu.

Jika Anda memiliki program tertentu khusus member, tawarkan sebelum pelanggan meninggalkan toko. Anda juga dapat membuat desain promosi mengenai program kartu member di konter kasir. Perlu diingat Anda harus membuat desain promosi yang menarik dan usahakan jangan menggunakan tulisan tangan.

Anda tidak perlu menyewa jasa profesional untuk ini, Anda dapat menemukan desain-desain menarik untuk banner penawaran Anda di internet. Gunakan desain font besar dan tebal (Bold) agar terlihat jelas. Jangan lupa untuk membubuhkan kata-kata seperti “Hanya di bulan Desember!” atau “Persediaan Terbatas!”

4. Menyesuaikan Barang dengan Hari Raya

Menyesuaikan barang dengan hari raya akan membuat suasana gerai menjadi lebih meriah terutama di konter kasir. Pelanggan akan lebih terdorong untuk melihatnya.

Sebagai contoh pada hari raya idul fitri, Anda dapat meletakkan produk yang berkaitan atau membungkusnya dengan kotak berbentuk ketupat. Saat perayaan atau menjelang Natal, Anda dapat menghias konter kasir layaknya pohon Natal agar lebih menarik dan mendorong pengunjung untuk menambahkan produk konter kasir pada keranjang belanjanya.

Begitu pula dengan perayaan lainnya seperti Valentine atau Halloween. Pernak pernik berbentuk hati, atau aksesoris yang ‘menakutkan’ sangat cocok diletakkan di konter kasir.

5. Pastikan Sistem Point of Sale Selalu Diperbarui

Jika Anda telah menggunakan sistem Point of Sale (POS system) modern (jika belum, maka sebaiknya Anda harus menggunakannya). Sebagai contoh, jika ada pengunjung sebelumnya telah membeli dari Anda berkunjung kembali, Anda dapat melihat riwayat produk yang telah ia beli untuk merekomendasikan produk selanjutnya.

Tentunya produk tersebut harus berkaitan. Anda juga dapat meminta feedback darinya sehingga Anda dengan pelanggan tetap terhubung dan berpotensi membuatnya menjadi pelanggan tetap.

Aplikasi Kasir Program POS meningkatkan penjualan

6. Edukasi Sistem Kasir Kepada Karyawan

Jika staff konter Anda masih belum menguasai Point of Sale (POS) system modern atau sistem kasir, maka pastikan mereka mendapatkan pelatihan yang baik dan tepat. Menyusun produk-produk prioritas, menjaga kebersihan produk serta konter, dan mengubah produk-produk yang dipajang sesuai musim atau waktu promosi merupakan suatu keharusan.

Tak lupa agar karyawan penjaga konter untuk selalu menawarkan segala bentuk promosi, selalu follow-up pembelian sebelumnya (jika pernah), dan mendaftarkan serta mendata pelanggan sebagai member sekaligus menjelaskan keuntungan-keuntungannya.

Jadi, cobalah memperhatikan secara lebih detail isi dari gerai Anda, terutama pada bagian konter kasir. Tak hanya memberikan pelayanan lebih untuk pelanggan namun juga sebagai bentuk kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembelian.

Selalu pelajari terlebih dahulu apa yang terbaik untuk toko Anda dan pelanggan Anda.