Stop! Hindari 3 Kesalahan Ini untuk Manajemen Stok yang Lebih Optimal

Apa hal pertama yang akan kamu lakukan setelah sukses membangun usaha? Pemilik bisnis yang cerdas akan menjawab: “Mengembangkannya”. Saat bicara soal mengembangkan usaha, hal pertama yang harus dipastikan adalah ketersediaan stok. Seimbangnya jumlah supply dan demand yang ada di toko akan meningkatkan penjualan dan tentunya membuat bisnis semakin berkembang. 

 

Namun sayangnya, tak sedikit pemilik usaha yang mendapati laporan stoknya tak karuan. Jumlah demand meningkat namun supply  tidak mencukupi, karena laporan stok tidak tercatat dengan rapi. Lalu, apa saja sih, kesalahan yang bisa jadi pemicu data stok kurang optimal? 

 

3 Kesalahan dalam Pencatatan Stok dan Cara Menghindarinya

 

Harus diakui, manajemen inventori adalah tantangan yang seringkali dihadapi oleh pemilik usaha dalam skala cukup besar. Hal yang dianggap sepele, kadang bisa jadi kesalahan fatal yang membuat owner bisnis kewalahan mengatur stok produk yang dimiliki. Beberapa poin di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dalam manajemen inventori, dan cara jitu untuk menghindarinya. Disimak, ya! 

 

1. Pencatatan Stok Manual

 

Stok Manual

Hari gini udah nggak jaman lagi ngecek stok manual satu-satu ke gudang. Selain kurang efisien, pencatatan stok yang masih manual memiliki potensi kecurangan yang cukup besar, lho! Tinggalkan cara lama dan mulai pencatatan stok by system yang lebih efisien dan akurat. Gunakan juga aplikasi kasir online yang bisa menghubungkan data stok dengan data penjualan untuk hasil yang lebih maksimal. Kalau sudah begini, kamu bebas pantau stok kapan pun dan dimana pun. 

 

2. Keliru Kelola Supplier

 

Mengelola supplier

Beberapa jenis usaha seperti restoran, retail, hingga toko kelontong tentu memiliki supplier yang memiliki peran utama dalam ketersediaan stok. Sayangnya, banyak pemilik usaha yang kurang menjaga hubungan baik dengan supplier. Padahal, menjaga hubungan baik dengan supplier bisa mendatangkan untung bagi bisnismu, lho. Selain ketersediaan stok yang lebih terjamin, harga juga bisa jauh lebih murah!

 

3. Data Stok Double

 

Produk laku keras di segala channel jualan? Jangan seneng dulu! yakin data stoknya sesuai? Punya banyak kanal jualan memang bagus untuk menjangkau pasar, tapi jangan sampai data stoknya berantakkan, ya! Memastikan data stok di setiap kanal jualan memang repot, maka dari itu kamu butuh bantuan yang lebih optimal. Aplikasi kasir online keren dan terlengkap sekelas Pawoon punya solusinya buat kamu. Dengan integrasi yang dimiliki Pawoon, kamu bisa menyatukan seluruh data stok yang tersedia di toko online maupun toko offline. Setiap ada penjualan di salah satu kanal, maka data stok di kanal lainnya akan langsung terupdate. Penasaran dengan fitur ini? Yuk coba Pawoon sekarang! 

 

Aplikasi kasir online terlengkap seperti Pawoon selalu punya solusi untuk masalah yang kamu hadapi. Nggak cuma soal manajemen inventori, semua tantangan bisnis bisa jadi lebih mudah karena Pawoon selalu siap melayani. Tunggu apa lagi? Daftarkan bisnismu, dan nikmati kemudahan bisnis bersama Pawoon! 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat